Recall Mitsubishi L300 belum lama ini diumumkan oleh pihak Mitsubishi Filipina. Jumlahnya mencapai 411 unit kendaraan yang diproduksi periode 2024 di pabrik Mitsubishi di negara tersebut.
Seperti kita ketahui, Mitsubishi L300 merupakan kendaraan niaga muatan ringan yang sangat bisa diandalkan. Di Indonesia, L300 sudah ada sejak 1981.
Meski terbukti sangat bisa diandalkan dalam mendukung kegiatan bisnis sehari-hari, mobil yang memiliki nama lain Elsapek ini tetap tidak lepas dari yang namanya masalah. Di Filipina, recall Mitsubishi L300 terpaksa diumumkan oleh otoritas setempat akibat masalah yang timbul pada bagian transmisi.
Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menemukan adanya bagian transmisi L300 yang tidak terisi pelumas. Hal ini dapat mengakibatkan perpindahan gigi terasa keras dan rusak untuk pemakaian jangka panjang apabila tidak segera dilakukan penanganan.
Baca juga: Ini yang Bikin Mitsubishi Pede Jualan L300 Meski Muncul Hilux Rangga
Pada recall Mitsubishi L300 ini tercatat terdampak pada 411 unit L300 lansiran 2024 yang ada di Negeri Lumbung Padi tersebut. Akibatnya pihak Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) memerintahkan untuk unit yang terdampa ini ditarik kembali dari pasaran dengan cara menghubungi pemiliknya.
Dalam kasus ini pihak MMPC akan melakukan proses penggantian transmisi, propeller shaft, dan snap pin yang bermasalah. Diperkirakan dalam proses penggantian akan memakan waktu kurang lebih empat jam, namun dipastikan konsumen tidak dikenakan biaya sepersen pun.
Sebagai bentuk kenyamanan terhadap pelanggan, pemilik L300 di Filipina yang terdampak recall akan dihubungi oleh pihak diler Mitsubishi untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Kemudian pihaknya akan mengatur waktu penggantian suku cadang apabila unit yang dicek terdampak masalah tersebut.
Baca juga: Toyota Hilux Rangga Vs Mitsubishi L300, Selisih Rp17 Jutaan Mending Mana?
Mitsubishi L300 Euro 4 diluncurkan di Indonesia pada Juni 2022. Kehadirannya saat itu didatangkan secara utuh dari Filipina.
Namun pada 2023 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia sudah tidak lagi mendatangkan L300 dari Filipina.
Dengan begitu L300 produksinya kini sudah kembali ke Tanah Air. Hingga berita ini dimuat, tidak ada kabar mengenai recall Mitsubishi L300 di Indonesia.
Sebagai pick up yang bisa diandalkan di segala sektor bisnis, L300 dibandrol Rp230 juta untuk varian cabin chassis dan Rp232,5 juta untuk model pick up.
Dibandingkan dengan model sebelumnya, bak L300 Euro 4 dibuat lebih besar 8%. Jika panjang bak pada model sebelumnya mencapai 2.430 mm, ruang kargonya kini menjadi 2.630 mm atau lebih panjang 200 mm.
Memiliki bak lebih besar, tentu kapasitas daya angkut mobil ini menjadi lebih banyak sehingga mampu memberikan keuntungan lebih kepada penggunanya. Bukan cuma lebih panjang, jarak ke tanahnya mobil ini juga dibuat lebih tinggi sehingga terasa semakin nyaman tanpa khawatir mentok saat membawa barang banyak.
Memberikan banyak keuntungan bagi penggunannya, secara kapasitas daya angkut barangnya L300 Euro 4 sanggup membawa beban maksmimal seberat 2.345 kg.
L300 Euro 4 dipersenjatai mesin diesel baru dengan kode 4N14 berkapasitas 2.268 cc 4-silinder segaris, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. Di atas kertas mesinna dapat memeras tenaga hingga 99,25 PS di 3.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 200 Nm pada putaran 1.000-3.500 rpm.
Berkat pembaruan yang dilakukan di sektor mesin, membuat mobil ini bukan cuma ramah lingkungan serta memiliki durablitas yang tinggi, namun juga memberikan torsi lebih besar dan bertenaga 40% dibandingkan model sebelumnya serta minim getaran.
Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Mitsubishi L300 Euro 4, Ternyata Beda dengan Model Lawasnya