Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Toyota Agya Paling Layak Dipertimbangkan untuk First Car
Prasetyo · 29 Jul, 2023 09:00
0
0
Rekomendasi mobil keluarga 2023 untuk mereka yang baru kali pertama memiliki mobil sebenarnya tak terlalu membutuhkan kendaraan yang premium atau bahkan super car.
Mobil ini cukup harus bisa mewakili kebutuhan mereka untuk mobilitas harian dan sesekali liburan di akhir pekan, hemat dalam pemakaian bahan bakar, dan juga mudah dalam perawatan.
Soal kelengkapan fitur mungkin hanya bonus kalau ternyata mobil tersebut bisa didapatkan dengan harga yang value for money.
Dan ternyata All New Toyota Agya bisa mewakili itu semua dibanding kompetitor terberatnya Honda Brio, tak heran kalau mobil kecil Toyota ini kami jadikan Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 untuk par akeluarga muda yang baru pertama membeli mobil.
Ganti Generasi Fitur Toyota Agya Makin Lengkap
Dari segi penjualan, Agya memang harus mengakui kedigdayaan Honda Brio. Bagaimana tidak, sepanjang periode Januari-Juni 2023, penjualan Brio sudah mencapai 30.108 unit sementara Agya hanya 11.368 unit.
Tapi bukan berarti Agya tidak layak untuk dipilih, justru sebaliknya, daripada Brio yang hingga kini belum ganti generasi, Agya sudah berubah total mulai dari desain, platform yang dipakai, mesin, hingga kelengkapan fiturnya.
Apalagi PT Toyota Astra Motor (TAM) kini menawarkan Agya GR Sport dengan beberapa spesifikasi yang tak ada di tipe G dan E.
Bukan cuma soal penyematan bodykit di bemper depan dan belakang serta sideskirt, namun tipe tertinggi ini juga diberi fitur paddle shift, Electronic Power Steering (EPS), Active D Control, Vehicle Stability Control (VSC), serta suspensi yang lebih rigid.
Dibandingkan dengan Brio RS yang juga bukan versi LCGC dari Brio, yang juga masih pakai instrumen cluster analog, tanpa ada paddle shift, headunit monitor yang hanya 7 inci, serta absennya fitur VSC dan HSA.
Varian dan Harga Toyota Agya
Di pasar Indonesia, Toyota Agya hadir dalam tiga varian tipe yaitu E, G, dan GR Sport, semuanya punya opsi transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT, kecuali tipe E yang hanya disediakan transmisi manual (M/T).
Semua varian ini menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dengan mesin WA-VE 1.2L 3 silinder berteknologi DOHC Dual VVT-i. yang diklaim memiliki daya puncak 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm di putaran 4.500 rpm.
Mesin tersebut juga dikawinkan dengan gearbox yang mendapat tuning ulang karena kini memakai fixed gear ratio sehingga gigi transmisi lebih padat dan akselerasi juga jadi lebih baik.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.