Ditawarkan dalam beberapa versi dan harga berkisar antara Rp 79.6 jutaan hingga Rp 108 jutaan, Wuling Baojun 310 memiliki wheelbase 2.550 mm, yang disebut "terpanjang di antara mobil hatchback di kelasnya".
Mobil ini juga memiliki kapasitas ruang 200 liter, yang dapat diperluas hingga 1.000 liter jika jok belakang dilipat. Versi 310 Wagon pun tidak tertutup kemungkinan dipadankan dengan konsep 7 penumpang, Mengingat Grand Livina yang memiliki versi Livina 5 penumpang dan Grand Livina untuk 7 penumpang.
Baojun 310 sejatinya dikembangkan berbasis mobil kota Chevrolet Sail yang memang masih satu induk yakni General Motors. Sebelum mobil Baojun 310 diluncurkan di pasar Indonesia, ayo kita dengar apa kata pemilik Wuling Baoujun 310 di luar negeri.
Ikhtisar
Di Cina, Baojun 310 diluncurkan di Beijing Auto Show 2016 dan memulai produksi pada September 2016. mobil Baojun 310 didasarkan pada Chevrolet Sail yang diproduksi oleh ventura bersama Shanghai-GM.
Harganya berkisar dari 36.800 yuan (Rp 73 juta) hingga 60.800 yuan (Rp 120 juta). Versi sedan bernama Baojun 330 juga diperkenalkan pada awal 2016, yang memiliki desain DRG depan yang sedikit berbeda.
Kelebihan Mobil Wuling Baojun 310
Eksterior Wuling Baojun 310
Wuling Baojun 310 memiliki desain eksterior yang bagus mencakup garis bodi yang kuat, profil yang tegas, dan grille depan berbentuk U khas Baojun dan grille bawah berbentuk U terbalik.
Mobil Baojun 310 dengan penampilan muda dan dinamis, dilengkapi dengan sunroof dan rak bagasi. Baojun 310 adalah produk hatchback baru yang dibangun oleh SAIC-GM-Wuling berdasarkan platform CN180. Audiens utamanya ditujukan untuk konsumen muda, misalnya kelahiran 85an hingga 90an.
Desain eksterior mobil ini lebih muda, dan mode dinamis menjadi nada utamanya. Dalam hal ukuran bodi, panjang / lebar / tingginya adalah 4032 × 1680 × 1470mm dan wheelbase adalah 2550mm.
Dibandingkan dengan model pesaingnya, Wuling Baojun 310 hanya memiliki keunggulan pada wheelbase. Pada beberapa detail di bagian belakang mobil, masih ada desain yang lebih unik.
Misalnya, bagian plastik hitam digunakan di bagian bawah mobil; kaca depan memanjang di dekat pilar-C untuk menambah lebar pandangan.
Dalam hal konfigurasi, mobil ini juga dilengkapi dengan konfigurasi praktis seperti spoiler belakang, lampu rem tinggi, wiper belakang, radar mundur dan gambar mundur.
Sunroof listrik adalah konfigurasi yang langka di kelas model yang sama, tetapi Baojun 310 juga dilengkapi dengan model mewah kelas atas. Dan mobil ini juga memiliki dua metode pembukaan push-back dan upturn, dan area yang dapat dibuka sekitar 0.18㎡.
Interior Wuling Baojun 310
Di bagian dalam, Wuling Baojun 310 memberikan kursi belakang dengan lebar 1.233 mm (48,5 inci) dan kursi belakang lipat 60/40 dengan fungsi lipat-rata yang memberikan ruang kargo hingga 1.000 liter.
Secara gaya, Wuling Baojun 310 memiliki jok kulit dua warna, konsol tengah berwarna hitam dengan layar LCD 8 inci dengan kompatibilitas Bluetooth, dan power sunroof.
Fitur lain termasuk aksen krom pada semua gauge dan ventilasi AC, jahitan ganda pada panel samping dan sandaran tangan, dan setir kemudi multi-fungsi.
Interior mobil Baojun 310 dihias dengan seri hitam yang dinamis, dan konsol tengahnya terbuat dari plastik keras yang besar, dan tata letaknya terkoordinasi dan alami.
Meskipun desain panel instrumen bundar gandanya sederhana, namun sangat jelas, yang adalah kinerja yang baik di kelas model yang sama. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan airbag utama/sub dual dan airbag sisi depan. Layar sentuh mengambang 8-inci tidak diragukan lagi merupakan highlight terbesarnya.
Keamanan Mobil
Baojun 310 ditawarkan dengan Airbag, Electric Power Steering, cruise control, kamera cadangan dan sensor parkir, pemasangan kursi keselamatan anak ISOFIX, Navigasi GPS, dan ABS dengan EBD.
Kejernihan antarmuka dan sensitivitas operasional Wuling Baojun 310 patut diakui, dan kinerjanya dalam menekan pantulan juga memuaskan. Selama beroperasi, bidang penglihatan pengemudi juga dapat difokuskan pada bagian atas konsol tengah untuk memastikan keamanan berkendara.
Sunroof listrik adalah konfigurasi yang langka di kelas model yang sama, tetapi Baojun 310 juga dilengkapi dengan model mewah kelas atas. Dan mobil ini juga memiliki dua metode pembukaan push-back dan upturn, dan area yang dapat dibuka sekitar 0.18㎡.
Output Daya
Baojun 310 dilengkapi dengan mesin 1.2L dengan mesin aspirasi alami dengan daya maksimum 82 tenaga kuda (60 kW) / 5600rpm dan torsi maksimum 116Nm / 3600-4000rpm. Dalam hal transmisi, dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed.
Baojun 310, tinggi pedal kopling, titik sambungannya lebar dan mudah ditemukan, dan dengan akselerator ringan, mudah dinyalakan, dan tidak mudah terbakar.
Roda gigi relatif jelas, dan stroke lumayan, dan tidak ada perasaan tersentak saat berganti. Saat mengemudi pada kecepatan rendah hingga sedang, output daya relatif linier, dan kecepatan mesin dapat dipertahankan pada 2000 rpm.
Jika Anda berencana untuk menyalip, Anda harus menurunkan gigi dan dengan cepat meningkatkan kecepatan di atas 3000rpm untuk merasakan output daya yang jelas.
Secara keseluruhan, output daya dari Baojun 310 lembut dan cocok untuk mobilitas perkotaan harian. Lagi pula, kita tidak bisa berharap terlalu banyak dari mesin perpindahan kecil 1.2L.
Kekurangan Mobil Wuling Baojun 310
Ruang
Ruang bagasi bukanlah kekuatan dari Baojun 310, dan sepertinya ini “lebih baik daripada tidak sama sekali”. Bahkan jika penutup kecil dilepas, bagasi 30 inci tidak dapat diletakkan.
Kemudi
Dalam hal kenyamanan mengemudi Wuling Baojun 310, saya perlu memberi acungan jempol. Setir Baojun 310 tidak dapat disetel. Mungkin sulit bagi pengemudi dengan posisi duduk berbeda untuk menyesuaikan ke posisi yang tepat.
Selain itu, panjang bantalan di kursi depan dan belakang sangat pendek, yang hampir tidak memberikan dukungan pada kaki. Perasaan intuitif saat duduk di atasnya seperti duduk di bangku kecil. Kulit jok itu sendiri juga sangat buruk, tidak hanya "bau" mobil baru yang lebih dari biasanya, tetapi sentuhannya tidak memuaskan. Sedangkan untuk sandaran, saya nyaris tidak bisa merasakan keberadaannya, apalagi sokongannya.
Performa
Isolasi mobil untuk getaran kecil cukup, rebound dikerjakan dengan rapi. Dan berkat membuang gig suspensi foft, mobil tidak berayun seperti perahu.
Namun, saya tidak bisa bertepuk tangan saat getaran yang lebih besar, pantulan tubuh jelas terasa, seolah-olah terus mengingatkan pengemudi bahwa ini adalah model suspensi non-independen.
Keseluruhan
Baojun 310 adalah mobil kecil yang dibuat oleh SAIC-GM-Wuling dengan platform baru. Penampilan stylish dan dinamis, dan tata ruang interiornya sederhana dan terkoordinasi. Layar sentuh 8 inci sangat eye-catching. Karena ini adalah mobil kecil, ruang mengemudinya lebih umum. Dan dalam hal jumlah dan kepraktisan ruang penyimpanan, bagasi cukup memuaskan.
Dalam hal konfigurasi, Baojun 310 memiliki konfigurasi yang lebih kaya seperti airbag ganda + airbag sisi depan, ABS + EBD, sunroof listrik, setir multi-fungsi, dan fixed speed cruise.
Performa Wuling Baojun 310 dalam hal kekuatan relatif ringan, cocok untuk mobilitas perkotaan sehari-hari. Tidak sulit untuk dinyalakan, dan lebih ringan dikendarai. Setir memiliki kekosongan, tetapi dapat diterima.