Targetnya bisa mencapai Rp3 triliun bila dihitung selama 11 hari penyelenggaraan.
Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil paling favorit yang dites pengunjung.
Pameran otomotifIIMS 2022 usai pada hari Minggu 10 April 2022 kemarin, namun sehari sebelumnya (9/4) menjadi momentum seremoni penutupan hajatan otomotif tahunan berskala internasional tersebut, sejak dihelat pada 31 Maret 2022 pekan lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Selama 10 hari perhelatan, Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara telah merangkum berbagai capaian. Salah satunya kenaikan pengunjung apabila dibandingkan pada IIMS 2021.
"Jumlah pengunjung IIMS sampai sebelum saya naik ke panggung ini, ada 219 ribu orang. Ada kenaikan 260 persen dibanding IIMS 2021 karena tahun lalu ada pembatasan (mobilitas masyarakat)," terang Hendra Noor Saleh, Ketua Dyandra Promosindo, Sabtu (9/4/2022) malam.
Kemudian pameran yang bertepatan pada bulan puasa ini juga menjadi wadah bagi masyarakat, yang hendak membeli mobil baru. Tak tanggung-tanggung nilai transaksinya mencapai Rp2,1 triliun. Sedikit berkurang dari pameran yang sama tahun lalu sebesar Rp2,2 triliun, namun Sabtu lalu, pameran belum usai sepenuhnya.
Angka tersebut dihimpun dari data penjualan (SPK) dari agen pemegang merek mobil dan motor, aksesori, maupun aftermarket yang berpartisipasi di IIMS 2022. Namun tambahnya lagi itu belum total, karena ada beberapa APM yang belum melaporkan data penjualan.
"Ini juga belum dihitung hari terakhir (Minggu, 10 April 2022) besok juga ada transaksi, sekali lagi terima kasih untuk semua pihak dan partner, dan saya meyakini hari ini adalah cerminan kebahagiaan ekosistem untuk kebangkitan industri otomotif Indonesia," pungkas pria yang akrab disapa Kohen itu.
Seperti perhelatan IIMS tahun-tahun sebelumnya, pada acara penutupan ini juga dilaporkan berbagai macam penghargaan mobil dan motor terbaik di IIMS 2022. Berikut ini detailnya: