Pengganti Kijang Pick Up, Versi Produksi Toyota Rangga Concept Harganya Dipatok Rp200 Jutaan
Enda · 21 Agu, 2023 11:01
0
0
PT Toyota Astra Motor hadirkan Rangga Concept di GIIAS 2023 dengan menempati booth Toyota Commercial Vehicle.
Mobil konsep ini membawa DNA Toyota Kijang pick-up dengan berbagai konversi untuk memenuhi kebutuhan usaha sehari-hari.
Diambil dari kata Ronggo dalam bahasa Jawa yang berarti ksatria, versi produksi Toyota Rangga Concept dikabakan akan meluncur dalam hitungan bulan di Tanah Air.
"Di GIIAS kita masih melihat respon pasar. Secara animo dari pengunjung dan body bulider cukup baik jadi banyak masukan yang kita siapkan.
Di komersial berbeda dengan mobil penumpang, dan kita harus siapkan aftersalesnya menghadapi launchingnya nanti.
Untuk launchingnya mudah-mudahan akhir tahun ini atau awal tahun depan,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), dalam acara Toyota Media Gathering di GIIAS 2023, Sabtu (19/8/2023).
Disebut-sebut sebagai suksesor Kijang pick up, nantinya versi produksi Toyota Rangga Concept diposisikan di bawah Toyota Hilux single cab.
"Ini bukan Kijang meski ada nama Rangga-nya. Ini sengaja dikasih namanya sedikit menyenggol.
Jadi semenjak Kijang pick up discontinue pada 2006, banyak customer Kijang pick up yang ingin continue.
Tapi kan platformnya sudah tidak ada, jadi baru saat ini kita bisa mendapatkan pengganti dari Kijang pick up yang posisinya berada sedikit di bawah Hilux dengan mengusung platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle),” ucap Anton.
Ia menambahkan, untuk harga nantinya pengganti Kijang pick up ini akan ada di kisaran Rp200 juta.
"Kehadiran versi produki Rangga Concept nanti mengisi segmen menengah ke bawah yang kita tahu memiliki pasar cukup gemuk. Rangga saya rasa lebih cocok dan pas untuk konsumen Indonesia dengan harga Rp200 jutaan,” jabarnya.
Kehadiran Rangga Concept sebagai tambahan portofolio Toyota Indonesia khususnya di segmen komersil.
Disebutkan Anton, selain menggunakan platform IMV seperti yang disematkan pada Hilux, Innova dan Fortuner, untuk jantung pacu nantinya mobil ini memakai kepunyaan Hilux.
“Mesin ada TR Engine dan GD Engine. Kalian tahu lah,” ungkapnya.
Melihat spesifikasi, mesin 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc memiliki tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Sedangkan jantung pacu diesel 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc nya sanggup melecutkan tenaga hingga 149 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 359 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.