AION V jadi satu di antara banyaknya mobil listrik di Tanah Air yang siap bersaing di pasar otomotif nasional, khususnya di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) empat penumpang. Mobil ini diperkenalkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) November 2024 lalu, dengan harga pre-booking di bawah Rp499 juta.
Mobil yang siap dirakit secara lokal pada kuartal pertama pada tahun 2025 di kawasan Cikampek, Jawa Barat ini akan jadi model pertama AION, bersamaan model lainnya. Dengan proses produksi secara lokal, maka akan memudahkan dan mempercepat distribusi kepada konsumen.
Menurut CEO AION Indonesia Andri Ciu, meski harganya masih pre-booking, antusias masyarakat akan AION V cukup tinggi. "Dari GJAW sampai per Januari 2025 akhir, itu sudah hampir 800 unit terpesan," ungkap Andri saat ditemui di sela acara media Test Drive AION V di Yogyakarta, Selasa (5/2/2025) malam.
Bagi Andri, pencapaian AION V sangat luar biasa, mengingat sejak dikenalkan, perusahaannya belum mengumumkan harga resmi. Termasuk masih terbatasnya promosi untuk pameran brand AION V.
Baca juga: Aion V Hadir di Indonesia, SUV Listrik dengan Banyak Keunikan
"Nanti kita umumkan harga, sebentar lagi dalam hitungan hari, dan ada kejutan varian baru. Nanti biar diumumkan di (pameran) IIMS 2025 saja," ujar Andri. Andri menyebutkan, jika AION V akan dibanderol tak sampai Rp499 juta, dimana harganya juga akan lebih murah dari seri AION Hyptec HT.
Nah, Anda penasaran kenapa AION V meski belum diumumkan harganya secara resmi tapi sudah menarik banyak peminat? Simak ulasannya sebagai berikut.
Baca juga: Lebih Dekat dengan Mobil Listrik Toyota bZ3X, Kembaran Aion V dengan Spek Mirip
Setelah melakukan pengujian Jakarta-Yogyakarta, memang mobil yang memiliki dimensi panjang 4.605 mm, lebar 1.854 mm dan tinggi 1.686 mm serta wheelbase 2.755 mm ini terlihat sangar tapi elegan. Bahkan desain mobil ini disebut-sebut terinspirasi dari hewan purba T-Rex yang dikenal sangar.
Selain itu mobil ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED dan juga DRL pada bagian depan, sehingga sudah terkesan kekinian. Bagian belakang juga sudah cukup menarik. Apalagi, lampu belakang terdapat dua lampu LED vertikal sehingga saat menyala pada malam hari membuat terlihat indah.
Selayaknya mobil listrik, AION V ini tidak memiliki grille pada bagian depan. sehingga rata, namun sudah dilengkapi dengan sensor dan juga kamera di bagian depan yang digunakan sebagai perlengkapan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS).
Hal menarik dari mobil ini juga terlihat pada bagian kabin, dimana dimensi yang disebutkan di atas ternyata sangat mempengaruhi bagian dalam, sehingga jadi terasa lega.
Menariknya pada bagian kabin ini juga ditunjukan pada jok, dimana AION V ini memiliki fitur sofa bed. Ya, jok mobil ini bisa direbahkan ke belakang, sehingga jika disusun seperti model kursi sofa yang memanjang.
Tentunya fitur ini akan sangat menyenangkan, terlebih ketika digunakan untuk bepergian dan saat sudah sampai tujuan, bisa digunakan bersantai. Tidak hanya itu, ruang kaki pada kabin mobil ini juga terasa luas, sehingga kaki bisa leluasa bergerak. Bahkan mobil yang dilapisi kulit sintetis ini terasa nyaman jika diduduki.
Yang tak kalah menarik adalah jok baris pertama sudah dilengkapi dengan ventilasi yang mengeluarkan hawa dingin dan panas, sehingga bisa memberikan rasa nyaman bagi pengemudi maupun penumpang di depan.
Selain itu, jok pengemudi dan penumpang depan juga sudah dilengkapi dengan fitur pijat. Dimana posisi pijatannya juga dapat diatur pada bagian tertentu sebanyak delapan titik, dengan tiga level intensitas, dan lima mode pengaturan yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman relaksasi optimal.
Kemudian, di baris kedua AION V sudah dilengkapi dengan sandaran, dan meja lipat yang presisi. Sehingga akan cocok bagi Anda yang super sibuk, namun tetap bisa bekerja untuk membuka laptop. Pada bagian sofa mobil ini juga dilengkapi dengan ISOFIX, sistem pemasangan kursi bayi.
AION V juga memiliki sebuah layar sentuh berukuran 14,6 inci, ditambah meter cluster LCD berukuran 8,88 inci. Sehingga akan sangat nikmat jika melihat berbagai hiburan yang ditawarkan, termasuk melalui penghubung dari Apple Carplay.
Layar besar ini tidak hanya digunakan untuk sistem hiburan semata, karena bisa juga dipakai untuk mengoperasikan berbagai fitur penting yang ada di dalamnya. Ya, pengoperasian yang ada pada layar lebar ini tidak hanya sistem hiburan, tapi juga bisa digunakan untuk mengontrol AC, hingga sejumlah fitur aktif hanya dengan sentuhan jari.
Sebagai pendatang baru, AION V ini punya fitur unik yaitu adanya sebuah boks di konsol tengah, yang memiliki mode hangat, dingin, hingga beku seperti batu es. Tentu saja fitur ini sangat berguna, karena bisa menjaga makan tetap hangat saat bepergian.
Termasuk jika harus membawa minuman agar tetap menjadi dingin bahkan sampai membeku selama perjalanan. Fitur ini bukan mendinginkan melalui semburan AC semata. Sebab kulkas pintar ini, dioperasikan melalui layar head unit, kemudian pilih Heating, Refrigeration dan Freezing.
Bahkan suhu di dalam boks ini bisa diatur sesuai kebutuhan. Untuk hangat sampai dingin, pengaturannya hangatnya bisa mencapai 50 derajat, dan dingin dengan suhu hingga minus 15 derajat. Sehingga jika ingin membawa makan tetap hangat atau minuman dingin atau hingga beku juga bisa.
Selama perjalanan Jakarta-Yogyakarta, kulkas pintar yang ada di AION V sempat diisi ICE Cream, yang ternyata hasilnya tetap beku. Selain itu, botol air mineral juga ikut dimasukan, dan hasilnya menjadi es batu.
Daya kulkas ini diklaim bisa disetting tetap menyala meski mobil mati, selama mobil memiliki baterai hingga minimal 10 persen. Adapun kulkas pintar ini hanya menyedot daya baterai 0,5 kW.
AION V dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang multifungsi untuk melindungi pengguna dalam berbagai skenario berkendara. Sistem ini menggabungkan pemantauan real-time dengan teknologi canggih, termasuk algoritma, sensor, dan modul sistem untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman.
Nah, AION V ini juga sudah dilengkapi dengan fitur ADAS yang mereka sebut dengan ADiGO yang kepanjangan dari Aion Digital Intelligent Gateway and Operation.
Fitur ADiGO ini memiliki beberapa fitur keselamatan turunannya, yaitu:
Yang tak kalah menarik dari mobil listrik ini adalah jarak tempuhnya yang cukup panjang yaitu mencapai 600 km. Usut punya usut, AION V sudah dibekali dengan baterai bertipe Magazine Battery 2.0 (Lithium Iron Phosphate Battery) berdaya 75,3 kWh.
Dengan baterai tersebut ditambah dua motor penggerak Permanent Magnet Synchronous Motor, mobil ini mampu menghasilkan daya sebesar 150 kW dan torsi puncak 240 Nm. Bahkan untuk berakselerasi dari 0-100 km per jam mobil ini bisa mencapai 7,9 detik.
Baterai AION V ini bisa diisi dengan sistem DC Charging dari 30-80 persen hanya 16 menit. Yang tak kalah penting, mobil ini diklaim sudah melakukan serangkaian uji ketahanan. Alhasi, baterai tidak akan meledak bahkan terbakar.