Kijang Innova Zenix resmi meluncur di awal pekan ini, dan sosoknya pun cukup fenomenal. Kijang bukan lagi mobil keluarga murah, karena Innova Zenix 2.0 V CVT sebagai tipe tertinggi bermesin bensin konvensional dihargai Rp497.000.000
Harga yang segitu mahal ternyata tidak dikompensasi dengan beberapa fitur dan teknologi canggih. Sebut saja panoramic sunroof, teknologi TSS, hingga mesin hybrid. Lebih lanjut, Kijang Innova Zenix juga telah berevolusi menjadi MPV berpenggerak roda depan.
Baca juga:
Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur
Detail Spesifikasi Toyota Kijang Innova Hybrid, Pakai Mesin Voxy?
Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Wuling Cortez, Fitur MPV 'Premium' Harga Low MPV
Kamu yang butuh mobil keluarga dengan fitur serupa, masih ada kok alternatif yang harganya jauh lebih ekonomis. Wuling Cortez 1.5 Turbo dijual 'hanya' Rp311,65 juta, alias nyaris separuh dari Innova Zenix tipe 2.0 V.
Lantas, apa saja hal menarik dari MPV China ini supaya levelnya mengimbangi Kijang yang melegenda? Mari kita bahas lebih mendalam.
Fitur di Wuling Cortez, Mewah dan Lengkap di Harga Rp300 Jutaan
Wuling Motors menjadi brand yang bisa menghadirkan kendaraan murah tapi fiturnya cukup melimpah. Tak berlebihan menyebut istilah tersebut, karena Wuling Cortez fiturnya tak seperti mobil Rp300 jutaan.
Dalam review unit yang kami lakukan beberapa waktu lalu, Cortez ini menjadi paket komplit untuk sebuah mobil keluarga. Kabin luas, fitur lengkap, dan performa cukup, dipadu dengan ayunan suspensi yang empuk.
New Wuling Cortez telah memakai konfigurasi kursi Captain Seat dengan tambahan meja lipat di sandaran kursi depan. Salah satu keuntungan memiliki mobil dengan konfigurasi jok captain seat yang pertama adalah membuat suasana ruangan kabin terasa lega. Mobil dengan konfigurasi jok captain seat di baris kedua terdapat jarak di bagian tengah kursi.
Hal menarik lain yang jadi nilai jual utama di New Cortez yaitu adanya fitur sunroof. Jendela atap ini tak seperti di Innova Zenix tipe Q yang ukurannya raksasa, sunroof di Cortez hanya tersedia hanya untuk penumpang depan. Namun demikian, fitur ini tak dimiliki oleh sesama MPV Rp300 jutaan yang lain.
Lebih lanjut, Cortez juga mengusung berbagai fitur kekinian yang memanjakan pengguna. Untuk akses informasi pengemudi dapat memantau layar Multi Information Display (MID) berukuran 7 inci. Sementara itu untuk akses multimedia, terdapat Head Unit 10.25 inci layar sentuh yang mendukung format Wireless Mirrorlink, USB with Fast Charging, Bluetooth, Navigation, Internet Connectivity, dan Vehicle Settings.
Fitur Keamanan dan Keselamatan di Wuling Cortez Cukup Lengkap
Dari segi keselamatan berkendara, mobil ini telah dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake- force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA), Electric Parking Brake (EPB), Automatic Vehicle Holding (AVH), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), front & Rear Parking sensor, ISOFIX & Child Safety Lock.
Tidak sampai disitu, mobil ini juga dilengkapi Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Dual SRS Airbag (Front & Side), Emergency Stop Signal (ESS), TCS (Traction Control System), Anti-theft alarm, seat belt reminder, faitgure driving warning dan rem cakram di seluruh rodanya.
Punya Teknologi Voice Command dan IOV, New Wuling Cortez Lebih Futuristik
New Cortez juga diaplikasikan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan IoV Technology yang lebih dulu hadir di Almaz. Teknologi WIND memberi kemudahan menjalankan beberapa fitur yang ada hanya dengan menggunakan perintah suara.
Selanjutnya ada IoV Technology, yaitu teknologi yang dapat menghubungkan mobil dengan pemiliknya melalui internet. Kita bisa menjalankan berbagai fitur canggih dengan konektivitas dari smartphone untuk menjalankan IoV (Internet of Vehicle).
Untuk pengoperasian sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone pengguna atau melalui head unit. Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses beberapa fitur IoV seperti melihat kapasitas bahan bakar dan perkiraan jarak tempuh berdasarkan volume bahan bakar yang tersisa.
Lebih lanjut, fitur ini secara fungsional menjadikan telepon pintar pengguna sebagai vehicle remote control yang dapat digunakan untuk mengendalikan beberapa fitur kendaraan dari jauh. Pengguna dapat mengunci dan membuka kunci pintu mobil, memanaskan mesin, membuka dan menutup jendela, hingga menyalakan pendingin udara.
Selain itu, pengguna juga bisa melacak posisi kendaraan melalui fitur vehicle positioning yang sangat berguna jika pengguna lupa posisi kendaraan saat diparkir di lokasi umum.
Kijang Innova Zenix 2.0 V, Mahal dengan Fitur yang Kurang Jumawa
Sebagai informasi, Wuling Cortez belum memiliki ADAS seperti pada Almaz. Dengan demikian, lawan yang kami rasa cukup sepadan dari keluarga Kijang Innova Zenix yaitu tipe 2.0 V bermesin bensin konvensional. Dari sisi harga, Zenix 2.0 V ini semakin mahal, nyaris setengah miliar rupiah.
Lantas apa saja hal menarik yang tersedia di mobil ini? Innova Zenix mesin bensin tipe V, sudah dilengkapi parking sensor, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA), parking camera, Isofix, key smart entry, Anti Theft System, hingga airbags pengemudi dan penumpang. Fitur pengereman sudah dilengkapi Electric Parking Brake dengan Brake Hold.
Adapun fitur multimedia dibekali head unit 9 inci with Smartphone Connectivity, dan Illumuniation Light Instrument Panel, fitur kenyamanan lainnya berupa AC digital serta MID berukuran 4,2 inci.
Sebagai tipe menengah, Innova Zenix tipe V dibekali head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang mendukung format smartphone connectivity serta NFC untuk mengecek jumlah saldo pada kartu elektronik. Hadirnya dual Rear Seat Entertaiment (RSE) yang dapat dikendalikan secara terpisah membuat kenyamanan bagi penumpang belakang lebih terkesan eksklusif. Agak disayangkan karena tipe 2.0 V tidak memperoleh panoramic sunroof sebagaimana di tipe 2.0 V HV.
Kesimpulan
Bila membandingkan dari sisi kelengkapan fitur, Wuling Cortez dengan harganya yang jauh lebih murah masih bisa mengungguli Kijang Innova Zenix. Cortez dari sisi fitur jauh lebih melimpah dan royal.
Namun dalam hal lain, generasi ketujuh Kijang bisa saja unggul dari Cortez semisal konsumsi BBM dan output tenaga yang lebih baik dari mesin baru, atau layanan purna jual Toyota yang jauh lebih mudah ditemukan.