Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil
Dhoni · 5 Mei, 2021 13:00
0
0
Apakah anda pernah melihat kode atau tanda pada kaca mobil? Memang tidak semua kaca mobil terdapat tanda atau kode. Namun sebagian kaca mobil dipastikan terdapat tanda atau kode. Lalu apa arti dari tanda atau kode tersebut?
Mungkin bagi sebagian orang, informasi tentang kode yang tertera pada kaca mobil tidak penting dan kurang menarik diketahui. Berbeda dengan tanda segitiga kecil yang terdapat pada kaca depan mobil Honda. Namun tidak ada salahnya mengetahui arti dari kode pada kaca mobil.
Kode Logo Dari Pabrikan Kaca Mobil
Pada dasarnya terdapat beberapa logo yang menjelaskan asal atau pabrik pembuat kaca mobil. Beberapa pabrikan pembuat kaca mobil seperti Saint Gobain dari Perancis, Pilkington dari Inggris, AGC dan Nippon dari Jepang, Schott dari Jerman dan Xinyi dari China.
Kembali kami ingatkan, tidak semua kaca mobil terdapat tanda atau kode. Namun kode produsen atau pabrik pembuatan kaca mobil pasti terlihat jelas.
Standar Keamanan Kaca Mobil
Untuk memenuhi standar keamanan pada kaca mobil, setiap Negara memiliki kode berbeda. Kode tersebut juga dapat dijadikan sebagai acuan Negara pembuat kaca mobil. Untuk kode keamanan pada kaca mobil seperti AS – Amerika, E – Eropa, JIS (Japan Industrial Standard) – Jepang dan CCC (China Compulsory product Certification) menjadi kode standar keamanan kaca mobil di China.
Namun biasanya tidak hanya terdapat satu standar keamanan pada kaca mobil.
Untuk kode DOT yang terdapat pada kaca mobil, merupakan singkatan dari Departement of Transportasi sehingga akan menjadi DOT-563 atau American DOT-563 standar. Berarti kaca mobil tersebut telah memenuhi standar keamanan di amerika serikat.
Sedangkan standar keamanan kaca mobil di Eropa, terdapat kode yang berbeda. E1 kode standar keamanan di Jerman, E2 untuk Negara Perancis dan E3 di Negara Italia. Untuk angka setelah kode ‘E’ (seperti 43R-000055) menjadi kelanjutan dari standar keamanan.
Standar kode pada kaca
E1
Germany
E2
France
E3
Italy
E4
Netherlands
E5
Sweden
E6
Belgium
E7
Hungary
E8
Czech Republic
E9
Spain
E10
Serbia
Di Asia, untuk standar keamanan kaca mobil juga menggunakan kode ‘E’ seperti halnya Malaysia menggunakan kode E52 dan Thailand berkode E53. Sedangkan di Indonesia, kode SNI wajib tersemat untuk kendaraan atau sekedar kaca mobil yang tersedia di pasar.
Kode Jenis Kaca Depan Mobil
Pada kaca mobil juga terdapat kode yang menjelaskan lapisannya, kode angka romawi yang digunakan. Untuk ‘I’ ditujukan pada kaca depan, ‘II’ kaca depan dengan dua lapis, ‘III’ kaca depan multi lapis dengan perlakukan khusus dan ‘IV’ untuk kaca berbahan plastik. Sedangkan kode ‘V’ untuk kaca mobil selain kaca depan dengan koefisien transmisi cahaya rendah dari 70%.
Kode Lapisan Kaca Mobil
Pada kaca mobil juga akan terdapat kode ‘T’ atau ‘TP’ hingga ‘L’. kode tersebut menjelaskan model dan penggunaan yang tepat pada kaca mobil. Untuk kode ‘L’, dengan arti kaca Laminated atau windshield lebih cocok digunakan untuk kaca depan mobil. Kaca laminated memiliki kekuatan yang dapat meredam benturan. Jika terjadi benturan, kaca jenis ini pecahannya tidak menyebar sehingga tetap dapat memberikan visibilitas.
Kode ‘TP’ atau kaca Tempered memang memiliki kekuatan 5 kali lipat lebih besar dengan ukuran tebal 5 milimeter dan yang dapat menerima benturan hingga 1.500 Kg/Cm2. Tetapi karena karena akan terpecah menjadi bagian kecil, kaca tempered hanya digunakan untuk bagian samping dan belakang mobil.
Kode Tanggal Pembuatan n Kaca Mobil
Setiap pabrikan memiliki perbedaan dalam memberikan informasi tanggal pembuatan kaca mobil. Sebagai contoh kaca dari FuYao Glass Industry. Angka ‘9’ menunjukkan tahun 2009 sedangkan satu titik setelahnya menunjukkan (‘1’ + 6) bulan produksi yang berarti Juli 2009.
Dalam contoh berbeda kaca mobil buatan oleh XinYi Glass ini, angka ‘9’ pada baris pertama menunjukkan tahun 2009. Jumlah baris kedua berjumlah 11 (1 + 2 + 8) yang mewakili November, dan baris ketiga berjumlah angka untuk mewakili hari dalam bulan (10 + 2 + 1 + 4 = 17). Hasilnya kaca mobil tersebut diproduksi pada 17 November 2009.
Jadi dengan kode yang terdapat pada kaca mobil, paling tidak anda dapat mengetahui kapan proses produksi hingga fungsi dan kemampuannya.
Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD.
Instagram: dhoni_bima