Daihatsu Jepang Capai produksi 30 juta unit, Gran Max 2020 Tetap Diekspor ke Negeri Sakura

Sejak berdiri tahun 1907, Daihatsu Motor Co., Ltd. Yang berada di Jepang telah berhasil memproduksi sebanyak 30 unit. Perhitungan pada pabrik Daihatsu di Jepang ini sudah termasuk unit untuk ekspor baik dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dan CKD (Completely Knock Down).

Lebih dikenal 'Bemo' Daihatsu Midget menjadi kendaraan roda tiga yang pernah digunakan pada Asian Games ke-4 pada 1962 di Indonesia.

Sejarah singkat, Daihatsu di Jepang didirikan pada tahun 1907 yang awalnya menggunakan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. Saat itu bertujuan untuk memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagai bentuk kerjasama antara dunia industri dengan akademisi. Memasuki tahun 1931, Daihatsu memulai melakukan bisnis produksi kendaraan pertamanya dengan meluncurkan kendaraan berjenis roda tiga berkapasitas 500 cc.

Kendaraan buatan Daihatsu yang pertama diluncurkan

Setelah era perang dunia ke II, tepatnya tahun 1957, Daihatsu kembali memulai langkahnya dengan menghadirkan kendaraan roda tiga dengan jenis truk mini yang diberi nama Daihatsu Midget. Kendaraan ini lebih akrab disebut ‘Bemo’, disambut positif oleh masyarakat Indonesia. Bahkan Daihatsu Midget juga sempat menjadi kendaraan operasional resmi pada acara Asian Games ke-4 pada 1962 di Indonesia.

Satu tahun kemudian, Daihatsu untuk pertama kalinya meluncurkan kendaraan roda empat yang berjenis truk kompak, yakni Daihatsu Vesta. Baru di tahun 1969, Daihatsu menghadirkan Hijet dilanjutkan Daihatsu Charade yang dikhususkan bagi kendaraan penumpang pada tahun 1977.

Daihatsu Vesta menjadi kendaraan beroda empat pertama bagi Daihatsu

Di tahun 1980, Daihatsu Mira dihadirkan untuk memenuhi permintaan pasar akan mobil penumpang berukuran ringkas. Daihatsu seperti memang berkonsentrasi dalam memproduksi kendaraan berukuran kecil dengan harga yang terjangkau.

Hal ini sesuai dengan konsep SSC (Simple, Slim, Compact), Daihatsu terus memproduksi mobil yang berkualitas dengan biaya yang efisien. Untuk pabrik yang berada di Jepang, Daihatsu memiliki terdapat di daerah Shiga (Ryuo) Plant, Kyoto Plant, Ikeda Plant, dan Oita (Nakatsu) Plant.

Sejak tahun 2019, Daihatsu telah meluncurkan berbagai produk barunya yang menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Tentu menyesuaikan komitmen Daihatsu dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak.

Namun sebenarnya pabrik PT ADM juga tidak kalah dengan yang berada di Jepang. Buktinya Daihatsu Gran Max buatan Indonesia pun di ekspor ke Jepang. Namun perbedaan yang mendasar adalah, penggunaan mesin 2NR-VE 1.500 cc empat silinder sebenarnya digunakan pada Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia.

Daihatsu Gran Max diekspor ke Jepang

Penyesuaian bagian lainnya terdapat pada sistem keselamatan aktif yang termasuk pengereman darurat otonom dengan deteksi pejalan kaki maupun mengontrol traksi, hingga vehicle stability control.

Untuk Daihatsu Gran Max telah tersedia di Jepang sejak awal September 2020.

Lalu bagaimana dengan Daihatsu Copen yang hadir secara CBU ke Indonesia pada lima tahun lalu? Sesuai dengan model CBU, maka hadir tanpa ubahan atau sama persis dengan yang beredar di Jepang. Hanya bagian head unit saja yang berbeda.

Daihatsu Copen masuk dalam bentuk CBU tahun 2015, namun dihentikan penjualan di Indonesia di tahun 2018

Namun pada saat itu, transmisi CVT yang digunakan tidak mumpuni untuk keadaan Indonesia karena banyak debu. Transmisi CVT pada Daihatsu Copen memang dikhususkan untuk di Jepang dan akan bermasalah jika digunakan dalam keadaan banyak debu.

Dengan demikian, rasanya Daihatsu melalui PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) masih lebih memilih menghadirkan mobil-mobil buatan Indonesia. Hal ini tentu membuat harga Daihatsu lebih ekonomis dibanding harus mendatangkan mobil dalam bentuk CBU.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai w...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Gran Max MB

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Gran Max MB
Lihat