Kencan Singkat Bersama Wuling Alvez 2023, Penantang Baru HR-V dan Creta
Herdi · 31 Mar, 2023 10:02
0
0
Wuling Alvez jadi pendatang baru untuk pasar otomotif Indonesia. Mobil yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover itu bakal langsung berhadapan dengan sederet pesaingnya seperti Honda WR-V atau Hyundai Creta.
Setelah di IIMS 2023 kita kulit tentang fitur Alvez, kali ini AutoFun berkesempatan kencan singkat dengan mobil tersebut. Dimana lokasi test drive dilakukan di kawasan Senayan, Jakarta.
Oh ya, untuk pengujian ini kami menggunakan unit Wuling Alvez EX atau varian yang paling tinggi yang dibanderol hampir Rp300 jutaan, tepatnya Rp295 juta on the road Jakarta.
Nah, mau tahu bagaimana rasa di balik kemudi Wuling Alvez? Berikut ulasannya:
Wuling Alvez Punya Eksterior Menarik
Untuk masalah desain, mobil ini memang sekilas seperti Almaz yang dibuat lebih kecil. Hanya saja, kalau dilihat lebih detail pastinya akan jauh berbeda.
Ya, Alvez tipe EX memiliki desain grille menarik ditambah dengan lampu LED DRL futuristik, serta Adjustable LED Projector Headlamp yang jadi terlihat mobil ini semakin kekinian.
SUV ini juga memiliki siluet body ditambah Dynamic Dual-Tone Color, aksen chrome pada garis jendela, roof rail, electric adjustable & folding side mirror. Ini menjadikan Alvez memberi kesan berbeda dari SUV Crossover modern lainnya.
Sebagai tambahan, pada bagian belakang mobil ini sudah ada Shark Fin Antenna, LED Rear Lamp, dan Rear Spoiler. Adapun untuk kaki-kaki, mobil ini sudah menggunakan velg alloy berukuran 16 inci bergaya cutting-edge. Tentu saja ini semakin membuat tampilan Alvez berbeda dengan yang lain.
Kabin Menarik, Ada Electric Sunroof
Masuk kabin Wuling Alvez awalnya biasa saja, namun jika dilihat secara detail, mobil ini juga tak kalah hebat dari mobil Jepangan. Sebab, ternyata memberikan kesan mewah seperti desain tuas transmisi baru, synthetic leather seat, Premium Soft Touch di beberapa bagian, hingga lingkar kemudi berbalut bahan kulit.
Alvez juga sudah dilengkapi kisi-kisi AC bergaya edgy, serta USB Power Outlet yang juga ada di bangku belakang. Sehingga akan memudahkan penumpang mengisi daya smartphone tanpa harus bergantian dengan pengemudi di depan.
Yang tak kalah menarik lainnya, yaitu Alvez mengaplikasikan meter cluster futuristik dengan ukuran 7 inci Full Color TFT Display. Hal menarik lainnya, yaitu pada bagian atap sudah menggunakan sunroof, yang untuk membuka bagian atap cukup memencet tombol.
Mobil ini juga sudah dijejali sistem entertainment dengan head unit berukuran 10,25 inci yang terhubung koneksi internet. Pengguna dapat dengan mudah mengakses Online Music dengan dukungan 4 Groovy Speaker, Online Navigation, Online messaging, dan bisa Wireless Mirroring dengan smartphone melalui sistem tersebut.
Ketika pengguna akan parkir, pengguna dibantu dengan Rear Parking Camera dengan Dynamic Trajectory yang terlihat pada layar head unit.
Fitur-fitur Mahal Tersedia di Mobil Ini
Beragam fitur hadir di mobil ini. Tak lupa kami juga mencoba fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control, Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Assist, dan Lane Departure Warning. Hanya saja, karena kondisi jalan di area Senayan tidak padat dan areanya bukan untuk kebut-kebutan maka fitur-fitur tersebut belum bisa digunakan maksimal. Mungkin di lain kesempatan akan kami coba.
Nah, yang paling bikin penasaran yaitu mencoba fitur Wuling Indonesia Command (WIND). Dimana fitur perintah suara cerdas ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia seperti yang ada dibenamkan pada mobil Wuling lainnya, mulai dari Almaz, Cortez hingga Air ev.
Dengan adanya fitur WIND ini, maka Anda akan mengakses pengaturan di beberapa bagian mobil hanya dengan ucapan di mulut, seperti membuka sunroof, mengatur suhu AC, hingga memilih frekuensi radio favorit. Adapun caranya cukup memulai perkataan dengan mengucapkan ‘Halo Wuling’ dan diikuti dengan perintah yang diinginkan. Untuk fitur ini harga kurang dari Rp300 jutaan keren sih.
Diketahui, selain WIND, Alvez juga punya fitur lainnya yang sudah menerapkan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Selain itu, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan mulai dari Rear Parking Camera, Electronic Stability Control, hingga SRS Airbag di bagian depan.
Merasakan Langsung Duduk Dibangku Kemudi
Saat pertama berada di bangku kemudi, untuk menyalakan mesinnya cukup menekan tombol start stop dan injak pedal gas. Ya, mobil ini sudah tak menggunakan anak kunci.
Setelah menyalakan mesin, ketika duduk dibangku kemudi, jok memang tidak terlalu empuk. Tapi cukup nyaman. Namun lagi-lagi kami tidak bisa merasakan bagaimana ayunan suspensinya saat menghadapi jalanan berkontur.
Adapun saat pedal gas diinjak mobil ini torsinya cukup menggigit, apalagi handle stir sangat ringan, sehingga akan mudah ketika melakukan manuver ketika parkir atau di jalanan. Akan tetapi, ketika pedal gas diinjak lebih dalam, tarikan mesin mobil ini untuk berakselerasi masih terasa lama. Mungkin ini lantaran tak adanya tambahan turbo di mesin tersebut.
Kendati masih terasa minus saat berakselerasi, tentunya ini bukan isu yang berarti. Mengingat jika melihat aturan di jalan tol saja kecepatannya hanya dibatasi maksimal 80 km per jam. Kalau mau 100 km per jam, awas kena rekam CCTV yang nantinya justru kena tilang elektrik.
Adapun mengenai performance Alvez, mobil ini sudah dibenamkan mesin bensin 1.5L yang menyemburkan daya hingga 105 Tk dan torsi 143 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT. Oia, Wuling Alvez juga punya varian transmisi manual 6-percepatan.
Kesimpulan
Untuk secara tampilan, desain Wuling Alvez sangat menarik untuk kaum muda sebagai target pasarnya. Apalagi jika melihat bagian kabin dan dibenamkan fitur serta teknologi canggih.
Ya, meski ini mobil jenama China, namun hal itu bukan suatu alasan kalau Alvez jadi terlihat murahan. Sebaliknya dengan fitur dan teknologi yang lengkap, memberikan penilaian positif, bahwa Wuling Motors ingin memberikan hasil maksimal untuk setiap produk yang ditawarkan di Indonesia. Dan terpenting, dengan harga kurang dari Rp300 juta, ini menandakan bahwa Wuling Motor tidak pelit fitur dan teknologi seperti merek mobil lainnya.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.