Tahun 2020 mengawali kemunculan dua model SUV 7-seater terbaru di Indonesia. Harga Peugeot 5008 2020 dimulai dari Rp695 jutaan bersanding dengan harga Mazda CX-8 yang dibanderol Rp664 jutaan. Keduanya memiliki rasa berkendara yang jauh berbeda.
Mesin Peugeot 5008 dan Mazda CX-8
Meskipun mendapatkan trim terbaru pada 2020, namun SUV Peugeot 5008 terbaru hadir tanpa perubahan pada mesin. Ada 1.5T THP bertenaga turbo dengan daya mencapai 167 PS dan torsi maksimal 240 Nm disandingkan transmisi 6-percepatan otomatis.
Sedangkan Mazda 2.5L mengandalkan teknologi AkyActiv-G dengan keluaran tenaga 190 PS dan torsi puncak 252 Nm. Perpindahannya gigi terbilang mulus menggunakan teknologi SkyActiv-Drive 6-percepatan otomatis khas model Mazda di Indonesia.
Model
|
Peugeot 5008
|
Mazda CX-8
|
Tipe Mesin
|
Peugeot EP6FDTM 1.5T THP turbo
|
SkyActiv-G 2.5 4-silinder segaris DOHC
|
Kapasitas Silinder
|
1.598 cc
|
2.488 cc
|
Tenaga Maksimal
|
167 PS/5.800 rpm
|
190 PS/6.000 rpm
|
Torsi Maksimal
|
240 Nm/1.400 rpm
|
252 Nm/4.000 rpm
|
Bore x Stroke
|
84.5 mm x 85.8 mm
|
89.0 mm x 100.0 mm
|
Transmisi
|
6-percepatan otomatis
|
SkyActiv-Drive 6-percepatan otomatis
|
Sistem Penggerak
|
Front-wheel drive
|
Front-wheel drive
|
Rasa berkendara Peugeot 5008 dan Mazda CX-8
Pengguna Peugeot 5008 terbaru akan mendapatkan rasa berkendara yang agresif dan mampu beradaptasi hingga jalanan off-road. Mesin yang bertenaga didukung torsi yang cukup besar untuk sekelas mobil perkotaan.
Apalagi ditambah fitur Advanced Grip Control yang membuatnya menaklukkan berbagai medan dengan mudah.Sistem ini tidak hanya memberikan kenyamanan ketika berkendara di jalanan perkotaan, tetapi ketika menghadapi jalanan bergelombang.
Tenaga dan handling yang mengesankan khas model Peugeot membuat mobil ini patut dicoba bagi yang menginginkan pengendaraan yang nyaman. Keunggulan lainnya termasuk teknologi yang diberikan, dantaranya Park Assist yang membantu ketika akan memarkirkan mobil.
Tapi jika dibandingkan dengan sekelas mobil Mazda, CX-8 menawarkan rasa berkendara yang khas dari pabrikan mobil premium asal Jepang ini. Meskipun bodinya bisa dibilang bongsor, tapi mesin bertenaga didukung torsi yang cukup besar, bahkan lebih besar dari 5008.
Kenyamanan berkendara yang ditawarkan CX-8 terasa dari posisi berkendara yang bisa diatur sesuai keingingan dan ruang kabin yang ergonomis. Perpindahan transmisi yang halus dan suspensi yang empuk berdampak pada pengendaraan yang menyenangkan sepanjang perjalanan.
Fitur tambahan seperti sistem pengereman ABS+EBD+BA atau Dynamic Stability Control (DSC) membantu pengendaraan di jalanan. Sedangkan fitur G-Vectoring Control (GVC) menghadirkan kemudahan ketika berbelok sehingga menjadi lebih stabil.
Kesimpulan
Sebagai SUV perkotaan, ada Mazda CX-8 yang bisa memberikan kenyamanan dan fun-to-drive khas Mazda. Tapi bagi yang membutuhkan mesin berperforma dan kemampuan untuk berkendara di medan off-road, Peugeot 5008 lebih cocok sebagai alternatif SUV keluarga nan sporty.