All New Ford Ranger 2022 Mendebut, Lebih Ganteng dari Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton
Prasetyo · 24 Nov, 2021 20:05
0
0
Ford Ranger 2022 akhirnya secara resmi diluncurkan di Thailand. Generasi terbaru Ford Ranger ini menawarkan estetika eksterior yang makin maskulin namun memiliki interior premium. Racikan ini dipercaya akan mejadikan Ranger sebagai pick up terbaik di kelasnya.
"Kami menata ulang Ranger dengan mencoba memahami dan menafsirkan bagaimana yang diharapkan pelanggan kami untuk sebuah pick up. Kami tidak hanya membuat truk yang bagus tapi ingin membuat yang luar biasa dan menginspirasi setiap kali mereka melihat Ranger," kata Max Tran, Chied Designer Ford Ranger melalui keterangan tertulisnya.
Demi Bangun Ranger Terbaru, Ford Rela Diskusi dengan Pelanggannya
Apa yang dikatakan Tran ternyata bukan sekedar gimmick. Ia bersama timnya tercatat sudah menghabiskan ratusan jam untuk berkeliling beberapa negara. Mulai dari Thailand, Australia, Amerika Selatan, Eropa, Cina, Arab Saudi, dan Amerika Utara. Tujuannya untuk mengeksplorasi seperti apa kebiasaan para pengguna pick up memperlakukan kendaraannya setiap hari.
Tim Tran bahkan melakukan lebih dari 5.000 wawancara dan membuat lebih dari 1.800 halaman untuk catatan sebagai bahan referensi. Hal ini kemudian menjadi masukan bagi tim pengembangan Ford Ranger 2022 untuk membuat pick up yang memiliki fitur dan kemampuan sesuai harapan para pemakainya.
"Kami melihat dan memperhatikan para pemilik menggunakan truck pick up mereka, baik untuk bekerja, berpergian bersama keluarga, atau bermain di lintasan. Ini menginspirasi beberapa ide fantastis yang membantu keputusan tim desain dan pengembangan kami," ujar Tran.
Desain Ford Ranger Baru Semuanya Punya Fungsi Khusus
Karena sudah mengalami proses penelitian mendalam, maka hampir seluruh desain Ford Ranger 2022 dibuat dengan fungsi khusus. "Satu contohnya side step kotak terintegrasi yang ketika kami melihat banyak pelanggan kesulitan menjangkau bagian sisi truk. Yang lainnya bahkan harus berdiri di atas ban belakang atau bemper," kata Tran. Ia pun menyebut desain eksterior ini sebagai Built Ford Tough.
Selanjutnya Ford juga membuat area kargo yang lebih luas dan memiliki akses yang lebih mudah untuk menggapainya. Sedangkan untuk parasnya, Tran ingin Ranger menguatkan diri sebagai saudara kandung Ford F-150. Karena itulah desainnya meniru wajah ikonik pick up tersebut sehingga diharapkan bisa diterima di seluruh dunia.
Meskipun tampak tangguh dari luar, namun Ford Ranger terbaru memiliki interior yang terasa premium. Para desainer sepertinya mengkombinasikan antara ruang kokpit yang stylish, serba guna, tetap lapang, dan syarat akan teknologi yang user friendly.
Sebagian besar materialnya sudah pakai soft touch. Sementara dasbor didominasi monitor layar sentuh 12 inci yang terpasang kokoh di bagian tengah. Posisinya tegak yang menurut para pelanggan ini sangat baik ketika melakukan fitur navigasi sementara bagian bawah layar masih menyisakan ruang untuk menu lain.
Desain kursi juga telah didesian ulang dengan menambahkan sisipan busa pada bagian tepinya. Teknik ini sukses meningkatkan kenyamanan penumpang sekaligus visualisasi yang lebih baik. Jok bari kedua bisa dilipat rata, namun penumpang belakang tetap mendpaatkan kisi-kisi AC da pemanas dari konsol tengah.
Tersedia dalam Beberapa Pilihan Mesin Diesel Turbo
Ford menyediakan beberapa pilihan mesin untuk Ranger terbaru. Mulai dari mesin 3.0-liter V6 Turbodiesel, lalu ada mesin 2.0-liter Turbo, dan mesin 2.0-liter Bi-Turbo.
Semua mesin ini menggunakan transmisi manual dan ada yang pakai gearbox otomatis 10 percepatan. Uniknya Ford kini memakai shift-by-wire e-shifter pada gearbox transmisi otomatisnya.
Ford Ranger Bisa Comeback ke Indonesia
Meskipun PT Ford Motor Indonesia (FMI) sudah lama hengkang dari Tanah Air, namun ada wacana beberapa pihak mendatangkan Ford Ranger. Ini lantaran peminat pick up double cabin asal Amerika itu masih sangat tinggi.
Bahkan Ford Ranger Raptor 2021 juga kabarnya akan masuk ke Indonesia. Jika ini sukses maka bukan hal mustahil kalau Ford Ranger 2022 juga kembali tiba di Nusantara.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.