Konsumsi BBM Sedan Mana Paling Irit, Honda Civic Turbo atau Mazda 3?

Menarik untuk membahas konsumsi BBM Honda Civic Turbo. Mengingat sedan ini dibekali sjeumlah teknologi yang diklaim bisa mereduksi penggunaan bahan bakar, tanpa meninggalkan kenikmatan berkendara yang kerap ditawarkan oleh Honda.

Honda Civic memang merupakan salah satu produk kelas menengah atas dari Honda yang dinilai sukses di pasaran. Terbukti sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 hingga kini Honda Civic tetap eksis dan telah mengalami sederet inovasi.

Saat ini merupakan generasi 11 dari Honda Civic. Ini tandanya mobil ini masih sangat digemari konsumen. Dan mulai generasi kesepuluh, pabrikan jenama Jepang itu menghadirkan Honda Civic Turbo.

Sebagai catatan, Civic generasi 10 mulai dipasarkan di Indonesia pada April 2016. Awalnya mobil ini hadir hanya dalam model sedan yang dipamerkan di (Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Namun versi hatchback-nya juga diluncurkan dan mulai dipasarkan di Indonesia pada 9 Juni 2017 dan menggunakan mesin VTEC Turbo yang sama dengan versi sedannya.

Kapasitas isi silinder mesinnya Civic Turbo sedikit diperkecil dari sebelumnya, tetapi Honda menambahkan teknologi turbo dan juga sistem yang mereka namakan Earth Dreams Technology. Lalu bagaimana efisiensi bahan bakarnya? Apalagi jika ingin dibandingkan dengan sedan Mazda 3.

Mengenai tentang Honda Civic Turbo. Kendaraan jenis sedan ini mengandalkan teknologi CVT yang dilengkapi dengan Earth Dreams Technology. Teknologi  ini mengoptimalkan akselerasi dan menggunakan bahan bakar yang lebih hemat.

Keberadaan teknologi turbo dan Earth Dreams tersebut yang digunakan menjadi alasan di balik iritnya konsumsi bahan bakar Honda Civic Turbo.  Honda Civic Turbo sebenarnya cukup irit dengan konsumsi bahan bakar rata-rata hingga 14 Km per liter untuk penggunaan mobil dalam kota, sedangkan untuk penggunaan mobil luar kota bisa lebih dari 20 Km per liter.

Baca juga: Harga Honda Civic Turbo Bekas Kini Setara Toyota Veloz Baru, Hatchback Turbo yang Digilai Anak Muda

Akselerasi dan Konsumsi BBM Honda Civic Turbo 2016

Dua sedan Jepang yang sama menariknya

Honda Civic Turbo dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder. Dengan tambahan teknologi turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 173 PS dengan torsi 220 Nm. Melihat dari spek mesin yang digunakan, jika berbicara soal performa tentu tidak bisa dianggap remeh.

Mobil ini bisa berakselerasi dengan sangat cepat dan juga memiliki kecepatan maksimal yang tinggi. Meski demikian, mobil ini tetap mampu memberikan efisiensi dalam konsumsi bahan bakar yang cukup irit.

Yang pertama tentang akselerasi dan kecepatan maksimum serta kecepatan tertinggi. Meski menggunakan transmisi CVT, ternyata mampu memberikan sensasi berkendara yang sangat kencang dan responsif. Terbukti Honda Civic mampu berakselerasi 0-100 km per jam hanya dalam waktu 8 detik.

Dan kecepatan maksimum yang bisa dicapai Honda Civic juga bukan main-main. Mobil ini mampu melesat hingga kecepatan maksimal 200 km per jam. Kemudian dilakukan pengujian terkait konsumsi bahan bakar. Mobil ini menggunakan transmisi CVT yang dipadukan dengan fitur ECON yang berfungsi untuk menjaga putaran mesin tetap rendah selama mungkin.

Tentunya hal ini sangat menunjang efisiensi penggunaan bahan bakar. Terbukti dari hasil uji efisiensi mobil ini, untuk rute dalam kota bisa mencapai 13 km per liter, sedangkan untuk rute luar kota mencapai 18-20 km per liter. Hasil ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi jalan dan berat beban.

Mesin Honda Civic 2020
Tipe Mesin L15B 4-silinder segaris VTEC Turbo dengan teknologi Drive by Wire
Kapasitas Silinder 1.498 cc
Tenaga Maksimal 171,5 hp @ 5.500 rpm
Torsi Maksimal 220 Nm @ 1.700-5.500 rpm
Transmisi CVT dengan Earth Dream Technology
Sistem Penggerak Front-wheel drive

Baca juga: 7 Kelemahan Honda Civic Turbo, Harga Bekas Menarik Tapi Perhatikan Hal Ini

Performa dan Konsumsi BBM Mazda 3 Sedan

Teknologi turbo baru disematkan pada Honda Civic Gen 10

Sedan Mazda 3 juga mengusung mesin 2.000 cc SkyActive-G, hanya saja sekarang pistonnya sudah dioptimalisasi, intake force dan cooling control juga sudah diubah. Pada generasi sebelumnya performa mesin Mazda 3 sedan mencapai 165 ps dan memiliki torsi 210 Nm.

Kini model terbaru hanya mendapat 153 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 4.000 rpm. Namun, Mazda 3 kali ini justru bisa meminum bensin dengan oktan lebih rendah. Model sebelumnya diharuskan minum RON 95, sedangkan model terbaru ini bisa minum RON 92.

Mesin telah ditingkatkan untuk mengoptimalkan port intake, bentuk piston, injeksi bahan bakar split, dan katup pendingin.Tenaga yang disalurkan ke roda depan, melalui transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6 kecepatan.

Kemudian ada teknologi kontrol dinamis didukung oleh versi terbaru dari fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), sebagai bagian dari teknologi Skyactiv-Vehicle Dynamics. Dengan fitur ini, distribusi torsi dioptimalkan untuk memberikan traksi terbaik berdasarkan masukan dari pedal gas dan roda kemudi.

Mesin Mazda 3 Sedan
Tipe Mesin SkyActiv-G 2.0L 4-silinder segaris DOHC
Kapasitas Silinder 1.998 cc
Tenaga Maksimal 155 PS/6.000 rpm
Torsi Maksimal 200 Nm/4.000 rpm
Rasio Kompresi 13.0:1
Transmisi SkyActiv-Drive 6-percepatan otomatis
Sistem Penggerak Front-wheel drive

Baca juga: Ini Keunggulan Mazda CX-80 dengan Teknologi PHEV

Impresi Berkendara Mazda 3 Sedan

Mazda 3 juga punya varian sedan dan hatchback

Mengadopsi mesin bensin 2.0 liter SKYACTIV-G, torsi awal sedan dan hatchback ini cukup baik saat dikendarai di jalanan perkotaan yang padat. Distribusi tenaga dan torsi yang disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan juga cukup memadai untuk mendapatkan kecepatan hingga 100 kilometer per jam dalam waktu singkat.

Dengan kecepatan di atas 60 km per jam, pengemudi Mazda 3 sedan masih sangat mudah mengendalikan mobil ini. Meskipun berada di jalan yang berbelok. Secara keseluruhan, kesan berkendara mudah dan nyaman didapat saat mengendarai Mazda3.

Pada model terbaru ini terdapat fitur baru yaitu, MRCC (Mazda Radar Cruise Control). Dengan menggunakan radar gelombang milimeter, kecepatan dan jarak aman mobil dengan kendaraan di depan dapat diukur, dan secara otomatis mengontrol kecepatan kendaraan.

Sistem ini juga dilengkapi dengan teknologi Distance Recognition Support System (DRSS). Dan secara visual menunjukkan jarak dari mobil di depannya untuk menjaga kesadaran pengemudi akan pentingnya keselamatan.

Saat mengemudikan kendaraan ini, pengemudi merasa fitur ini selalu menjadi peringatan karena kondisi jalan yang padat. Padahal, mobil ini bisa otomatis mengerem secara tiba-tiba saat dirasa jarak mobil di depan tidak aman.

Karena belum terbiasa, pengemudi merasa cukup kesulitan untuk mengatur jarak aman yang ditetapkan standar pabrikan agar peringatan tidak selalu berbunyi. Berkat teknologi Skyactiv G terbaru, perangkat ini juga lebih hemat bahan bakar.

Hasil pengujian konsumsi BBM dalam kota masih mampu menghasilkan 11,7 per liter. Jadi, kalau mau lebih irit, aktifkan saja fitur idling stop system. Sedangkan untuk panjang jalan luar kota tanpa hambatan dengan variasi kecepatan hingga maksimal 100 km per jam bisa mencapai 16,5 per liter. Sedangkan pada kecepatan konstan 100 km per jam, Mazda3 mampu mencapai 21,9 per liter.

Konsumsi Bensin Honda Civic Turbo Mazda 3 Sedan
Pemakaian BBM di Tol 20 Km/Liter 16,5 Km/Liter
Pemakaian BBM Dalam Kota 13 Km/Liter 11,7 Km/Liter

Baca juga:  4 Fakta Menarik CX-30, SUV Kompak Premium Mazda dengan Banyak Keunggulan

Kesimpulan

Berdasarkan data konsumsi BBM Honda Civic Turbo vs Mazda 3, terbukti Honda lebih efisien dibandingkan Mazda 3, baik dalam penggunaan di jalan tol maupun dalam kota. Pada kondisi tol, Civic Turbo mencatat konsumsi bahan bakar 20 km per liter, sedangkan Mazda 3 hanya mencapai 16,5 km per liter.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa mesin turbo pada Civic mampu memberikan efisiensi lebih baik dalam perjalanan jarak jauh. Saat digunakan dalam kota, Civic Turbo kembali unggul dengan konsumsi bahan bakar 13 km per liter, lebih hemat dibandingkan Mazda 3 yang mencatat 11,7 km per liter.

Faktor seperti sistem transmisi, bobot kendaraan, serta teknologi mesin yang digunakan kemungkinan menjadi penyebab utama perbedaan efisiensi ini. Secara keseluruhan, Honda Civic Turbo memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan Mazda 3, baik di jalan tol maupun dalam kondisi lalu lintas perkotaan.

Keunggulan ini menjadikannya pilihan lebih menarik bagi pengendara yang mengutamakan efisiensi bahan bakar. Namun, faktor lain seperti kenyamanan, fitur, dan harga tetap perlu dipertimbangkan sebelum memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.

FAQ

Berapa harga Honda Civic Turbo terbaru 2025?

Saat ini, Honda Civic yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) diseluruh jaringan dealer resmi Honda merupakan Civic gen 11. Adapun model ini cuma hadir dalam satu varian yakni Civic RS, dimana harga Honda Civic Turbo RS tersebut adalah Rp 626,3 juta.

Civic Turbo pakai mesin apa?

Honda Civic Turbo dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder. Dengan tambahan teknologi turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 173 PS dengan torsi 220 Nm. 

Berapa km liter Civic Turbo?

Dari hasil uji efisiensi mobil ini, untuk rute dalam kota bisa mencapai 13 km per liter, sedangkan untuk rute luar kota mencapai 18-20 km per liter. Hasil ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi jalan dan berat beban.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Civic

Video Pendek Terkait

Related Videos

Nge-Gas Honda Civic Seharga Rp 1,4 Miliar di Sirkuit Mandalika

Harga Rp 567 juta, Ini Keistimewaan Honda Civic 2021 | First Impression

ALL NEW 2021 HONDA CIVIC REDESIGN - ADS

THE 2020 HONDA CIVIC TYPE R

I Review the 2020 Honda Civic 1.8L E Sedan!!

Mazda 3 Hatchback Warna Baru Dirilis, Warna Premium Polymetal Grey

Beragam mobil baru di IIMS 2025 dipastikan siap menjadi daya tarik pengunjung. Sebagai catatan, pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) akan berlangsung 13-23 Februari 2025. Total ada 33 brand otomotif yang dipastikan hadir di IIMS 2025. Adapun dari brand kendaran roda empat ada Aion, BMW, BYD, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, MG, MINI, Mitsubishi, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, Audi, BAIC, DFSK, Denza, Citroën, Geely, Great Wall Motors (GWM), Honri, Jaecoo, Jetour, KIA, Maxus, Mazda,
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu YRV yang patut dipertimbangkan sebelum kalian membeli mobil ini. Unitnya memang cukup langka tapi sejatinya mobil tersebut memiliki kesamaan dengan model Daihatsu lainnya. Kalau melihat sedikit sejarahnya, sebelum hadir Sirion, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah lebih dulu menjual Daihatsu YRV di Tanah Air. Sosoknya berupa mobil perkotaan berbentuk hatchback lima pintu, namun dengan tubuh yang sedikit lebih panjang, mirip MPV. YRV hadir pertama kal
Mazda CX-80 menjadi mobil pertama Mazda di Indonesia yang menggendong teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Diluncurkan secara resmi di Tanah Air pada 22 Januari 2025, CX-80 ditawarkan dalam dua varian, yakni Elite dan Kuro yang keduanya sama-sama dibandrol Rp1.199.900.000 OTR Jakarta. Guna mengetahui lebih dekat CX-80, kami diberi kesempatan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek sekaligus distributor resmi kendaraan Mazda di Tanah Air, merasakan bagaimana
Mencari mobil keluarga yang nyaman, kalian wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan Nissan Grand Livina berikut ini. Apalagi mobil ini sekarang harganya sudah sangat terjangkau. Sebelum Nissan Livina model saat ini yang kembar dengan Mitsubishi Xpander, sudah ada Nissan Grand Livina. MPV keluarga satu ini sempat menjadi primadona banyak orang. Kenyamanan yang ditawarkan bagi penumpang belakang, serta kenikmatan berkendara buat pengemudinya, adalah satu dari beberapa kelebihan Grand Livina. Dipe
Ada beberapa kekurangan Suzuki XL7 2021 atau unit produksi-produksi awal yang ternyata dialami oleh sejumlah penggunanya. Meski demikian, masalah tersebut masih bisa diatasi dan tak mempengaruhi kinerja kendaraan secara keseluruhan. Selain Low MPV, mobil keluarga 7-seater jenis Low SUV kini juga cukup digandrungi beberapa konsumen Tanah Air. Bicara mobil jenis ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W pada Februari 2020 tercatat pertama kali meluncurkan Suzuki XL7. Perlu kalian ketahui, model ini

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mazda

Mazda CX-80

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng X9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng G6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor T03

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor C10

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely EX5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery J6

Rp 498,00 - 558,00 Juta

Lihat Mobil
Maxus

Maxus Mifa 9

Rp 1,09 Milyar

Lihat Mobil
Aletra

L8

Rp 445,00 - 488,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Civic
Lihat