window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi

Yongki Sanjaya · 1 Nov, 2021 13:00

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi 01

Mobil dengan transmisi manual begitu mengandalkan bagian kopling untuk perpindahan gigi. Kalau kopling bermasalah, entah itu sistem hidrolik bocor atau mungkin sudah cukup aus, membuat proses perpindahan gigi kurang nyaman. Untuk itu, kalian yang masih awam perlu tahu ciri kampas mobil yang sudah aus.

Fungsi utama dari kampas kopling mobil adalah untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari sektor mesin ke bagian transmisinya. Saat proses distribusi tenaga ini, pedal kopling kadang perlu ditahan sedikit untuk menyeimbangkan dengan putaran mesin. Saat proses ini terjadi gesekan pada kampas kopling, sehingga lama kelamaan membuat kampas jadi aus karena pemakaian.

Itulah mengapa, kampas kopling juga berguna untuk meredam hentakan dan getaran yang biasanya timbul saat proses distribusi tenaga. Pada kopling juga memiliki beberapa beberapa komponen pendukung didalamnya seperti komponen torsion dumper dan cushion plate. Dengan komponen tersebut, maka kampas kopling dapat bekerja dengan sangat baik dan tidak terlalu menghentak.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi 01

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika kendaraan roda empat dengan transmisi manual tidak bisa lepas dari kopling. Pasalnya, kehadiran kopling sangat penting untuk perpindahan transmisi mobil supaya bisa dijalankan sebagaimana layaknya. 

Agar kondisi mobil tetap prima, alangkah baiknya jika anda sebagai pemiliknya untuk selalu memperhatikannya. Bila kondisi kampas telah aus, segeralah untuk menggantinya di bengkel.

Lantas, apa saja ciri kampas kopling mobil mulai aus? Berikut ini penjelasannya. 

Tanda Kampas Kopling Mobil Aus Parah dan Harus Ganti

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi 02

Kampas kopling lama kelamaan akan aus dan habis karena pemakaian. Bila sudah begini, maka kamu harus segera mengganti dengan kampas baru. 

Ciri kampas kopling mobil yang sudah habis bisa terlihat atau terdeteksi dari bagian pedal koplingnya. Ketika kampas kopling sudah habis atau aus, maka posisi pedal kopling akan nampak lebih tinggi dan hal ini akan membuat jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek. Posisi pedal kopling yang 'ngangkat' ini biasanya terjadi secara tiba-tiba atau mendadak.

Seiring berjalannya waktu, kondisi kampas akan semakin menipis.  Indikasi dari kampas kopling aus yang bisa kita rasakan yaitu jarak injak pedal lebih pendek dari biasanya. 

Saat pedal diinjak dan gigi dimasukkan, kendaraan akan berjalan di jarak kopling tertentu. Nah ini bisa kita rasakan, misal pedal kopling biasanya dibuka seperempat sudah jalan, ini hampir setengah.

Putaran Mesin Menjadi Tinggi Saat Lepas Kopling

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi 03

Keadaan putaran mesin yang tinggi ini lazimnya dipicu oleh lemahnya akselerasi kendaraan. Hal ini disebabkan permukaan kampas yang mulai menipis atau aus. Untuk mendapat tenaga yang cukup, kita lantas menambah gas karena permukaan kampasnya sudah tipis. 

Kalau mendapati hal tersebut saat berkendara normal, menjadi ciri-ciri kampas kopling mobil sudah hampir habis. Putaran engine yang lebih tinggi ini, dapat menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis. Jika mesin cepat panas, maka anda bisa segera mengganti kampas kopling mobilnya.

Ciri lain yang bisa dirasakan dengan gampang yaitu akselerasi mobil yang semakin menurun. Ketika kampas kopling aus semakin parah, maka tenaga yang dihasilkan dari putaran mesin tidak akan tersalurkan dengan baik melalui transmisi. Pada saat menginjak pedal gas, maka kecepatan mobil tidak akan segera bertambah dan mesin akan mengeluarkan bunyi yang meraung atau berdecit.

Muncul Bau Gosong, Pertanda Kampas Rem Aus Parah 

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi 04

Tidak jarang, kita mencium aroma gosong saat melewati jalanan dengan tanjakan panjang. Nah, aroma gosong ini merupakan pertanda dari kampas rem yang sudah aus parah. Bau gosong ini adalah efek kampas yang terbakar karena terus menerus bergesekan. 

Bau ini berasal dari kampas kopling yang bergesekan dengan flywheel. Gesekan yang terjadi ini membuat temperatur meningkat dan menimbulkan bau terbakar saat selip.

Ini terjadi karena banyak pengemudi yang gantung kopling supaya dapat torsi yang pas untuk menanjak. Alhasil, kampas kopling pun jadi korbannya karena cepat aus. 

Perpindahan Persneling yang Lebih Berat

Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi 05

Jika Anda merasakan perpindahan tuas persneling mobil yang berat, maka hal ini menjadi salah satu pertanda bahwa kampas kopling alami kerusakan. Biasanya tuas persneling akan menjadi kaku dan keras. Tuas persneling gigi yang kaku ini biasanya terjadi akibat engine transmisi gigi mobil yang berputar secara terus menerus. 

Dalam kondisi yang normal, maka perpindahan tuas persneling bisa dilakukan dengan gampang. Anda pun akan kesulitan menggeser tuas persneling karena keras dan kaku. Cara mengatasinya tak lain adalah dengan memasangkan kampas kopling yang baru. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil