Kasus Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak kembali ramai di media sosial, banyak yang menyalahkan akibat mekanisme FWD, namun tak sedikit yang memvonis skill pengemudinya.
Toyota Innova Zenix memang alami perubahan yang sangat drastis kalau dibanding generasi sebelumnya yang punya julukan Innova Reborn.
Baca juga: Toyota Kijang Innova Diesel Matic Dijual Lagi, Lebih Mahal Dibanding Zenix Bensin!
Bagaimana tidak, bukan cuma keseluruhan tampilan luar dan interiornya yang berubah maksimal, namun platform yang dipasang hingga sistem penggerak rodanya pun digubah sampai penyematan teknologi hybrid dengan baterai listrik.
Dari sekian lama perjalanan Toyota Kijang yang selama ini setia pakai sistem gardan dengan penggerak roda belakang (RWD), maka di Innova Zenix sistem penggerak rodanya digeser ke depan (FWD).
Dengan dalih agar kenyamanan pengemudi dan penumpang lebih meningkat, nyatanya penggerak roda depan ini malah dianggap bikin Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak.
Benarkah demikian?
Belum lama ini beredar video yang memperlihatkan bagaimana satu unit Innova Zenix terlihat tak mampu melewati jalanan menanjak.
Diunggah oleh akun @innovacommunity, diperkirakan lokasi kejadian ini ada di tanjakan Batu Jomba, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
Baca juga: Viral Toyota Innova Zenix Kewalahan Nanjak di Jalan Sumatera, Netizen: Mending Venturer
"tanjakan batu jomba, katanya tanahnya ga stabil gerak trus dibenerin rusak lg, tp masa iya insinyur di indonesia ga ada yg bisa ngatasi😂" tulis komentar akun @agum_priyatna.
Adapun unit Innova Zenix hitam tersbeut sepertinya yang tipe mesin hybrid, ini terlihat dari emblem "Hybrid" yang ada di bawah spion liar mobil tersebut.
Terjalnya medan di tanjakan yang kabarnya kerap memakan korban mobil terjadi kecelakaan itu, bukan kali pertama Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak.
Sebab pada awal April 2023 lalu juga terlihat unit MPV 7 penumpang itu kewalahan menghadapi tanjakan viral tersebut.
Tentu saja ketidakmampuan Innova Zenix melibas jalan menanjak tersebut menuai banyak komentar dari warganet.
Baca juga: Daihatsu Gran Max PU Permalukan Toyota Hilux, Libas Tanjakan Offroad Sampai Terpental!
Banyak komentar yang menilai kalau berubahnya Innova Zenix jadi FWD adalah akar masalah mobil tersebut untuk menghadapi median jalan di Indonesia yang banyak kontur pegunungan.
@ismuirmawan74: "Panther '97 & kijang super '95 bapak gue ngakak lihat Zenix ini...🤣🤣🤣🤣🤣"
@adejusuf75: "Team reborn senyum2 liat ini ðŸ¤ðŸ¤ RWD masih yg terbaik"
@mmtravelmukomuko: "Zenix sudah keok....bikin jatuh nama kijang innova"
@liu_wil: "Reborn is better ya.. biarpun klo yg bensin, minumnya buanyak banget"
Meski begitu banyak juga yang menilai jika kasus ini karena si pengemudi kurang lihai dalam mengendalikan kendaraannya.
@ervienpabo: "Kayaknya orang yg bawa mobil takut mobilnya rusak..."
@aji_apriadi: "Drivernya blm pengalaman dengan konstur jalan seperti itu gassssssss terus"
@agustawestland7: "klo mobil yg penggeraknya di depan pas nanjak harusnya jalan mundur"
@sinthanawra: "Lah tanjakan segitu juga masa ga naek.. supirnya harus d ganti"
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
67.327 km
3,5 tahun
Banten
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat
2020 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V DIESEL 2.4
78.060 km
3,5 tahun
Jawa Barat