Kalau Mur dan Baut Roda Mobil Macet Jangan Dibuka Paksa, Coba Pakai Cara Ini
Prasetyo · 18 Jul, 2021 10:06
0
0
Salah satu komponen pada roda mobil adalah mur dan baut. Keduanya saling melengkapi untuk bisa membuat roda mobil selalu dalam posisinya. Mur berguna mengikat velg mobil sementara baut untuk dudukan velg ke as roda mobil.
Untuk mengencangkan mur dan baut roda mobil dengan cara diputar searah jarum jam. Sebaiknya kalau mau melepas putar berlawanan arah jarum jam. Namun kadang muncul masalah mur dan baut roda macet sehingga sulit dipasang kembali atau dilepaskan.
Mur dan baur roda macet biasanya disebabkan drat atau ulir pada baut maupun mur tersebut muncul karat. Karat dapat bersarang akibat terjadi oksidasi pada sela-sela ulir akibat sering terkena air dan tidak lekas dilap atau dikeringkan. Tapi bisa juga mur dan baut roda macet akibat terlalu kuat saat proses pemasangan.
Apabila kondisi ini terjadi pada saat Anda sedang ingin membuka roda mobil di rumah, pastinya akan jadi merepotkan. Kalau sudah begini, sebaiknya jangan paksakan memasang atau membuka baut tersebut. Coba dulu beberapa langkah berikut.
Langkah paling sederhana apabila mur dan baut roda mobil macet adalah menggunakan alat bantu. Anda bisa gunakan besi atau pipa panjang yang disambungkan ke kunci roda. Dengan begini daya yang dibutuhkan untuk memutar mur jadi lebih ringan dari sebelumnya.
2. Disemport Dulu Pakai Cairan Penetran
Kalau pakai alat bantu masih terasa keras, coba Anda semprotkan dulu mur dan baut roda tersebut dengan cairan penetran. Cairan ini berguna untuk menghilangkan debu halus dan karat sehingga mur bisa lebih mudah diputar.
Kalau mur dan baut yang macet sudah berhasil dilepas, maka pada saat akan memasangnya lagi usahakan jangan dilakukan berurutan. Pemasangan mur roda mobil harus dilakuakn secara menyilang agar daya tekan pada baut seimbang serta menghindari risiko roda mobil bergoyang pada saat kecepatan tinggi yang pada akhirnya membuat baut roda patah.
4. Jangan Putar Mur Terlalu Kuat
Pada saat proses mengencangkan mur ke baut roda, sebaiknya jangan diputar sekuat mungkin. Cukup sampai dirasa mur tidak dapat perputar lagi. Jika Anda punya kunci momen atau kunci torsi, maka sebaiknya gunakan alat ini agar putaran mur ke baut lebih presisi.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.