BMW E30 318i milik keluarga BMW Seri 3. Saat perdana mobil ini masuk ke pasar otomotif Indonesia, sebenarnya adalah generasi kedua berupa sedan dengan empat pintu. Sedangkan untuk versi coupe BMW E30 318i tidak masuk ke Indonesia, meski ada sejumlah unit yang beredar di pasaran.
Dengan angka produksi yang hampir mencapai 2,5 juta unit di seluruh dunia, E30 telah bertahan di pasar dengan banyak suku cadang aftermarket dan basis penggemar di mana-mana.
Data BMW E30 318i
Data BMW E30 318i | ||
---|---|---|
Kapasitas tempat duduk | 4 orang | |
Kapasitas mesin | 1.800cc M10 / M40 | |
Akselerasi dan Kecepatan Teratas | 0-100 km / jam: 11-14 detik | |
Kecepatan tertinggi | 175-180 km / jam | |
Konsumsi bahan bakar |
BMW E30 M10 sekitar 8 km / liter BMW E30 M40 sekitar 9 km / liter |
BMW E30 ditawarkan secara global dalam pilihan mesin coupe, sedan, cabriolet dan 4 silinder dan 6 silinder bahkan dalam versi penggerak semua roda (AWD). BMW M3 pertama kali diluncurkan pada platform E30. Sedangkan BMW 325iX merupakan 3-Series pertama yang menggunakan sistem penggerak semua roda.
Model awal E30 318i yang diperkenalkan ke Indonesia mengusung mesin M10, sedangkan model facelift yang hadir tahun 1989 mengusung kode mesin M40.
E30 hampir tidak mengalami perubahan gaya dan mekanik hingga generasinya digantikan oleh E36 pada tahun 1994. Selama lebih dari satu dekade siklus produksinya, mobil ini dipromosikan oleh BMW sebagai jawaban atas keinginan masyarakat yang menginginkan mobil dengan karakter mobil sport. dan sedan penumpang menjadi satu.
Spesifikasi dan Performa Mesin BMW E30 318i
Di Indonesia, mobil BMW E30 ini dibekali mesin 1.800 cc 4 silinder dengan sistem injeksi L Jetronic (M10) dan Motronic (M40). Penggerak roda depan, mesin M10 menyemburkan 105 tenaga kuda dan torsi 140 Nm sedangkan M40 menyemburkan 115 tenaga kuda dan torsi 165 Nm.
Pada zamannya, mesinnya cukup kencang dan istimewa. Mesin BMW E30 318i juga dikenal kehandalannya, tapi itu hanya jika mesinnya dirawat secara rutin.
Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5 kecepatan atau transmisi otomatis 3 kecepatan. Suspensi bersifat independen dengan rem cakram di keempat rodanya. Mesin M40 memiliki catatan akselerasi yang mengesankan dari 0-100 km / jam hanya dalam 11 detik. Jika mobil dalam keadaan sehat, menginjak gas hingga 180 km / jam pun bukan perkara sulit.
BMW E30 benar-benar mobil yang menyenangkan untuk dikendarai. Suspensinya cukup kuat untuk menahan mobil dalam guncangan keras, tetapi juga cukup empuk untuk membuat mobil terasa nyaman dalam perjalanan jauh.
Konsumsi Bahan Bakar BMW E30 318i
Konsumsi bensin untuk BMW E30 318i pada dasarnya tergolong rata-rata. Artinya tidak terlalu boros dan juga tidak bisa dibilang irit. Dengan rekor 8-9 km / liter, pada masanya mobil ini tergolong irit, apalagi ditunjang performa yang impresif.
Selama mesin BMW E30 318i masih standar dan tidak banyak menggunakan komponen aftermarket seperti knalpot atau velg racing, maka penggunaan bensin BMW E30 318i tidak akan jauh dari rata-rata yang tertulis di atas.
Handling dan Kualitas Mengemudi BMW E30 318i
BMW E30 318i adalah untuk mereka yang mencari mobil yang murah, menyenangkan, mudah diperbaiki dan berpenggerak roda belakang. Transmisinya responsif dan didukung power steering yang ringan.
Profil mobil yang rendah membuat pengemudi harus berhati-hati saat melewati gundukan jalan raya karena posisi mesin dan tangki oli cukup dekat dengan permukaan tanah. Hal ini membuat Anda yang ingin memodifikasi mobil menjadi lebih “ceper” harus lebih waspada .
Penggerak roda belakang, handling mobil terbilang istimewa. BMW E30 dikenal sebagai mobil yang fokus pada berkendara dengan menawarkan kualitas berkendara yang baik.
Fitur BMW E30 318i
Fitur BMW E30 sudah standar, mulai dari AC, Power Steering, Power Windows, audio dan lainnya. Sedangkan untuk fitur ABS, model jok semi bucket dan lapisan kulit baru hadir pada BMW E30 terbaru.
Kenyamanan BMW E30 318i
Sebagai mobil mewah pada zamannya, BMW E30 tentunya merupakan mobil yang nyaman. Nama besar BMW di kelas mewah memang tidak bisa dipungkiri meski pada akhirnya BMW E30 lebih identik dengan performa dan bukan kenyamanan atau kemewahan.
Strategi pemasaran mobil ini pada zamannya lebih cenderung untuk kaum muda. Ciri-ciri kabin juga lebih difokuskan pada pengemudi dengan bentuk dashboard yang mengarah ke pengemudi, termasuk arah lubang AC, speedometer dan lain-lain.
Interior BMW E30 318i
BMW E30 tergolong mobil yang praktis, sehingga menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang mencari mobil yang dapat mengangkut orang sekaligus mendapatkan performa yang baik.
Bahan interior BMW E30 318i yang tersemat dalam mobil pada umumnya tahan lama. Tapi kualitas terbaiknya akan bisa dikatakan luar biasa awet karena mobil BMW E30 318i tersebut sebenarnya telah melewati lebih dari dua dekade.
BMW E30 dapat membawa empat orang dewasa dengan nyaman dan ruang kabin yang luas serta ruang bagasi yang cukup.
Eksterior BMW E30 318i
BMW E30 pada masanya sangat penting bagi BMW. Mobil ini menetapkan persepsi publik tentang apa yang dimaksud dengan BMW.
Ini adalah mobil luar biasa dengan desain yang tak lekang oleh waktu. Gaya BMW E30 bahkan bisa dikatakan tampil segar meski untuk era modern saat ini.
Gaya bodi kotak dengan empat lampu bundar khas BMW tak akan pernah mati. Kalaupun bosan dengan wajahnya, ada banyak parts aftermarket yang bisa mengelabui penampilannya menjadi lebih modern.
Beberapa varian BMW E30 awal mengadopsi bumper depan logam yang kokoh, sedangkan model terakhir mengadopsi bahan bumper plastik yang lebih ringan dan secara umum berwarna bodi.
Versi bumper logam umumnya memiliki spatbor belakang melengkung lebih tinggi yang memungkinkan pemasangan roda dan ban lebih besar.
Namun, bagi sebagian orang, spatbor yang lebih tinggi ini terlihat kurang menarik. Di bagian belakang, beberapa versi memiliki spoiler yang membuat tampilan mobil semakin sporty.
Keamanan BMW E30 318i
BMW E30 yang beredar di Indonesia dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup baik seperti sabuk pengaman untuk semua jok, rem cakram di keempat rodanya. Teknologi pengereman ABS hadir pada BMW E30 318i versi atau lansiran terakhir.
Keunggulan BMW E30
- Kuat dan cepat
- Kecepatan tertinggi
- Populer di zamannya
- Fokus pada pengemudi
- Hemat BBM
- Desain abadi dan eye catching
- Perawatan mesin murah
- Sparepart mudah dicari
Kekurangan BMW E30
- Ruang kabin belakang kurang nyaman
- Fitur mobil tergolong minim
- Sulit untuk membuatnya rata karena ground clearance standar mobil rendah
- Doortrim jika rusak mahal dan sulit ditemukan
Kesimpulan dan Skor Penilaian BMW E30 318i
Skor Penilaian BMW E30 318i | ||
---|---|---|
Eksterior | 8 | |
Interior | 8 | |
Performa Mesin | 6 | |
Impresi Berkendara | 9 | |
Fitur | 5 | |
Kenyamanan | 7 | |
Keamanan | 6 |