Paling Mahal Dikelasnya, Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Beli Toyota Agya GR Sport 2023

Toyota Agya GR Sport 2023 kini bukan lagi masuk kategori LCGC (Low Cost Green Car). Namun Toyota menyebutnya dikategorikan citycar atau small hatchback. Adapun untuk Agya tipe E dan tipe G masih bertahan di kelas LCGC.

All New Agya tipe G

Karena statusnya yang berubah inilah, Agya GR Sport resmi menantang Honda Brio RS. Pasalnya sedari awal, Honda sudah memetakan pasar jika Brio RS an Brio RS Urbanite Edition adalah citycar. Sementara Brio Satya masuk golongan LCGC.

Honda Brio RS

Selain target pasar yang ingin digapai berbeda, secara harga antara Agya tipe G dan Agya GR Sport juga terpaut cukup jauh. Bagaimana tidak, untuk yang tipe G transmisi CVT ada di angka Rp191 jutaan. Sementara harga Toyota Agya GR Sport 2023 varian tertingginya Rp256 juta. Itu berarti ada selisih sampai Rp65 juta dari keduanya.

Baca juga: Resmi Dijual, Harga Toyota Agya 2023 Tembus Seperempat Miliar

Paling mahal di kelasnya

Pantaskah dengan harga yang mirip LMPV atau small SUV ini Agya GR Sport terbaru dimiliki? Berikut beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

1. Harga Toyota Agya GR Sport 2023 Lebih Mahal dari Brio RS

Brio RS Urbanite Edition

Pertama-tama harus dipikirkan soal harga. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Agya tipe GR Sport di varian tertinggi, banderolnya menyentuh Rp256 juta. Sementara tipe paling basic Rp237,5 juta.

Agya GR Sport CVT Dual Tone

Kalau kita lihat kompetitor terdekatnya, Brio RS, ternyata harga yang dipasang Honda masih lebih murah. Misalnya harga Honda Brio RS tipe terendah yang sama-sama bertransmisi manual, yakni Rp223,1 juta. Itu berarti lebih murah Rp14,4 juta dibanding Agya GR Sport.

Rival baru Honda Brio RS

Kemudian untuk harga Brio Urbanite Edition bertransmisi CVT sebagai tipe tertinggi dari Brio RS, harganya Rp243,9 juta. Lebih murah Rp12 jutaan dari Agya. Berikut rinciannya:

Perbandingan Harga per April 2023
Toyota Agya GR Sport Honda Brio RS
Tipe Harga Tipe Harga
1.2 MT One Tone Rp237.500.000 M/T Rp223.100.000
1.2 MT Two Tone Rp240.000.000 CVT Rp233.100.000
1.2 CVT One Tone Rp253.500.000 Urbanite Edition MT Rp233.900.000
1.2 CVT Two Tone Rp256.000.000 Urbanite Edition CVT Rp243.900.000

Baca juga: Mau Ubah Toyota Agya 2023 Jadi Tipe GR Sport? Cuma Tambah Rp6 Jutaan!

2. Pakai Tambahan Bodykit, Fitur Lebih Lengkap

Bemper depan pakai tambahan bodykit

Dengan imbuhan GR Sport, tentunya mobil ini juga memiliki DNA Sporty seperti varian GR lainnya dari Toyota. Secara visual, ia disematkan bodykit racikan dari tim Toyota Gazoo Racing (TGR). Yakni pada bagian bumper depan, side skirt, dan bumper belakang yang semua ornamennya berpenampilan agresif.

Ban ring 15 dengan dual tone

Kemudian perbedaan tipe GR-S pada Agya terbaru ini juga bisa terlihat dari penyematan velg 15 inci dengan balutan ban 185/55/R15. Sementara pada Agya tipe G cuma pakai velg 14 inci. Yang paling terlihat jelas tentunya emblem GR berwarna hitam dan merah yang ada di bemper depan serta pintu bagasi belakang.

Emblem GR Sport

Logo GR ini juga akan ditemukan ketika Anda masuk ke dalam mobil. Misalnya pada lingkar kemudi, sandaran jok pengemudi dan penumpang depan, scuff plate di pintu pengemudi serta penumpang depan, dan juga karpet lantai.

Jok dengan headrest terpisah

Oh ya, jok baris pertama di Agya GR Sport juga dibuat berbeda dari tipe G-nya. Modelnya semi bucket dengan busa tebal dan material pelapis suede yang lembut. Bagian headrest juga sudah terpisah, tidak lagi model "pocongan".

Meter cluster mirip Raize

Soal fiturnya juga ada beberapa tambahan dari tipe G. Misalnya spion luar yang pakai pelipat elektrik. Kemudian headunitnya juga 8 inci sementara tipe G 7 inci. Lantas meter cluster di tipe GR pakai layar 7 inci dengan tampilan mirip Toyota Raize. Terakhir di tipe GR juga sudah ada wireless charger.

Baca juga: Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo?

3. Pengendalian Lebih Cekatan, Tapi Ada yang Dikorbankan

Layout dasbor juga mirip Raize

Kehadiran Toyota Agya GR Sport 2023 kalau diselidik lebih lanjut ternyata sangat menarik. Pasalnya, Toyota melalui tim TGR telah meracik sistem steering dan suspension secara khusus.

Lebih stabil dibawa menikung

Kalau kita tarik jauh ke belakang, teknik seperti ini juga pernah diterapkan pada Yaris TRD Sportivo generasi pertama, serta Toyota Rush TRD Sportivo tipe konde. Kedua mobil tersebut benar-benar menggunakan sistem suspensi yang dirancang khusus agar berbeda dari tipe-tipe di bawahnya.

Pengujian di trek mini slalom

Lantas apa yang didapat dari suspensi dan sistem kemudi baru ini? Guna membuktikannya, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan kepada sejumlah jurnalis termasuk Autofun Indonesia untuk mengujinya selama tiga hari di Bali (4-6 April 2023). Selain wajib menaklukkan medan berkelok jalanan Pulau Dewata dari sisi utara menuju selatan, disediakan juga mini track di kawasan GWK.

Berubah jadi menyenangkan untuk dikendarai

Disini Agya GR Sport benar-benar ingin dibuktikan kemampuan bermanuvernya, termasuk diinstruksikan langsung oleh sejumlah pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). Dan kami pun merasakan, jika sistem kemudi sanggup menuruti kemauan pengendaranya bahkan ditikungan yang cukup ekstrim. Agenda aktifitas mini slalom itu pun jadi terasa lebih menyenangkan lantaran mobil seperti "siap" dipakai balap.

Kenyamanan di jok penumpang belakang dikorbankan

Namun ada kelebihan pasti ada kekurangan. Sistem kemudi yang cekatan serta suspnsi yang dibuat lebih sporty ini menghasilkan guncangan yang cenderung keras ketika dipakai di perjalanan kota.

Bagasi tetap luas

Pada saat duduk di bengku pengemudi atau penumpang depan memang tidak terlalu terasa. Namun kerasnya suspensi ini bakal langsung mengganggu pada saat ada di jok penumpang belakang. Apalagi desain kursinya dibuat sangat tegak dan tidak ada fitur reclining.

Baca juga: FAQ Toyota Agya 2023: Harga Lebih Mahal dari Brio Karena Fitur yang Semakin Canggih?

4. Konsumsi BBM Masih Rasa LCGC

Rute pengujian cukup lengkap, dari trek dalam kota, tol, hingga slalom

Secara dimensi, tipe GR Sport ini hanya beda di ukuran panjang tubuh. Yaitu 3.830 mm sementara yang tipe G dan E 3.760 mm. Adapun lebar, tinggi, dan jarak sumbu roda pada ketika varian tipenya sama. Yakni masing-masing 1.665 mm, 1.505 mm, dan 2.525 mm.

Agya sekarang pakai platform DNGA

Agya terbaru disemua varian tipenya juga menggunaan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Alhasil mesin yang terpasang juga ikut berubah dibanding generasi pertamanya. Baik tipe GR maupun tipe G dan E, semua Agya kini memakai mesin 1.2L dengan kode WA-VE.

Mesin 1.2L WA-VE 3 silinder

Mesin berkapasitas 1.198 cc 3-silinder dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i itu di atas kertas mampu menghasilkan tenaga puncak 88 PS pada 6.000 rpm. Semnetara torsi terbesarnya ada di 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan opsi D-CVT.

Transmisi CVT dengan Active D Control

Untuk membuktikan kemampuan mesin ini pun kami dipersilahkan melakukan uji akselerasi. Treknya memang hanya garis lurus sekitar 100 meter, namun setidaknya bisa membuktikan seperti apa catatan waktu akselerasi mobil tersebut.

Ada tambahan paddle shift

Transmisi baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio, adanya fitur paddle shift, hingga keberadaan Power Mode, mobil ini bisa memberikan akselerasi yang halus dari posisi diam.

Keberadaan Active D Control pun bisa membuat roda depan tak berputar berlebihan ketika melakukan kick down. Jadi sepanjang pengetesan, kami sama sekali tidak mendengar rda berdecit dan meninggalkan jejak hitam di permukaan aspal.

Torsi mesin lebioh besar dari generasi sebelumnya

Menurut pengakuan Jordan Johan yang merupakan pembalap TGRI, catatan pengujian 0-60 km/jam pada trek sekitar 100 meter, waktu terbaik didapat sekitar 6 detik. Sementara untuk akselerasi 0-100 km/jam bisa didapat sekitar 10 detik. "Mungkin orang akan berpikir mesin 3 silinder biasanya lemot, tapi ini torsinya lebih besar dari sebelumnya," kata dia.

Tombol PWR (power) mode di lingkar kemudi

Keberadaan Power Mode yang bisa diaktifkan melalui tombol pada lingkar kemudi itu juga memang terasa membantu. Terutama pada saat hendak berakselerasi mendahului mobil di depan jika kondisi jalan cenderung menanjak.

Rute dalam kota masih bisa dapat 13 km/liter

Tapi bagaimana dengan konsumsi BBM-nya? Ketika kami uji dari kawasan Kuta menuju Tabanan dengan gaya berkendara diperkotaan dan sesekali beakselerasi untuk mendahului truk yang berjalan lambat dengan mengaktifkan Power Mode, hasil yang didapat pada layar meter cluster adalah 13,0 km/liter.

Baca juga: Review All New Toyota Agya GR Sport 2023: Lebih Pede Tantang Brio RS

5. Fitur VSC dan HSA Sangat Membantu

Menyenangkan untuk dipakai seorang diri

Toyota Agya GR Sport memang rasanya dirancang untuk menyenangkan pengemudinya. Selain sistem kemudi dan suspensi yang lebih rigid, model ini juga mendapatkan fitur baru yakni Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA).

Tombol VSC

VSC juga kami rasakan sangat membantu pada saat bermanuver di tikungan yang cukup tajam, hingga di trek slalom sekalipun. Mobil terasa minim gejala over steer dan under steer, untuk ukuran mobil yang basisnya LCGC ini.

Sajikan sensasi berkendara yang sporty

Adapun HSA juga begitu membatu ketika menemui jalan menanjak dan harus berhenti akibat kemacetan. Lantaran mobil akan menahan beberapa detik supaya tidak merosot pada saat kaki lepas dari pedal rem.

Kesimpulan

Dengan harga sentuh Rp250 jutaan, Anda memang bisa mendapatkan LMPV yang punya kabin lebih nyaman, atau small SUV dengan fleksibiliutas lebih baik. Tapi sebenarnya sah-sah saja Anda memilih Toyota Agya GR Sport 2023. Karena bisa mendapatkan sebuah catchback ukuran kecil dengan tampilan sporty dan fitur cukup lengkap. Apalagi pengendaliannya juga jempolan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Agya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

Nyoba Dua Varian Agya Baru, Apa Saja Bedanya? | All New Toyota Agya G & GR Sport

NEW 2021 TOYOTA AGYA

Berita Terbaru

Jurus Jitu 6 Tahun Wuling Konsisten Manjakan Selera Konsumen di Indonesia

Enam tahun jelas bukan perjalanan singkat bagi Wuling Motors di Indonesia. Terlebih punya pekerjaan rumah besar mengubah stigma negatif yang sempat melekat di pikiran masyarakat akan mobil Tiongkok. Tapi siapa sangka dalam kurun waktu enam tahun Wuling di Indonesia justru mampu membuktikan produknya sanggup bersaing dan menjadi andalan konsumen di Tanah Air. Baca juga: Masuk Tahun Keenam, Wuling Buktikan Merek China Sukses Pikat Masyarakat Indonesia Selama kiprah Wuling di Indonesia, Brand and M

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Agya
Lihat