Lantas mengapa hal tersebut dilakukan pada Honda Accord generasi ke-11?
Menanggapi hal tersebut, Business Innovation & Sales and Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, hal ini dilakukan tak lepas dari status Accord yang merupakan flagship sedan Honda sejak tahun 1978.
"Jadi, dulu (Honda Accord) arah elegan, sekarang sporty, ada DNA Honda disitu," ungkap Billy saat peluncuran Honda Accord RS Hybrid di Jakarta, Kamis (8/12/2023).
Dia juga menyebutkan, Honda telah melakukan studi kepada para konsumen Accord, dimana hasil yang didapat, banyak pemilik mobil tersebut menginginkan sebuah mobil canggih dan sporty.
Tanpa pikir panjang, karena ini bagian dari produk Honda global, Accord yang sudah dikenal canggih, disematkan teknologi hybrid, dan juga dibuat lebih sport dengan adanya logo RS untuk konsumen di Tanah Air.
Selain itu, dengan status Honda Accord yang mewah nan sporty saat ini, setidaknya mobil yang ditargetkan penjualan sebanyak 30 unit tersebut, juga diharapkan mampu menarik hati konsumen yang kerap mengemudi sendiri menggunakan mobil Eropa.
Dalam kerangka di situ resmi Honda, sebelum muncul logo RS, mobil-mobil HOnda dikenal dengan karakter tampilan dan performa yang sporty, didukung DNA dan sejarah panjang dalam dunia balap yang juga mempengaruhi pengembangan produk-produk komersialnya.
Adapun nama RS sendiri bukan sekedar Sport atau Sport, melainkan Road Sailing yang merupakan salah satu varian dari Sports Grade Direction untuk produk Honda yang mengutamakan pengalaman Everyday Sport, namun tetap menyenangkan.
Dalam Honda Sport Grade Direction tersebut, selain varian RS juga dikenal varian lain seperti varian Si (Sport Injection) yang merupakan All-around Sport dengan performa sporty yang lebih tinggi, seperti Type R yang mengusung konsep Pure Sport dengan performa racing yang teruji di lintasan balap.
Adapun varian RS pertama kali sejatinya diterapkan Honda global pada Honda Civic generasi pertama.
Model ini dirilis sebagai varian eksklusif, yang hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit dalam periode 1974 sampai dengan 1975.
Sementara saat ini terdapat sembilan model secara global yang memiliki varian RS, yaitu Jazz/Fit (mulai tahun 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020) dan City (2020).
Sedangkan untuk pasar Indonesia, varian RS dilakukan pertama pada Honda Jazz generasi kedua pada tahun 2008.
Lalu pada tahun 2014, Honda kembali menambahkan varian RS pada Honda Mobilio dan diikuti Brio RS yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016.
Melengkapi keluarga RS pada segmen hatchback, pada 6 Februari 2020, HPM memberikan emblem RS pada New Honda Civic Hatchback bagi para konsumen loyal Honda yang menginginkan tampilan yang lebih sporty dan stylish.
Adapun varian RS sengaja ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan fungsional dari sebuah mobil, tetapi juga gaya tampilan yang lebih mewakili gaya hidup konsumennya serta performa yang mendukung beragam aktivitas.
Untuk itu, varian RS menjadi grade teratas untuk beberapa model dengan menghadirkan bukan hanya tampilan yang lebih sporty, tetapi juga fitur dan teknologi yang lebih lengkap dari grade lainnya.
Perlu diketahui, seluruh jajaran mobil Honda yang membenamkan embel-embel RS terdapat penambahan aero kit dan desain eksklusif pada eksterior maupun interior.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.