Ini Beda Toyota Agya GR Sport 2023 dengan Versi Sebelumnya, Gak Ada Lagi Kesan LCGC
Prasetyo · 10 Apr, 2023 19:03
0
0
Toyota Agya GR Sport 2023 masuk sebagai generasi kedua. Untuk generasi pertamanya, nama Agya GR Sport muncul di Agustus 2021. Saat itu GR Sport menggantian varian TRD-S pada Toyota Agya. Bersamaan perubahan nama di Veloz, Rush, Yaris, sampai Fortuner GR-Sport.
Balik lagi kita bahas soal Agya GR-S, untuk model terbarunya mengalami perubahan menyeluruh. Jadi wajar kalau penamaannya pun menjadi All New Agya GR Sport. Ini termasuk diadaptasinya platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).
Penamaan GR Sport pada model Toyota di Indonesia dimulai Agustus 2021
Namun kalau kita melihat harga Toyota Agya GR Sport 2023, dengan sederet gubahan yang dilakukan, banderolnya terkerek sangat jauh dibanding generasi pertamanya. Bagaimana tidak, untuk harga Agya GR-S pada akhir tahun 2022 masih ada di angka Rp165,5 juta buat yang tipe transmisi manual, dan Rp181,5 juta untuk yang transmisi otomatis.
Bandingkan dengan harga Toyota Agya terbaru khususnya yang tipe GR Sport. Banderolnya antara Rp237,5 juta hingga Rp256 juta OTR Jakarta. Itu berarti di tipe tertinggi terjadi kenaikan harga sampai Rp75 juta antara generasi pertama dan kedua.
Varian transmisi CVT dengan bodi Two Tone jadi Agya GR Sport termahal
Kalau Anda masih penasaran kenapa sih harganya bisa semahal itu? Mari kita lihat perbandingan Toyota Agya GR Sport 2023 vs tipe sebelumnya.
1. Eksterior Toyota Agya GR Sport 2023 Berubah Total
Bemper depan, gril, lampu, sampai foglight berubah
Sosok Agya terbaru jelas berbeda secara fisik dibanding generasi sebelumnya. Pun demikian dengan tipe GR Sport. Lihat saja dari fascia depan. Lampu utamanya menyipit dengan memakai LED. Bentuk grilnya juga berubah, dan bemper depan lebih agresif dipadukan LED foglight yang terpasang vertikal bukan lagi bulat.
Desain velg model terbaru
Dari samping siluet bodinya juga berubah termasuk tubuhnya yang kini lebih besar. Lantas desain velg dan ukuran ban juga berubah. Kalau di tipe lama pakai ban 175/65 R14, maka di model terbaru naik jadi 185/55/R15.
Sebelumnya ukuran velg dan desain sama dengan tipe non GR-S
Bagian belakang pun terlihat ada perubahan. Mulai dari bentuk kaca, lekuk bagasi yang lebih menonjol dan desain bemper yang lebih agresif di generasi kedua.
Model 2023 lebih panjang
Namun untuk lampunya, pada generasi pertama ada kombinasi merah dan putih.
Beranjak ke bagian kabin, terlihat juga banyak revisi yang dilakukan. Mulai dari layout dasbor yang berubah total jadi lebih landai tapi ada sedikit lekukan tajam dibagian bawah. Headununit juga sudah model floating sementara pada generasi sebelumnya tertanam di bagian tengah dasbor.
Desain dasbor Agya GR-S generasi pertama
Meter cluster tipe GR Sport 2023 juga dibuat mirip dengan Toyota Raize. Sedangkan model sebelumnya masih setara tipe G dan tipe E dan model analog yang dilengkapi MID. Pada lingkar kemudi juga hanya terlihat tombol-tombol pengaturan audio. Sementara di model terbaru ada juga pengaturan tampilan meter cluster serta tombol Power Mode.
Jok lebih tebal dan ada logo GR
Desain jok pun demikian, di Agya GR Sport terbaru harus diakui lebih racing ditambah logo GR pada sandaran punggung. Lantas tuas transmisinya juga terlihat lebih modern dibanding model sebelumnya.
Headrest masih menyatu dengan jok
Catatan lain, pada Agya GR Sport terbaru juga sudah ada paddle shift dan wireless charger.
Ganti paltform berarti Toyota Agya GR Sport 2023 juga ganti mesin. Yang dipasang adalah mesin berkode WA-VE dengan kapasitas 1.2-liter 3-silinder berteknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin yang serupa digunakan Raize 1.2L tersebut diklaim memiliki daya puncak 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm di putaran 4.500 rpm.
Mesin sebelumnya 1.2L 4 silinder
Bandingkan dengan Agya GR-S generasi sebelumnya yang pakai mesin setara Toyota Calya. Kode mesinnya 3NR-VE 1.2-liter 4 silinder DOHC dengan Dual VVT-i. Mesin ini sama-sama menghasilkan tenaga maksimum 88 PS di 6.000 rpm. Tapi torsi puncaknya hanya 107 Nm pada 4.200 rpm.
Transmisi CVT dengan fixed gear ratio
Selain itu pada genersi sebelumnya pakai transmisi otomatis konvensional, sementara di model terbaru sudah diganti D-CVT dengan fixed gear ratio sehingga gigi transmisi lebih padat untuk menghasilkan akselerasi lebih baik.
Pakai pddle shift
Ada yang beda juga dengan Agya GR Sport 2023. Mobil ini sudah dibenamkan fitur Electronic Power Steering (EPS), Active D Control, dan Vehicle Stability Control (VSC). Semuanya membantu memberikan pengendalian lebih presisi ketika menikung. Lantas ada Hill Start Asssist (HSA) yang menjaga mobil tidak merosot ketika harus start dari kondisi jalan menanjak.
Tuh kan, dengan harga yang memang jauh lebih mahal, namun ada banyak hal baru yang disuguhkan Toyota. Sehingga tipe GR Sport ini tidak lagi mirip LCGC seperti generasi sebelumnya.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.