Menarik untuk membahas konsumsi BBM Honda Civic Turbo. Mengingat sedan ini dibekali sjeumlah teknologi yang diklaim bisa mereduksi penggunaan bahan bakar, tanpa meninggalkan kenikmatan berkendara yang kerap ditawarkan oleh Honda.
Honda Civic memang merupakan salah satu produk kelas menengah atas dari Honda yang dinilai sukses di pasaran. Terbukti sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 hingga kini Honda Civic tetap eksis dan telah mengalami sederet inovasi.
Saat ini merupakan generasi 11 dari Honda Civic. Ini tandanya mobil ini masih sangat digemari konsumen. Dan mulai generasi kesepuluh, pabrikan jenama Jepang itu menghadirkan Honda Civic Turbo.
Sebagai catatan, Civic generasi 10 mulai dipasarkan di Indonesia pada April 2016. Awalnya mobil ini hadir hanya dalam model sedan yang dipamerkan di (Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Namun versi hatchback-nya juga diluncurkan dan mulai dipasarkan di Indonesia pada 9 Juni 2017 dan menggunakan mesin VTEC Turbo yang sama dengan versi sedannya.
Kapasitas isi silinder mesinnya Civic Turbo sedikit diperkecil dari sebelumnya, tetapi Honda menambahkan teknologi turbo dan juga sistem yang mereka namakan Earth Dreams Technology. Lalu bagaimana efisiensi bahan bakarnya? Apalagi jika ingin dibandingkan dengan sedan Mazda 3.
Mengenai tentang Honda Civic Turbo. Kendaraan jenis sedan ini mengandalkan teknologi CVT yang dilengkapi dengan Earth Dreams Technology. Teknologi ini mengoptimalkan akselerasi dan menggunakan bahan bakar yang lebih hemat.
Keberadaan teknologi turbo dan Earth Dreams tersebut yang digunakan menjadi alasan di balik iritnya konsumsi bahan bakar Honda Civic Turbo. Honda Civic Turbo sebenarnya cukup irit dengan konsumsi bahan bakar rata-rata hingga 14 Km per liter untuk penggunaan mobil dalam kota, sedangkan untuk penggunaan mobil luar kota bisa lebih dari 20 Km per liter.
Baca juga: Harga Honda Civic Turbo Bekas Kini Setara Toyota Veloz Baru, Hatchback Turbo yang Digilai Anak Muda
Honda Civic Turbo dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder. Dengan tambahan teknologi turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 173 PS dengan torsi 220 Nm. Melihat dari spek mesin yang digunakan, jika berbicara soal performa tentu tidak bisa dianggap remeh.
Mobil ini bisa berakselerasi dengan sangat cepat dan juga memiliki kecepatan maksimal yang tinggi. Meski demikian, mobil ini tetap mampu memberikan efisiensi dalam konsumsi bahan bakar yang cukup irit.
Yang pertama tentang akselerasi dan kecepatan maksimum serta kecepatan tertinggi. Meski menggunakan transmisi CVT, ternyata mampu memberikan sensasi berkendara yang sangat kencang dan responsif. Terbukti Honda Civic mampu berakselerasi 0-100 km per jam hanya dalam waktu 8 detik.
Dan kecepatan maksimum yang bisa dicapai Honda Civic juga bukan main-main. Mobil ini mampu melesat hingga kecepatan maksimal 200 km per jam. Kemudian dilakukan pengujian terkait konsumsi bahan bakar. Mobil ini menggunakan transmisi CVT yang dipadukan dengan fitur ECON yang berfungsi untuk menjaga putaran mesin tetap rendah selama mungkin.
Tentunya hal ini sangat menunjang efisiensi penggunaan bahan bakar. Terbukti dari hasil uji efisiensi mobil ini, untuk rute dalam kota bisa mencapai 13 km per liter, sedangkan untuk rute luar kota mencapai 18-20 km per liter. Hasil ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi jalan dan berat beban.
Mesin Honda Civic 2020 | |
---|---|
Tipe Mesin | L15B 4-silinder segaris VTEC Turbo dengan teknologi Drive by Wire |
Kapasitas Silinder | 1.498 cc |
Tenaga Maksimal | 171,5 hp @ 5.500 rpm |
Torsi Maksimal | 220 Nm @ 1.700-5.500 rpm |
Transmisi | CVT dengan Earth Dream Technology |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive |
Baca juga: 7 Kelemahan Honda Civic Turbo, Harga Bekas Menarik Tapi Perhatikan Hal Ini
Sedan Mazda 3 juga mengusung mesin 2.000 cc SkyActive-G, hanya saja sekarang pistonnya sudah dioptimalisasi, intake force dan cooling control juga sudah diubah. Pada generasi sebelumnya performa mesin Mazda 3 sedan mencapai 165 ps dan memiliki torsi 210 Nm.
Kini model terbaru hanya mendapat 153 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 4.000 rpm. Namun, Mazda 3 kali ini justru bisa meminum bensin dengan oktan lebih rendah. Model sebelumnya diharuskan minum RON 95, sedangkan model terbaru ini bisa minum RON 92.
Mesin telah ditingkatkan untuk mengoptimalkan port intake, bentuk piston, injeksi bahan bakar split, dan katup pendingin.Tenaga yang disalurkan ke roda depan, melalui transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6 kecepatan.
Kemudian ada teknologi kontrol dinamis didukung oleh versi terbaru dari fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus), sebagai bagian dari teknologi Skyactiv-Vehicle Dynamics. Dengan fitur ini, distribusi torsi dioptimalkan untuk memberikan traksi terbaik berdasarkan masukan dari pedal gas dan roda kemudi.
Mesin Mazda 3 Sedan | |
---|---|
Tipe Mesin | SkyActiv-G 2.0L 4-silinder segaris DOHC |
Kapasitas Silinder | 1.998 cc |
Tenaga Maksimal | 155 PS/6.000 rpm |
Torsi Maksimal | 200 Nm/4.000 rpm |
Rasio Kompresi | 13.0:1 |
Transmisi | SkyActiv-Drive 6-percepatan otomatis |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive |
Baca juga: Ini Keunggulan Mazda CX-80 dengan Teknologi PHEV
Mengadopsi mesin bensin 2.0 liter SKYACTIV-G, torsi awal sedan dan hatchback ini cukup baik saat dikendarai di jalanan perkotaan yang padat. Distribusi tenaga dan torsi yang disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan juga cukup memadai untuk mendapatkan kecepatan hingga 100 kilometer per jam dalam waktu singkat.
Dengan kecepatan di atas 60 km per jam, pengemudi Mazda 3 sedan masih sangat mudah mengendalikan mobil ini. Meskipun berada di jalan yang berbelok. Secara keseluruhan, kesan berkendara mudah dan nyaman didapat saat mengendarai Mazda3.
Pada model terbaru ini terdapat fitur baru yaitu, MRCC (Mazda Radar Cruise Control). Dengan menggunakan radar gelombang milimeter, kecepatan dan jarak aman mobil dengan kendaraan di depan dapat diukur, dan secara otomatis mengontrol kecepatan kendaraan.
Sistem ini juga dilengkapi dengan teknologi Distance Recognition Support System (DRSS). Dan secara visual menunjukkan jarak dari mobil di depannya untuk menjaga kesadaran pengemudi akan pentingnya keselamatan.
Saat mengemudikan kendaraan ini, pengemudi merasa fitur ini selalu menjadi peringatan karena kondisi jalan yang padat. Padahal, mobil ini bisa otomatis mengerem secara tiba-tiba saat dirasa jarak mobil di depan tidak aman.
Karena belum terbiasa, pengemudi merasa cukup kesulitan untuk mengatur jarak aman yang ditetapkan standar pabrikan agar peringatan tidak selalu berbunyi. Berkat teknologi Skyactiv G terbaru, perangkat ini juga lebih hemat bahan bakar.
Hasil pengujian konsumsi BBM dalam kota masih mampu menghasilkan 11,7 per liter. Jadi, kalau mau lebih irit, aktifkan saja fitur idling stop system. Sedangkan untuk panjang jalan luar kota tanpa hambatan dengan variasi kecepatan hingga maksimal 100 km per jam bisa mencapai 16,5 per liter. Sedangkan pada kecepatan konstan 100 km per jam, Mazda3 mampu mencapai 21,9 per liter.
Konsumsi Bensin | Honda Civic Turbo | Mazda 3 Sedan |
---|---|---|
Pemakaian BBM di Tol | 20 Km/Liter | 16,5 Km/Liter |
Pemakaian BBM Dalam Kota | 13 Km/Liter | 11,7 Km/Liter |
Baca juga: 4 Fakta Menarik CX-30, SUV Kompak Premium Mazda dengan Banyak Keunggulan
Berdasarkan data konsumsi BBM Honda Civic Turbo vs Mazda 3, terbukti Honda lebih efisien dibandingkan Mazda 3, baik dalam penggunaan di jalan tol maupun dalam kota. Pada kondisi tol, Civic Turbo mencatat konsumsi bahan bakar 20 km per liter, sedangkan Mazda 3 hanya mencapai 16,5 km per liter.
Perbedaan ini menunjukkan bahwa mesin turbo pada Civic mampu memberikan efisiensi lebih baik dalam perjalanan jarak jauh. Saat digunakan dalam kota, Civic Turbo kembali unggul dengan konsumsi bahan bakar 13 km per liter, lebih hemat dibandingkan Mazda 3 yang mencatat 11,7 km per liter.
Faktor seperti sistem transmisi, bobot kendaraan, serta teknologi mesin yang digunakan kemungkinan menjadi penyebab utama perbedaan efisiensi ini. Secara keseluruhan, Honda Civic Turbo memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan Mazda 3, baik di jalan tol maupun dalam kondisi lalu lintas perkotaan.
Keunggulan ini menjadikannya pilihan lebih menarik bagi pengendara yang mengutamakan efisiensi bahan bakar. Namun, faktor lain seperti kenyamanan, fitur, dan harga tetap perlu dipertimbangkan sebelum memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.
Saat ini, Honda Civic yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) diseluruh jaringan dealer resmi Honda merupakan Civic gen 11. Adapun model ini cuma hadir dalam satu varian yakni Civic RS, dimana harga Honda Civic Turbo RS tersebut adalah Rp 626,3 juta.
Civic Turbo pakai mesin apa?
Honda Civic Turbo dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder. Dengan tambahan teknologi turbo, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 173 PS dengan torsi 220 Nm.
Dari hasil uji efisiensi mobil ini, untuk rute dalam kota bisa mencapai 13 km per liter, sedangkan untuk rute luar kota mencapai 18-20 km per liter. Hasil ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi jalan dan berat beban.