Perbandingan Konsumsi BBM Honda Accord, Kalah Irit dari Toyota Camry
Yongki Sanjaya · 10 Des, 2023 08:01
0
0
Perbandingan konsumsi BBM Honda Accord 2019 dan Toyota Camry 2019 adalah hal yang menarik untuk diulas.
Ini karena kedua sedan medium tersebut cukup besar peminatnya di Indonesia.
Honda Accord 2019 merupakan generasi kesepuluh dari Accord yang masuk Indonesia bertepatan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019
Untuk segmen sedan medium di Indonesia, Honda Accord mendapat lawan yang sepadan dari Toyota Camry.
Camry juga menjadi salah satu sedan paling terkenal di Indonesia dan pernah menjadi mobil pejabat RI di generasi ketiga.
Ketika pertama kali hadir, Honda hanya menawarkan Accord gen 10 ini dalam satu varian tipe saja, diimpor utuh dari Thailand, harga Honda Accord 2019 saat itu Rp698 juta on the road Jakarta.
Sementara itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyodorkan Toyota Camry dalam 3 varian berbeda, yakni Camry 2.5 V A/T, Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid (HV) A/T.
Adapun harga Toyota Camry saat dirilis awal tahun 2019 berkisar antara Rp 613 jutaan hingga Rp 806 jutaan.
Perbandingan harga (di tahun 2019)
Honda Accord
Toyota Camry
Tipe
Harga
Tipe
Harga
Accord 1.5 T
Rp 698.000.000
G 2.5L
Rp 613.350.000
V 2.5L
Rp 646.650.000
Hybrid
Rp 806.600.000
Dengan harga yang cukup tinggi, Honda punya tugas bersar untuk menggusur popularitas Toyota Camry yang masih sangat tinggi untuk jadi acuan mereka yang mau memiliki sedan berbodi bongsor.
Bahkan sampai saat ini, masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas mengingat harga Camry bekas sudah jauh lebih rendah dibanding harga barunya dulu, serta bervariasi tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.
Wajah All New Accord menampilkan karakter khas Honda dengan Chrome Wing Grille, dilengkapi dengan fitur Active Grill Shutter dan Air Curtain di bumper depan.
Desainnya menampilkan garis atap yang lebih rendah, serta kap mesin yang lebih panjang untuk menghasilkan style yang aerodinamis.
Mobil sedan Honda New Accord generasi ini hadir dengan konsep Absolute Confidence.
Konsep tersebut mencakup tiga karakter utama antara lain Dynamic, Captivating dan Upscale.
Dynamic diartikan sebagai mobil yang memiliki performa dinamis dan menawan, Captivating bermakna teknologi canggih dan atraktif, sedangkan Upscale menandakan kualitas tinggi dan berkelas.
Selain tampilan yang menarik, kenyamanan juga merupakan satu hal yang paling dipertimbangkan kalangan elit saat melirik kedua sedan ini.
Faktor penentunya bisa dari kelapangan kabin dan juga tipe suspensi yang digunakan.
Jadi kini coba kita bandingkan ukuran tubuh dari kedua mid-size sedan tersebut.
Untuk Accord, Honda memahat tubuh mobil ini dengan panjang 4.822 mm, lebarnya 1.906 mm, dan tinggi 1.450 mm.
Sementara Camry punya panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.445 mm catatan ini berarti Camry generasi kedelapan tersebut lebih panjang 35 mm dan lebih lebar 15 mm dari generasi sebelumnya.
Kalau melihat spesifikasi di atas kertas, Camry punya tubuh lebih panjang namun lebih ramping dan lebih pipih dari Accord, adapun wheelbase Camry lebih pendek 5 mm dibanding Accord.
Perbandingan Dimensi
Honda Accord
Toyota Camry
Panjang
4.822 mm
4.885 mm
Lebar
1.906 mm
1.840 mm
Tinggi
1.450 mm
1.445 mm
Jarak sumbu roda
2.830 mm
2.825 mm
Selanjutnya kita bandingkan dari tipe suspensi yang dipakai, untuk Accord, Honda memasang suspensi depan tipe MacPherson Strut dengan Coil Spring, dan suspensi belakang berjenis Multi Link Coil Spring.
Disini Camry bisa lebih unggul, mengingat Toyota sudah memasang suspensi depan jenis MacPherson Strut, dan di belakang pakai suspensi Double Wishbone.
Suspensi double wishbone merupakan suspensi independen yang memiliki tingkat kenyamanan tinggi dibanding sistem suspensi model lainnya, sehingga bisa disimpulkan, kenyamanan berkendara Camry sedikit di atas Accord.
Pakai Turbo, Mesin Honda Accord Lebih Perkasa dari Toyota Camry
Dilihat dari sisi mesin, masing-masing didukung kapasitas yang berbeda, dimana Camry 2.500 cc Naturally Aspirated (N/A) dan New Accord memakai mesin 1.500 cc tapi dapat imbuhan turbo.
Camry tipe G dan tipe V menggunakan mesin bensin 2AR-FE 2.494 cc 4 silinder 16 katup DOHC Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga puncak 184 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 234 Nm di 4.100 rpm.
Walaupun isi silindernya cuma 1.500 atau tepatnya 1.498 cc, namun mesin VTEC Turbo 4 silinder 16 katup lengkap dengan Drive by Wire dari Accord sanggup meletupkan daya maksimum hingga 190 PS di 5.500 rpm serta torsi tertingginya di 260 Nm pada rentang 1.600-5.000 rpm.
Dengan tenaga dan torsi lebih besar tentunya bisa berdampak positif pada kenikmatan gaya berkendara, mengingat kedua sedan ini punya ukuran tubuh yang cukup besar sehingga butuh tenaga yang besar pula.
Punya desain yang sama-sama menarik dan kenyamanan berkendara jempolan, namun, jangan lupakan faktor yang kini menjadi penting, yaitu soal konsumsi BBM karena berdampak langsung pada biaya operasional sehari-hari.
Jika dilihat dari kapasitas mesin, pasti yang terlintas adalah konsumsi BBM Toyota Camry dianggap boros, namun pada kenyataannya, apa benar demikian?
Pada generasi ke-10 ini, New Accord juga mengalami evolusi signifikan dengan memakai mesin 1.5-liter turbo berkode L15B7 menggantikan mesin bensin 2.400 cc N/A sebelumnya.
Untuk catatan rata-rata konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dari Accord bermesin turbo ini berdasarkan hasil pengujian tim kami yaitu 10,8 km/liter untuk pemakaian dalam kota, dan 14,8 km/liter saat pemakaian dengan rute luar kota.
Sokongan teknologi turbo memang terbukti mampu mengail tenaga secara signifikan sejak putaran bawah, hingga ini berdampak tanpa banyak membutuhkan konsumsi bensin.
Meski demikian, dnegan bobot mobil yang cukup berat, dan juga ketiadaan sistem hybrid seperti halnya Camry, catatan konsumsi BBM Honda Accord ini tidak terlalu mengesankan.
Generasi Honda Accord Paling Irit
Honda Accord merupakan mobil bekas bandel, bahkan sampai generasi ke-9 yang memiliki dapur pacu 2.4 liter i-VTEC dan 3.5 liter V-6 teknologi VCM.
Accord memadukan desain yang elegan plus mesin yang bandel, kombinasi ini nampaknya membuat Accord jadi sedan yang cocok dipilih untuk bepergian di dalam maupun luar kota.
Angka konsumsi BBM Accord dari tiap generasi, rata-rata di angka antara 8 km/liter sampai dengan 12 km/liter.
Melihat konsumsi BBM dari tiap generasi Accord, maka Honda Accord Facelift generasi ke-9 lah yang paling irit.
Sedan tersebut mencatatkan konsumsi bahan bakar pada jalur dalam kota yaitu 10,9 km/liter, sementara itu, konsumsi bahan bakar di jalan bebas hambatan didapat angka 16.5 km/liter.
Kini kita bahas soal New Toyota Camry yang menggunakan mesin bensin 2.5-liter 2 AR-FE 4-silinder segaris 2.494 cc, 16 katup, DOHC dengan Dual VVT-I (Variable Valve Timing with Intelligence), EFI (Electronic Fuel Injection).
Dari beberapa ulasan yang sudah menguji sedan ini termasuk pada penggunanya, catatan konsumsi BBM dalam kota Toyota Camry menyentuh 10-11 km/liter sedangkan untuk konsumsi luar kotanya, Camry bisa mendapat 12-13 km untuk setiap liter bensinnya.
Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan kendaraan ramah lingkungan, Toyota merilis Toyota Camry Hybrid.
Sedan ini punya mesin bertenaga besar namun konsumsi BBM sangat irit.
Pada varian 2.5 HV, Camry menggunakan kapasitas mesin 2.487 cc dengan kode A25A-FXS yang bisa memproduksi daya maksimum hingga 178 PS pada 5.700 rpm serta torsi puncak sebesar 220 Nm di 3.600-5.200 rpm.
Kemudian mesin bensin ini dibantu juga dengan torsi motor listrik sebesar 202 Nm.
Dikombinasikan gearbox berteknologi E-CVT, berbeda dengan Camry tipe G dan V yang pakai transmisi 6 percepatan otomatis sekuensial, konsumsi BBM Toyota Camry Hybrid berdasarkan pengujian kalangan media nasional mencapai 24 km/liter.
All New Camry Hybrid bisa irit berkat dukungan motor listrik yang bekerja secara bergantian dengan mesin bensin. Motor listriknya bisa mengatur penggunaan mesin bensin dan motor listrik, juga mampu menyimpan energi yang terbuang.
Sisa energi kinetik saat deselerasi kemudian disimpan menjadi daya listrik yang terdapat dalam baterai sedan mewah ini. Energi listrik bekerja saat kecepatan rendah dan akselerasi awal supaya lebih hemat BBM.
Melihat fakta dan hasil dari beberapa pengujian, konsumsi BBM Honda Accord 2019 generasi ke-10 sebenarnya irit tapi masih kalah efisien dari mobil Toyota Camry yang menjadi rivalnya.
Sebab, mobil Honda Accord tidak punya varian hybrid yang menekan konsumsi BBM secara signifikan.
Namun sejak Accord generasi ke-11, PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan Accord RS e:HEV yang pakai mesin 2.0L hybrid.
Rasanya konsumsi BBM Honda Accord Hybrid akan lebih mengesankan dibanding varian mesin 1.5-liter Turbo.
Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget.
FB:Yongki Sanjaya Putra