Toyota Hilux Rangga dipastikan akan meluncur secara resmi di Indonesia pada 15 Oktober 2024. Kabar mengenai peluncurannya sendiri tertulis dalam undangan resmi yang masuk ke email redaksi Autofun Indonesia.
Sebagai kendaraan komersil jenis single cab muatan ringan yang ditempatkan di bawah Toyota Hilux single cab, Hilux Rangga mewarisi DNA Toyota Kijang yang terkenal tangguh. Selain memiliki durabilitas tinggi, mobil losbak ini juga menawarkan kenyamanan berkendara yang tidak bisa dijumpai di pesaing sekelasnya.
Kenyamanan turut ditawarkan pada mobil ini lantaran Hilux Rangga juga ditujukan untuk anak muda yang gemar bisnis, serta suka melakukan camping dengan menjadikannya camper van.
Dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle), untuk model yang ditawarkan Hilux Rangga nantinya hadir dalam varian bensin 2.0 Standar, bensin 2.0 High, diesel 2.4 Standar, diesel 2.4 High, dan varian tertinggi diesel 2.4 High A/T. Tidak hanya model pick up, Hilux Rangga juga dijual dalam kondisi cabin chassis.
Model cabin chassis atau tanpa bak belakang ini nantinya bisa disesuaikan oleh pemilik untuk dijadikan sebagai mobil box, camper van, atau jenis model kendaraan lain menyesuaikan kebutuhan melalui bengkel body builder.
Mewarisi DNA Kijang, Hilux Rangga juga bakal dijadikan sebagai angkot (angkutan kota). Ini terlihat dari foto yang beredar di jagat maya, dimana Hilux Rangga dengan bodi minibus garapan karoseri tampil lengkap menggunakan livery Mikrotrans.
"Info seliweran itu kerjasama dengan PT TAM melalui vendor KWK dan APB. Estimasi biaya total bisa tembus Rp300 jutaan untuk mobil berikut karoserinya," ujar salah satu tenaga penjual kepada Autofun Indonesia, Kamis (10/10).
Jika melihat ke belakang, sejak era 70-an Toyota Kijang banyak digunakan sebagai angkot bahkan beberapa masih dipakai hingga saat ini. Model yang digunakan mulai dari Kijang buaya, Kijang doyok, Kijang super, hingga Kijang kapsul.
Namun saat ini angkot Microtrans yang juga termasuk JakLingko, mayoritas menggunakan unit Suzuki Carry (Spesifikasi | Berita). Apakah kehadiran Hilux Rangga juga akan menggantikan Carry?
Baca juga: Harga Toyota Hilux Rangga Dijual Lebih Mahal dari Mitsubishi L300
Diambil dari kata Ronggo dalam bahasa Jawa yang berarti ksatria, Toyota Hilux Rangga tidak seperti pick up pada umumnya. Bukan cuma ditujukan sebagai kendaraan niaga penghasil cuan, mobil ini menawarkan kenyamanan berkendara berkat fitur yang ditawarkan.
Sebagai varian teratas, diesel High A/T untuk bagian luar khusunya pada sistem pencahayaan sudah menggunakan LED headlamp. Guna menunjang kenyamanan selama berkendara, di bagian dalam pada joknya dibuat secara terpisah antara pengemudi dan penumpang.
Tak hanya itu, joknya juga sudah dilengkapi head rest dengan pengaturan adjustable. Terkesan modern, tipe ini juga sudah dilengkapi ornamen di beberapa bagian interiornya.
Bahkan dari segi hiburan dipadukan menggunakan premium audio yang membuat perjalanan berkendara semakin terasa nyaman. Mengenai fitur unggulan lainnya sudah terdapat AC dan power steering, selanjutnya untuk keselamatan berkendara memperoleh ABS serta airbags.
Untuk varian satu tingkat dibawahnya, diesel High MT dan bensin High MT juga telah dilengkapi AC, power steering, head unit single din dan head rest. Mengenai keselamatan, tipe ini sudah dilengkapi ABS dan airbags.
Selanjutnya varian Standar diesel dan bensin, keduanya dilengkapi power steering dan head unit single din, namun untuk model yang dibekali mesin bensin mendapat tambahan AC.
Baca juga: Nggak Kalah Perkasa dari Mitsubishi L300, Toyota Hilux Rangga Bisa Bawa Beban di Atas 1,5 Ton!
Mewariskan DNA Kijang, untuk jantung pacu Hilux Rangga menggunakan mesin yang digunakan oleh Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) reborn. Untuk varian bensin, mobil ini dipersenjatai mesin 1.998 cc berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Selanjutnya pada model diesel, Hilux Rangga menggunakan mesin 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc yang mampu melecutkan tenaga sebesar 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm.
Varian teratasnya dipadukan menggunakan transmisi matic 6 percepatan with sequential shift. Sedangkan varian manual baik diesel maupun manual dipadukan transmisi dengan 5 tingkat percepatan.
Toyota sudah membuka keran pemesanan Hilux Rangga sejak GIIAS 2024. Meski belum meluncur secara resmi, daftar harga Toyota Hilux Rangga sudah dikantongi para tenaga penjual.
Indikasi Harga Toyota Hilux Rangga OTR Jakarta Pick-up
Conrversi box
Baca juga: Toyota Hilux Rangga 2024 Dipastikan Tidak Sama dengan Thailand