Jadi Favorit Mobil Kaum Tajir, Apakah Biaya Servis Toyota Alphard Semahal Harganya?
Herdi · 10 Okt, 2022 12:09
0
0
Menghitung biaya servis Toyota Alphard.
Harga Toyota Alphard lebih dari Rp1,1 miliar.
Saat ini TAM masih menjual Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.
Toyota Alphard merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) favorit kaum tajir di Tanah Air, mulai dari kalangan pejabat, pengusaha hingga selebritis.
Ya, MPV premium yang di impor secara utuh dari Jepang ini cukup disukai kaum berduit karena kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan, mulai dari eksterior, interior dan fitur pastinya.
MPV premium yang penjualan cukup stabil
Secara keseluruhan pada bagian eksterior Toyota Alphard, dengan body yang besar mobil ini terlihat mewah, apalagi keberadaan aksen chrome. Sedangkan pada bagian interior, karena body gambot, membuat kabin jadi lapang, sehingga memberikan rasa lega.
Untuk fitur yang dibenamkan, tidak perlu diragukan lagi, semuanya diberikan agar mampu memanjakan penumpang, mulai dari jok kulit hingga sistem hiburanya.
Di Indonesia, Toyota Alphard memiliki tiga varian, yaitu 2.5 X A/T, 2.5 G A/T dan 3.5 Q A/T. Adapun untuk harganya tipe 2.5 X A/T jadi yang paling murah, per Oktober 2022 dibanderol Rp1.189.200.
Sedangkan untuk 2.5 G A/T lebih mahal Rp 100 jutaan atau sekitar Rp1.344.800. Sementara untuk Toyota Alphard tipe 3.5 Q A/T harganya lebih mahal lagi yaitu setara Rp 1.621.500. Semua harga ini berstatus on the road Jakarta.
Toyota Alphard Hybrid tidak lagi dijual di Indonesia
Nah, untuk kaum mendang-mending, Toyota Alphard memang bukan pilihan. Karena untuk membeli Toyota Alphard termurah sama dengan enam unit Toyota Calya. Itupun Toyota Calya yang dipilih varian tertinggi G A/T, dengan harga Rp183,6 juta.
Bicara Toyota Alphard, ternyata dengan harga yang mencapai miliaran banyak juga yang penasaran berapa biaya servis Toyota Alphard yang ahrus dikeluarkan untuk perawatan berkala.
Toyota Alphard
Nah, berikut ini biaya yang diperlukan untuk biaya servis berkala Toyota Alphard menurut situs resmi Toyota Astra Motor:
Toyota Alphard
Tipe 3.5 A/T
Tipe 2.5 A/T
Service ke-1
Gratis
Gratis
Service ke-2
1.058.000
856.000
Service ke-3
1.058.000
856.000
Service ke-4
1.058.000
856.000
Service ke-5
1.573.000
1.371.000
Service ke-6
1.058.000
856.000
Service ke-7
2.457.750
2.255.750
Service ke-8
2.401.760
2.199.760
Service ke-9
5.793.640
5.196.640
Service ke-10
2.401.760
2.119.760
Service ke-11
6.922.750
5.127.250
Perlu dicatat, untuk biaya jasa service pertama sampai keenam tidak dipungut biaya alias gratis.
Parts Toyota Alphard yang Diperiksa dan Diganti
Toyota Alphard di Indonesia ada tiga tipe
Service ke-1: 1 bulan atau 1.000 km
Aki, chassis, Freon, kandungan gas buang, kondisi ban, kekencangan baut, lampu-lampu, minyak power steering, oli mesin, pedal kopling, sistem pengereman, sistem pendingin mesin, tali kipas, wiper & washer.
Service ke-2: 6 bulan atau 10.000 km
Aki, chassis, Freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, tali kipas, wiper & washer. Untuk parts yang diganti mulai dari gasket, oli mesin dan saringan oli.
Service ke-3: 12 bulan atau 20.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, oli gardan, oli transmisi, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, suspensi depan dan belakang, tali kipas, wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, dan saringan oli.
Toyota Alphard
Service ke-4: 18 bulan atau 30.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, dan saringan oli.
Service ke-5: 24 bulan atau 40.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, oli transmisi, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, suspensi depan dan belakang, tali kipas, wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, saringan oli, oli transmisi, saringan oli, saringan udara, busi, dan minyak rem & kopling.
Service ke-6: 30 bulan atau 50.000 km
Aki, chassis, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, dan saringan oli.
Service ke-7: 36 bulan atau 60.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, oli gardan, oli transmisi, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, suspensi depan dan belakang, tali kipas, dan wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, dan saringan oli.
Aki, chassis, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, dan wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, dan saringan oli.
Service ke-9: 48 bulan atau 80.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, sistem pembakaran, suspensi depan dan belakang, tali kipas, wiper & washer, dan celah katup. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, oli gardan, saringan oli, saringan udara, saringan bensin, minyak rem dan kopling.
Service ke-10: 54 bulan atau 90.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, saringan oli, saringan Air Conditioner.
Service ke-11: 60 bulan atau 100.000 km
Aki, chassis, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, lampu-lampu, power steering, oli gardan, oli transmisi, sistem pengereman dan kopling, sistem pendingin mesin, saringan udara, suspensi depan dan belakang, tali kipas, wiper & washer. Untuk parts yang diganti gasket, oli mesin, oli gardan, dan saringan oli.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.