Velg Toyota Innova Zenix V Lebih Besar dari G Hybrid
Membawa konsep “Glamorous and Tough”, Innova Zenix hadir dengan kesan tangguh dan mewah dari segala aspek yang ditampilkan.
Secara tampilan eksterior baik varian V maupun G Hybrid, keduanya terlihat sama .
Pada fascia kedua varian disematkan grill trapezoidal dengan list krom di bawah.
Sistem pencahayaan keduanya menganut teknologi LED dengan bentuk pipih dan menyudut.
Hanya saja headlamp tipe G Hybrid tidak mendapatkan aksen krom di dalam sehingga secara penampilan tampak lebih sederhana.
Lainnya pun masih terlihat sama baik itu tampilan bumper dan kisi-kisi nya, serta tidak adanya DRL LED maupun foglamp.
Melihat bagian sisi samping, keduanya juga terlihat sama yang mana tidak ada side moulding atau aksesoris lainnya.
Hanya saja tipe G Hybrid diaplikasikan velg 16 inci dengan bentuk kipas, sedangkan varian V menggunakan velg 17 inci multi-spoke model palang rapat yang membuatnya tampil lebih proper.
Di bagian belakang, Innova Zenix V dan G Hybird secara tampilan masih terlihat sama.
Dimana keduanya mendapatkan spoiler dengan high mount stoplamp, list krom membentang di bawah kaca, serta tambahan cover pada bumpernya yang dilabur warna hitam doff.
Namun tipe V mendapatkan emblem ‘V’ di sebelah kanan, sedangkan tipe G tampil polos namun terdapat logo HYBRID sebagai identitas.
Tipe V Dilengkapi Material Soft Pad
Beranjak melihat nuansa kabin keduanya, baik tipe V maupun G Hybrid dipadukan warna coklat dan hitam yang terasa begitu nyaman dan prestisius.
Sekilas terlihat sama, tipe V dipadukan material soft pad di beberapa bagiannya yang menampilkan kesan lebih nyaman sekaligus mewah.
Selain itu, joknya tipe V menggunakan corak berbeda, tidak seperti varian G yang terlihat polos.
Terlihat mewah sekaligus menyuguhkan rasa berkendara yang lebih rileks, tipe V juga sudah dilengkapi illumination light instrument panel baik itu pada dashboard dan plafonnya.
Selain fitur soft pad, corak jok, serta illumination light, perbedaan lainnya untuk keduanya juga terlihat dari sistem hiburannya.
Dimana tipe V telah disematkan head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang mendukung format smartphone connectivity serta NFC untuk mengecek jumlah saldo pada kartu elektronik.
Untuk panel instrumentnya, Innova Zenix V menggunakan layar MID berukuran 4,2 inci yang dikombinasikan tachometer serta odometer berpenampilan analog.
Guna memberikan kenyamanan secara lebih pada penumpang baris keduanya, tipe V berhasil dilengkapi dual Rear Seat Entertaiment (RSE) di balik sandaran pengemudi dan penumpang depan, yang dapat dikendalikan secara terpisah.
Lantas bagaimana dengan varian G Hybrid? Seperti diketahui varian ini disematkan head unit layar sentuh dengan ukuran sedikit lebih kecil, yakni 9 inci.
Meski ukurannya lebih kecil, untuk sistem hiburannya tak kalah canggih dengan dilengkapinya smartphone connection.
Dan menariknya tipe ini untuk panel instrumentnya sudah memakai layar TFT 7 inci yang terlihat lebih informatif sekaligus juga modern.
Meski begitu keduanya berhasil dilengkapi AC double blower rata plafon dengan pengaturan digital di belakang consol tengahnya.
Untuk jok baris ketiganya terasa luas dengan pelipatan jok ke depan rata lantai.
Pada lantai kabin di belakang jok baris ketiganya, terdapat tambahan laci penyimpanan barang dengan cover penutup yang terasa ringkas.
Fitur Keselamatan Keduanya Berbeda
Toyota Innova Zenix V dan G Hybrid untuk keselamatan berkendara mendapatkan ABS, EBD, BA dan rem cakram di semua roda.
Ada juga Electric Parking Brake (EPB) dan Brake Hold (BH) serta sensor parkir.
Bicara sensor parkir, tipe V mendapat tambahan lagi di bagian depan yang tentunya dapat memberikan kemudahan setiap pengguna.
Fitur lainnya yang ada pada keduanya seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) serta kamera parkir.
Sebagai bentuk keamanan dari tindak pencurian, Tipe V dan G Hybrid didukung dengan fitur start /stop engine dengan smart entry, immobilizer dan alarm.
Oh iya, Ada pula fitur Vehicle Approach Notice pada tipe G Hybrid yang memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan lain atau pejalan kaki mendekati titik tertentu kendaraan.
Keduanya Gunakan Mesin 2.000 Cc dengan Spesifikasi Berbeda
Seperti diketahui Toyota Innova Zenix disematkan mesin baru 2.0L bensin dan 2.0L hybrid.
Pada varian V, mobil ini dibekali mesin bensin berkodekan M20A-FKS Dynamic Force Engine berkapasitas 1.987 cc 4 silinder segaris Dual VVT-i D-4S System.
Di atas kertas jantung pacunya mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm.
Bicara varian G hybrid-nya mobil ini dibenamkan mesin M20A-FXS 4 silinder segaris Dual VVT-i berkapasitas 1.987 cc dengan siklus Atkinson yang sanggup meletupkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.
Mesinnya dipadukan menggunakan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm.
Untuk menggerakan motor listriknya, mobil ini disambungkan dengan baterai jenis Ni-MH (nickel–metal hydride) berkapasitas 1,31 kWh yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan.
Menyoal gearbox yang digunakan, varian non hybrid dikendalikan dengan transmisi CVT, sedangkan versi hybrid dipadukan transmisi e-CVT.
Berkat penggunaan mesin baru, teknologi hybrid, transmisi CVT dengan penggerak FWD, mobil ini terasa lebih halus, hemat BBM dan responsif berkat adanya Mode Sequential Shiftmatic 10-speed.
Oh iya, untuk tipe V varian ini hanya dilengkapi mode berkendara Eco, Normal, dan Power, sedangkan G hybrid mendapat tambahan mode EV (Electric Vehicle).
Konsumsi BBM G Hybrid Lebih Irit
Berbekal teknology Hybrid, Toyota mengkalim bahwa untuk konsumsi BBM Innova Zenix G Hybrid mampu menggerakan mobil sejauh 21 km/liter.
Sedangkan varian V non hybrid, konsumsi bahan bakarnya sanggup menempuh jarak 15 km/liter.
Kesimpulan
Harga baru hanya selisih Rp2 juta, Toyota Innova Zenix V non hybrid memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan G Hybrid baik itu fitur unggulan maupun keselamatan.
Selain itu juga secara tampilan varian V juga lebih mewah jika kalian memperhatikannya secara detail.
Dari segi jantung pacu keduanya juga memiliki tenaga dan torsi yang berbeda, dimana varian hybrid dipadukan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga dan torsi tersendiri.
Dengan teknologi hybrid yang digunakan, varian G Hybrid untuk konsumsi BBM-nya diklaim tembus 21 km/liter sedangkan varian non hybrid di angka 15 km/liter.
Selisih Rp2 juta, jika kalian menginginkan fitur lengkap dengan tampilan lebih mewah varian V non hybrid sangat menarik untuk dimiliki.
Namun apabila mengincar konsumsi bahan bakar lebih irit, menjatuhkan pilihan pada varian G Hybrid merupakan keputusan yang tepat.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.