Lebih Dekat dengan Toyota Kijang Innova Zenix Tipe V, Varian Non Hybrid Pengganti Venturer?
Enda · 28 Nov, 2022 14:00
0
0
Selain G, varian lain Toyota Kijang Innova Zenix non hybrid yang ditawarkan adalah V. Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix V non hybrid saat ini dibandrol Rp467 juta atau lebih mahal Rp48 juta dari tipe dibawahnya, yang diniagakan Rp419 juta OTR jakarta.
Sebagai tipe teratas di segmen non hybrid, kira-kira apa saja yang didapat konsumen apabila membeli varian ini? Supaya tidak penasaran, ketahui lebih dekat Toyota Kijang Innova Zenix V melalui ulasan berikut.
Untuk tampilan luarnya Toyota Kijang Innova Zenix V sudah menggunakan lampu LED dengan bentuk lebih modern dibandingkan tipe dibawahnya. Hal tersebut dikarenakan headlamp tipe V mendapat tambahan aksen krom di dalam.
Grillnya, tipe ini menggunakan model trapezoidal dengan tambahan list krom yang memberikan kesan mewah. Bumpernya berhasil dilengkapi kisi-kisi berkelir hitam namun tanpa dilengkapi DRL LED maupun foglamp.
Menilik bagian sampingnya, untuk lingkar rodanya Kijang Innova Zenix V menggunakan velg 17 inci multi-spoke model palang rapat yang membuat penampilan mobil ini terkesan gagah. Untuk spionnya sendiri sudah dilengkapi pengaturan elektrik dengan tambahan lampu sein pada covernya.
Melihat buritannya, tipe ini berhasil tersematkan spoiler dengan high mount stoplamp, wiper belakang yang menempel di kaca, list krom membentang di atas garnish, serta stoplamp dengan aksen black smoked. Sebagai identitas, di sebelah kanan pintu bagasinya terdapat emblem V.
Interior Toyota Kijang Innova Zenix V Dibalut Material Soft Touch dan Illumination Light
Memiliki selisih harga baru hampir Rp50 juta dengan tipe dibawahnya, tentu dari segi berkendara Toyota Innova Zenix V lebih nyaman digunakan. Berbeda dengan tipe G yang sepenuhnya menggunakan material plastik keras, untuk tipe V sudah diapalikasikan materiaf soft touch pada dashboard, arm rest di pintu serta di tengah antara pengemudi dan penumpang depan.
Selain itu joknya memiliki corak berbeda dengan bahan fabric yang lebih halus. Terlihat mewah sekaligus menyuguhkan rasa berkendara yang lebih rileks, di plafonnya juga sudah dilengkapi illumination light.
Pada panel instumentnya mobil ini berhasil dilengkapi layar TFT MID 4,2 inci dengan tachometer di sebelah kiri dan speedometer di kanan. Untuk sistem hiburannya, tipe V berhasil dibenamkan head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang dapat dikendalikan melalui tombol pada setir.
Sistem hiburannya sendiri mendukung format smartphone connectivity serta NFC untuk mengecek jumlah saldo pada kartu elektronik.
Guna memberikan kenyamanan secara lebih pada penumpang baris keduanya, mobil ini sudah dilengkapi dual Rear Seat Entertaiment (RSE) di balik sandaran pengemudi dan penumpang depan yang dapat dikendalikan secara terpisah. Terasa ergonomis, di bagian tengah jok baris keduanya terdapat arm rest yang sekaligus juga sebagai cup holder.
Oh iya, mobil ini sudah dilengkapi dengan AC double blower rata plafon dengan pengaturan digital di belakang consol tengahnya. Untuk jok baris ketiganya terasa luas dengan pelipatan jok ke depan rata lantai. Pada lantai kabin di belakang jok baris ketiganya, terdapat tambahan laci penyimpanan barang dengan cover penutup yang terasa ringkas.
Rem Cakram di Semua Roda
Sebagai fitur keselamatan standar Toyota Kijang Innova Zenix V berhasil dilengkapi ABS+EBD+BA dan rem cakram di semua roda. Selain itu juga terdapat Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH) dan sensor parkir. Semakin aman sekaligus nyaman digunakan, fitur lainnya yang bisa kalian temukan didalamnya adalah Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) serta kamera parkir. Untuk mengetahui kondisi keliling mobil, ada juga DVR yang bertindak sebagai dashboard camera guna merekam perjalanan.
Sebagai bentuk keamanan dari tindak pencurian, mobil ini berhasil didukung dengan fitur start /stop engine dengan smart entry, immobiler dan alarm.
Mesin Baru yang Irit Bahan Bakar
Kini Toyota Kijang Innova Zenix menggunakan mesin baru berkodekan M20A-FKS Dynamic Force Engine untuk varian V non hybrid. Mesin berkapasitas 1.987 cc 4 silinder segaris Dual VVT-i nya D-4S System tersebut menurut data mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm yang dikawinkan dengan transmisi CVT sebelum ditranslasi ke penggerak roda depan.
Pengetesan yang dilakukan oleh Toyota, pihaknya mengklaim bahwa varian non hybd dari generasi ketujuh Kijang ini sanggup menempuh jarak 15 km/liter. Konsumsi BBM yang diraih bahkan lebih irit dari mesin diesel pada model sebelumnya yang berada di kisaran angka 14 km/liter.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.