Seperti Terios, Toyota Rush dibekali mesin 2NR-VE, 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc.
Di atas kertas jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga sebesar 104 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.
Menariknya, kini Rush sudah dilengkapi Idling Stop System alias IDS di semua variannya.
Fitur ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak diperlukan serta menurunkan emisi gas buang.
Dengan begitu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
Teknologi ini memerintahkan pusat pengendali otak ECU untuk mematikan mesin mobil secara otomatis ketika kendaraan berhenti saat macet dan lampu merah.
Disebutkan bahwa dengan disematkanya fitur IDS pada Rush baru, untuk konsumsi BBM-nya lebih irit 10% dibandingkan Rush non IDS.
Dengan adanya IDS serta menerapkan gaya berkendara Eco Driving, pemakaian dalam kotanya Rush diklaim mampu menempuh jarak 13,2 km/liter.
Apakah Toyota Rush Ada Manual?
Tuas transmisi matic Rush
Toyota Rush hadir bukan cuma dengan menawarkan transmisi manual 5-percepatan, namun juga mempunyai pilihan transmisi matic 4-percepatan.
Transmisi matic yang digunakan mengusung teknologi lawas torque converter yang lebih mudah dan murah dari segi perawatan serta tangguh dibandingkan transmisi CVT maupun AMT.
Toyota Rush Apa Boleh Isi Pertalite?
Toyota Rush disarankan selalu menggunakan pertamax
Melihat spesifikasi yang dimiliki, jantung pacu 1.5L dengan kode 2NR-VE yang digunakan mempunyai kompresi mesin mencapai 11:1.
Itu artinya, untuk penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan memiliki angka RON92 atau setara dengan pertamax.
Meski begitu dalam kondisi tertentu mobil ini masih bisa mengkonsumsi BBM RON90 seperti pertalite.
Kapasitas tangki bahan bakar Toyota Rush terbilang cukup besar.
Dalam kondisi standar, kapasitas tangki bensin mobil ini mampu menampung 45 liter bahan bakar.
Itu artinya dalam kondisi kosong dan diisi BBM jenis pertamax dengan harga saat ini yang dibandrol Rp13.400 per liter, untuk dapat terisi penuh diharuskan menyiapkan uang Rp603.000.
Type Mobil Toyota Rush Apa Saja?
Varian Toyota Rush
Secara umum Toyota Rush kini memiliki dua varian yang ditawarkan, yakni G dan S GR Sport
Harga Toyota Rush per November 2023
1.5 G MT Rp282.700.000
1.5 G AT Rp293.500.000
1.5 S MT GR Sport Rp295.400.000
1.5 S AT GR Sport Rp306.100.000
Sebagai pembeda antara tipe G, varian S GR Sport terlihat lebih sporty dan nyaman berkat adanya beberapa tambahan aksesoris serta fitur.
Dari segi tampilan, tipe S GR Sport memperoleh tambahan dashing dark chrome grille yang terlihat atraktif serta bumper dengan bentuk sporty dan kekar berkat housing foglamp yang dulunya serba hitam.
Berbeda dengan varian G, pada bumper bagian bawahnya Rush GR Sport juga mendapatkan under guard dengan warna hitam yang lebih menampilkan karakter sporty.
Bagian sampingnya, tipe ini turut dilengkapi side moulding dengan bentuk yang berbeda dan diletakkan sedikit turun ke bawah.
Selain itu juga terdapat side skirt berwarna hitam serta velg 17 inci lebih besar 1 inci dengan desain lebih sporty.
Tak hanya itu, tipe teratasnya juga sudah dilengkapi fitur auto retractable pada spion samping serta defoggerpada kaca belakang yang mampu menghilangkan embun guna menghadirkan visibilitas yang lebih baik.
Oh iya, tipe ini juga sudah menggunakan sistem buka pintu smart entry yang memudahkan penggunanya ketika ingin mengunci dan membuka cukup hanya dengan memegang handle pintu.
Pada sistem hiburannya, baik varian G maupun S GR Sport sama-sama dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci.
Untuk tipe G mendukung konektivitas internet yang bisa mengakses weblink dan sudah mendukung navigasi Waze, sedangkan tipe diatasnya mendapat tambahan berupa Smartphone Remote APP dan Ipod/Iphone Connectivity.
Jika Toyota Rush G dipadukan dengan 6 speaker, varian S GR Sport dipadukan 8 surround sound speaker yang mana dapat menghasilkan kualitas suara lebih baik.
Meski begitu keduanya sama-sama berhasil mendapatkan driver seat height adjuster, start/stop button, audio & phone handsfree steering switch, tilt steering dan auto A/C with digital display.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.