Benarkah busi Iridium akan memberi daya lebih pada mobil Anda? Atau apakah busi tembaga cukup?

Mesin mobil dipastikan membutuhkan busi yang bertugas menyalakan api di dalam ruang bakar dan mengubah daya tembak menjadi tenaga kinetik yang memungkinkan mobil Anda bergerak melaju.

Di dalam busi terdapat dua komponen utama, yakni elektroda (tengah dan arde) yang diposisikan terpisah untuk membuat celah elektroda. Elektroda inilah yang dapat menghasilkan percikan ketika tegangan listrik tinggi diberikan ke elektroda pusat dan jalur percikan dibuat dengan elektroda arde.

Celah elektroda merupakan agar ada ruang percikan api. Jika celah yang tepat tidak tersedia untuk busi maka tidak akan ada percikan yang cukup untuk menyalakan bahan bakar dan dapat menyebabkan misfire.

Pada model busi modern, kini telah menggunakan elektroda yang lebih kecil untuk menyesuaikan kebutuhan tegangan dalam membuat percikan api. Dengan tegangan yang lebih kecil tentu dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi sistem pengapian.

Elektroda arde biasanya terbuat dari bahan dasar nikel yang terdiri dari inti tembaga yang dibungkus di dalamnya. Namun untuk elektroda sentral, bahan yang digunakan antara bahan platina, tembaga, dan iridium. Bahan ini tergantung dengan jenis busi yang digunakan dalam mobil.

Dengan tersedia dalam beberapa jenis busi yang tersedia dipasaran, tentu sedikit sulit untuk menentukan agar sesuai dengan kebutuhan dan karakter mobil. Untuk mempermudahnya, berikut penjelasan dari busi yang umum dipasaran:

Busi tembaga

Busi dengan inti elektroda berbahan tembaga biasanya berukuran lebih besar dan membutuhkan lebih banyak tegangan listrik untuk menghasilkan percikan api. Umumnya, busi tembaga lebih ‘lembut’ dan cenderung memiliki umur yang lebih pendek sehingga pemilik harus lebih sering mengganti busi.

Untuk meningkatkan kinerja busi ataumemperpanjang usia pemakaian busi, maka anda dapat mengganti busi tembaga dengan menggunakan jenis iridium atau platinum.

Kelebihan Busi tembaga

  • Harga terjangkau

  • Cocok untuk jenis mobil klasik yang dibangun sebelum tahun 1980-an

  • Bekerja dengan baik dengan mesin bertekanan tinggi seperti mesin turbocharged

Kekurangan Busi tembaga

  • Memiliki daya tahan yang pendek

  • Membutuhkan tegangan tinggi untuk menghasilkan percikan api

Busi Iridium

Busi dengan elektroda sentral berbahan Iridium memiliki umur yang jauh lebih lama dibandingkan dengan busi tembaga. Ini karena bahan iridium adalah bahan yang jauh lebih keras sehingga membuat tahannya lebih lama.

Inilah sebabnya mengapa sebagian besar produsen mobil lebih menyukai busi iridium. Selain umurnya yang panjang, busi juga berukuran lebih kecil karena Anda tidak memerlukan banyak iridium untuk menghasilkan percikan yang cukup untuk membuat mobil Anda bergerak. Ini juga tidak membutuhkan banyak listrik untuk membuat percikan api.

Jadi dipastikan mobil yang telah menggunakan busi iridium, maka tidak dapat diganti dengan busi tembaga agar dapat menjaga mesin bekerja dengan maksimal.

Kelebihan Busi iridium

  • Membuat ruang pembakaran lebih baik

  • Durability lebih panjang

  • Hanya membutuhkan tegangan listrik rendah untuk menghasilkan percikan api

Kekurangan Busi iridium

  • Harganya lebih mahal

Busi platinum

Sebenarnya pada busi platinum tetap menggunakan elektroda berbahan tembaga pada bagian tengahnya. Namun bagian tengahnya dibungkus dengan bahan platinum agar menghantarkan listrik lebih baik tetapi juga dapat memperpanjang usia pemakaiannya.

Jenis busi platinum juga menghasilkan lebih banyak panas yang akan membantu mesin menghasilkan lebih sedikit karbon. Busi jenis ini lebih umum digunakan pada mobil baru dengan sistem pengapian coil on plug.

Kelebihan Busi platinum

  • Memiliki rentang umur panjang (hingga jarak 160.934 km)

  • Mengurangi emisi karbon

Kekurangan Busi platinum

- Harganya lebih mahal

Busi platinum ganda

Pada dasarnya jenis busi platinum ganda sangat mirip dengan busi platinum, tetapi perbedaannya adalah penggunaan platinum pada elektroda arde juga. Dengan platina di kedua sisi, ini menggandakan panas yang dihasilkan busi platina membantu mesin menghasilkan lebih sedikit karbon.

Kelebihan Busi platinum ganda

  • Direkomendasikan untuk sistem pengapian percikan yang terbuang

  • Memiliki usia yang panjang

Kekurangan Busi Platinum ganda

  • Harganya lebih mahal

Busi perak


Pasti anda telah mengetahui bahan elektroda yang digunakan pada busi ini, Dengan menggunakan bahan perak, ternyata tidak membuat busi ini memliki daya tahan lebih lama dibanding bahan platinum maupun bahan iridium. Hal ini disebabkan karena bahan perak tidak kuat.

Pada umumnya busi perak lebih sering digunakan pada motor maupun mobil tua dengan perfoma tinggi di Eropa.

Kelebihan Busi perak

  • Dapat mendistribusi panas secara merata

Kekurangan Busi perak

  • Usia pemakaian cukup pendek

Busi panas dan dingin


Pada umumnya, Busi terbagi dalam dua kategori yakni busi panas dan busi dingin.

Busi panas

Busi panas dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi untuk membantu pembakaran di dalam silinder mesin dan membantu membuang limbah karbon di dalam ruangan bakar.

Busi dingin

Busi dingin menghasilkan lebih sedikit panas untuk membantu mengontrol suhu di ruang bakar. Jika ruang bakar terlalu panas, maka akan menimbulkan suara ketukan pada mesin. Ini akan meningkatkan risiko kerusakan mesin Anda.

Busi ini biasanya ditemukan pada mobil berperforma tinggi yang menghasilkan suhu mesin lebih tinggi dibandingkan mobil biasa.

Kesimpulan tentang Busi

Memang cukup banyak jenis busi dipasaran, enggnati busi yang tidak sesuai standarnya atau menurunkan karakter busi tentu dapat mengurangi performa mobil. Cara terbaik adalah dengan membaca buku petunjuk saat akan mengganti busi mobil.

Untuk mobil yang telah berusia lebih dari 20 tahun, tidak ada salahnya membawa busi cadangan dan kunci busi agar dapat sewaktu-waktu menggantinya. Namun yang tidak boleh terlewatkan adalah perawatan mesin mobil secara berkala agar selalu mengetahui keadaan busi mobil anda.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai w...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil