Kelebihan dan Kekurangan Isuzu MU-X Gen 1, Pesaing Fortuner dan Pajero Sport yang Mulai Dilupakan
Enda · 12 Okt, 2024 10:03
0
0
Nama Isuzu MU-X muncul pertama kali di Tanah Air pada 2014. Pasaran harga bekas di angka Rp240 jutaan, wajib hukumnya mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X gen 1 sebelum membelinya.
Seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang dibangun berbasiskan model pick up-nya, MU-X dibuat dari Isuzu D-MAX. Seperti yang diketahui, D-MAX merupakan kendaraan niaga yang diciptakan dalam dua model, yakni single cabin dan double cabin.
Dengan menempati segmen Medium SUV 7-seater bersasiskan ladder frame, MU-X memiliki tampilan yang bengis, gagah, tangguh dengan gaya berkendara off-road. Perlu diktahui bahwa MU-X merupakan produk kolaborasi antara pabrikan Jepang, Isuzu, dengan produsen otomotif jenama asal Negeri Paman Sam, Chevrolet.
1. Gunakan Lampu Projector, Visibilitas Berkendara Jadi Lebih Jelas
Secara desain MU-X gen 1 memiliki bentuk yang terlihat bengis berkat bentuk serta tarikan garis tegas yang tersematkan. Bicara mengenai sistem pencahayaan yang digunakan, mobil ini sudah mengusung teknologi projector serta pengaturan tinggi-rendahnya lampu.
Model facelift yang diluncukran pada 2016, untuk sistem pencahayaannya mendapat improvement yang mana sudah menggunakan LED Bi-Function dengan DRL LED yang mana telah dibekali fitur auto leveling.
Melihat keunggulan lain yang ada di bagian luar, untuk spion selain dilengkapi pengaturan elektrik, juga dapat dilipat secara otomatis.
Sebagai informasi, pada model faceliftnya MU-X ditawarkan ditawarkan dalam dua varian, yaitu Premiere dan Royale. Namun terdapat varian lain, yaitu 4x4 dan I-Series dengan fitur lebih komplit dengan populiasi yang sangat sedikit.
2. Beragam Fitur Modern pada MU-X Gen 1
MU-X gen 1 memiliki beragam fitur modern di zamannya. Seperti diketahui di bagian dalamnya SUV ini berhasil dibenamkan head unit layar sentuh 7 inci yang diletakan di center cluster.
Untuk sistem hiburannya sendiri mengusung format HDMI, USB, CD, dan Bluetooth yang dilengkapi konektivitas smartphone. Bahkan untuk tipe teratas, mobil ini mendapatkan tombol pengaturan yang terkoneksi langsung dengan sistem hiburan dan pengaturan MID, kemudian cruise control serta Passive Entry Start System (PESS).
Melihat fitur lainnya, untuk pengaturan AC MU-X gen 1 disajikan dengan tampilan digital yang sudah mengusung climate control. Seperti Trailbalzer, pada setiap barisnya MU-X gen 1 mendapatkan kisi-kisi AC yang dibuat rata dengan plafon.
Bukan cuma itu saja, untuk jok pengemudi juga sudah dilengkapi pengaturan elektrik. Selain itu ada pula smartkey yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau mengunci mobil, serta menyalakan maupun mematikan mesin.
Bicara varian facelift, head unitnya menggunakan ukuran lebih besar yakni 8 inci. Hanya saja pada tipe Royale, di baris keduanya mendapatkan layar monitor 13 inci yang terhubung langsung dengan head unit di depan.
Pada tipe paling atasnya ini juga Isuzu menyematkan fitur all view monitor guna menampilkan berbagai kondisi sekitar mobil melalui layar pada head unit. Fitur modern yang dimiliki dibarengi dengan kepraktisan yang ditawarkan. Dengan begitu MU-X gen 1 cukup memanjakan penggunanya selama perjalanan.
Terasa ergonomis, di bagian dashboard mobil ini dilengkapi tiga laci penyimpanan barang dengan cover. Di baris pertama, mobil ini terdapat enam cup holder yang bisa dimanfaatkan bukan cuma menaruh botol minum namun juga beberapa barang bawaan lainnya.
Beranjak ke bagian tengah, mobil ini memiliki enmpat buah cup holder serta dua lainnya di baris ketiga, Tidak berhenti sampai di situ, terdapat penyimpanan tambahan seperti sideback pocket dan doortrim untuk penumpang di baris kedua dan dua kompartemen di baris ketiga.
3. Fitur Keselamatan Tergolong Komplit
Kelebihan Isuzu MU-X gen 1 berikutnya ada pada fitur keselamatan. Di zamannya untuk keselamatan berkendara mobil ini tergolong komplit.
Seperti yang bisa dilihat untuk fitur keselamatannya mobil ini memperoleh dual SRS airbags di depan, Electronic Stability Control (ESC), Electronic Stability Program (ESP) dan Traction Control System (TCS).
Bahkan untuk sistem pengeremannya pun berhasil disematkan ABS, EBD dan BA yang dapat mencegah tergelincirnya mobil ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak, sekaligus menjaga kestabilannya.
Tidak hanya itu, MU-X gen 1 sebenarnya juga sudah disematkan Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Sebagai catatan, fitur keselamatan ini hanya bisa dijumpai pada model faceliftnya.
4. Mesin Diesel Turbo dengan Durabilitas Tinggi
Isuzu MU-X gen 1 dipersenjatai mesin 4JK1-TC 2.599 cc Hi Power 4-silinder segaris DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection dengan turbocharger with VGS (Variable Geometry System). Untuk tenaga yang diperoleh sebesar 136 PS di 3.400 rpm dan torsi 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm.
Dalam menciptakan sebuah mesin, Isuzu terkenal akan durabilitasnya. Untuk itu dalam sistem kerja mesin mobil ini menggunakan timing gear guna menciptakan momentum pembakaran yang tepat. Pada dasarnya prinsip cara kerja timing gear, timing chain dan timing belt sama. Dimana alat ini berkerja untuk menggerakan crankshaft dan camshaft secara selaras.
Pada Pajero Sport dan Fortuner, untuk di beberapa modelnya mobil ini masih menggunakan timing belt. Dengan begitu pemilik diharuskan melakukan penggantian timing belt secara berkala guna menghindari mesin mati secara mendadak ketika sedang digunakan.
Oh iya, mesin diesel 2.5L turbocharger yang digunakan disandingkan dengan transmisi otomatis 5-percepatan yang sudah dilengkapi fitur tiptronic with adaptive gradient logic control.
5. Konsumsi BBM Irit
Selain memiliki durabilitas tinggi, untuk konsumsi BBM MU-X gen 1 tergolong irit. Tak sedikit pemiliknya menyebutkan untuk penggunaan dalam kota bisa menempuh jarak 12–13 km/liter dan 14-15 km/liter ketika digunakan berpergian ke luar kota.
Unggul dari segi konsumsi bahan bakarnya yang terbilang irit, tentu berimbas pada tenaga yang dihasilkan. Untuk putaran bawahnya mobil ini memiliki karakter yang cenderung lebih lemot bila dibandingkan dua pesaing terdekatnya.
2. Limbung dan Jok Belakang Terasa Sempit
Ditopang menggunakan sasis ladder frame serta postur yang tinggi, membuat MU-X gen 1 timbul gejala limbung ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.
Selain gejala limbung tadi, kekurangan lain pada mobil ini terletak di jok baris ketiganya. Dimana kursi paling belakangnya terasa sempit minim akan ruang kaki berkat lantai kabin yang dibuat tinggi serta jarak legroom yang sangat terbatas.
Selain terasa sempit, jok baris ketiganya juga tidak bisa dilipat rata dengan lantai sehingga ruang bagasi yang dihasilkan tidak bisa maksimal
3. Material Interior Tak Sebaik Rivalnya
Didatangkan secara utuh dari Thailand, kekurangan lain dari MU-X gen 1 terletak pada material interior yang digunakan. Tak sedikit menyebutkan bahwa material yang diaplikasikan tidak sebaik pesaingnya dengan menggunakan plastik keras dengan desain monoton.
Bukan cuma itu, ketika melewati jalan berkontur plastik yang digunakan juga kerap menimbulkan suara berisik.
Kesimpulan
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X gen 1 melalui ulasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa rebadge dari Chevrolet Trailblazer ini dilengkapi fitur unggulan dan keselamatan yang tergolong komplit serta canggih di zamannya.
Disokong mesin dengan durabilitas tinggi, untuk konsumsi BBM-nya pun tergolong irit. Namun untuk kelemahannya dengan penggunaan bahan bakar yang efisien, berdampak pada akselerasi awal yang terasa berat.
Untuk kekurangan lain, jok belakang terasa sempit, limbung ketika melaju dalam kecepatan tinggi, serta bahan material interior yang tak sebaik rivalnya.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.