Melalui ajang IIMS 2024 kami berkesempatan untuk melakukan first drive Chery Tiggo 5X secara singkat.
Sebagai produk terbaru PT Chery Sales Indonesia (CSI) dengan menempati segmen SUV sub kompak, Tiggo 5X diniagakan Rp249 juta varian Classic dan Rp279 juta untuk tipe teratasnya Champion.
Datang melawan Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Honda WR-V, tak sedikit orang termasuk kami penasaran ingin mengetahui bagaimana impresi berkendara mobil asal Negeri Tirai Bambu yang memposisikan dirinya di segmen kendaraan premium.
Untuk mengetahui bagaimana impresi berkendara Tiggo 5X di IIMS 2024, simak terus ulasan berikut ini.
Baca juga: Siap Lawan Toyota Raize dan Honda WR-V, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap Chery Tiggo 5X
Kami merasa dikagetkan ketika singgah di jok pengemudi.
Menggunakan jok model semi bucket yang dibungkus menggunakan kulit dengan bahan premium serta dilengkapi pengaturan 6 arah, ketika duduk joknya terasa nyaman, empuk dan ergonomis.
Belum lagi setir model flat bottom yang digunakan berhasil diaplikasikan fitur tilt&telescopic, yang memudahkan kami untuk mendapatkan posisi mengemudi ternyaman.
Mengenai pandangan mengemudi ke depan, secara visibilitas terasa luas berkat dasboardnya yang dibuat lebar dan landai.
Head unit layar sentuh sebesar 10,25 inci model floating yang digunakan pun tidak mengganggu pandangan kami ke depan, termasuk juga pilar A nya tidak menghalangi kami ketika ingin melihat objek lain dari sisi samping ketika berbelok.
Bukan cuma memiliki visibilitas berkendara yang baik, kami merasakan Tiggo 5X juga mempunyai kemudahan untuk mengatur jarak antara mobil dengan kendaraan di depan.
Hal itu dikarenakan bonnet atau kap mesinnya yang dibuat tinggi dan berotot sehingga terlihat jelas dari sisi pengemudi.
First drive Tiggo 5X yang kami lakukan memanfaatkan area Test Drive IIMS 2024 dengan trek terbatas di gedung pusat niaga arena JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.
Sebagai informasi, Chery Tiggo 5X dipersenjatai mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (NA) 4-silinder segaris yang dapat memeras tenaga hingga 114 PS di 6.150 rpm dengan torsi sebesar 141 Nm pada 3.800 rpm.
Mesinnya dikawinkan dengan transmisi CVT yang selanjutnya diteruskan ke roda depan guna membuatnya berjalan.
Ketika kami mencobanya, perpaduan antara mesin 1.500 cc non turbo dengan transmisi CVT yang digunakan untuk karakter yang dihasilkan terasa responsif pada tarikan bawah.
Tak hanya pada tarikan bawah, pada putaran tengahnya pun terasa cukup cekatan khas sebuah SUV perkotaan.
Ciri khas transmisi CVT, setiap perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis terasa halus tanpa adanya hentakan.
Baca juga: Pesaing Honda HR-V, Chery Perkenalkan SUV Kompak Chery Tiggo 5X di IIMS 2024
Di dalam area test drive terdapat beberapa obstacle (rintangan) mulai dari menajak-menurun, speed bump dan zig-zag.
Ketika melewati rintangan pertama dengan obstacle menanjak, kami mencoba diam di posisi tengah.
Saat itu juga fitur Hill Start Assist Control (HAC) yang disematkan mampu menahan mobil beberapa detik.
Dengan adanya fitur ini kami tidak merasa khawatir mobil mundur secara tiba-tiba.
Untuk melanjutkan perjalanan, kami hanya cukup menginjak pedal gas secara perlahan.
Ketika turun, kami juga tidak perlu repot untuk menginjak rem.
Pasalnya fitur aktif Hill Descent Control (HDC) yang dibenamkan mampu memberikan daya deselerasi layaknya ketika pedal rem diinjak secara perlahan.
Sebagaimana fungsinya HDC membantu pengereman dengan teknologi terkini yang membantu pengemudi ketika membawa mobil di jalan menurun.
Untuk mengetahui kenyamanan Tiggo 5X, pada area test drive kami mencoba melewati rintangan selanjutnya yakni speed bump.
Rintangan speed bump disediakan guna mengetahui karakter suspensi yang dihasilkan.
Saat melewatinya dengan kecepatan pelan dan sedikit kencang, bantingan dari suspensinya memberikan ekspektasi yang cukup baik.
Tidak seperti pesaing terdekatnya, untuk bantingan suspensinya terasa empuk.
Selain itu pula kekedapan kabinnya terasa impresif, dimana kami tidak mendengar suara berisik baik dari bawah maupun dashboard.
Sebagai informasi, untuk suspensi depan Tiggo 5X menggunakan MacPherson Strut dan Torsion Beam di bagian belakang.
Berikutnya kami mengendarai Tiggo 5X dengan melewati rintangan zig-zag.
Saat melewati rintangan zig-zag yang kami rasakan mobil terasa cukup stabil dan fun-to-drive.
Chery Tiggo 5X dibekali fitur keselamatan 360 derajat yang disematkan pada spion samping.
Secara visual tangkapan gambar yang dihasilkan ditampilkan melalui head unit 10,25 inci yang tersematkan pada center cluster.
Saat berbelok kamera 360 derajat otomatis aktif dan menampilkan kondisi sekitaran mobil.
Dengan adanya kamera 360 derajat ini mobil minim akan gejala blind spot, sehnigga kami memperhitungkan segala objek yang ada di sekitaran mobil.
Salah satu keunggulan Tiggo 5X yakni adanya sunroof di atas jok baris pertama.
Sunroof yang digunakan mampu meningkatkan visibilitas serta gaya berkendara.
Keunggulan lain penggunaan sunroof pada Tiggo 5X yaitu menghasilkan sumber pencahyaan secara merata ke seluruh kabin.
Guna menunjang keamana, kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara, Tiggo 5X dibekali fitur safety modern yang terbilang lengkap.
Pada sistem pengeremannya dipadukan 6 airbagas, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assistant System (BAS), Brake Override System (BOS) yang kemudian disalurkan terhadap rem cakram di semua rodanya.
Ada pula Electronic Stability Program (ESP), Traction Control (TC), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), serta Auto Central Lock.
Tak hanya itu, varian teratasnya berhasil dibekali dengan fitur keselamatan pintar lainnya berupa Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), Front Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB) dan Intelligent High-bam Control Headlamp (IHC).
Baca juga: Chery Omoda 5 EV dan Tiggo 8 Pro Max Bakal Jadi Lawan Berat SUV Jepang
Setelah melakukan first drive Chery Tiggo 5X secara singkat di area Test Drive IIMS 2024, dapat ditarik kesimpulan SUV sub kompak asal Negeri Tiongkok ini menawarkan kenyamanan serta gaya berkendara yang fun-to-drive.
Mulai dari posisi duduk yang nyaman hingga visibilitas berkendara yang baik dapat kami rasakan.
Memiliki responsivitas pada tarikan awal, untuk transmisi CVT yang digunakan pun terasa smooth ketika mobil melakukan perpindahan gigi secara otomatis.
Sebagai SUV perkotaan, mobil ini memiliki bantingan empuk ketika kami mencobanya melewati speed bump dengan kecepatan rendah dan sedikit kencang.
Dan menariknya, meski karakter suspensinya empuk mobil ini terasa stabil.
Oh iya, Tiggo 5X dilengkapi dengan sunroof yang mampu meningkatkan visibilitas serta gaya berkendara.
Memberikan kenyamanan selama berkendara, mobil ini dilengkapi fitur keselamatan ADAS terbilang lengkap serta adanya 6 airbags yang dapat mengurangi cedera ketika mengalami benturan cukup keras.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}