Subaru XV 2022 Sudah Dekat ke Indonesia, Fiturnya Bikin Pusing Mazda CX-3 dan Toyota C-HR
Prasetyo · 21 Des, 2021 16:05
0
0
Subaru XV 2022 sudah masuk Malaysia
Punya fitur ADAS dan update setingan mesin serta suspensi
Subaru XV 2022 telah meluncur di Malaysia. Itu berarti tinggal selangkah lagi mobil Subaru terlaris ini mendarat pula di Indonesia. Lantas apa saja yang berubah dan berapa harganya?
Punya nama lengkap Subaru XV EyeSight 2022, ada dua varian yang ditawarkan oleh pihak TC Subaru Malaysia. Pertama tipe 2.0 i-P EyeSight dan satu lagi Subaru XV GT Edition. Keduanya punya fitur dan spesifikasi teknis yang identik, hanya saja di tipe GT Edition tampilanya sedikit berbeda.
Subaru XV terbaru sebenarnya merupakan model facelift. Jadi wajar kalau penampilannya tak berubah banyak. Proporsi tubuhnya masih senada, namun memang tetap ada beberapa ornamen yang dibenahi.
Misalnya gril depan, kemudian aksen di bemper depan, bemper belakang juga baru. Lantas lampu depan dan lampu belakang pun baru. Kemudian desain velg 17 inci yang terpasang juga fresh.
Khusus varian GT Edition ditambah pula bodykit lower bumper depan dan belakang, side skirt, velg desain berbeda, serta jok kulit.
Fitur ADAS Kini Ada di Semua Varian Subaru XV
Perubahan paling besar dari Subaru XV 2022 sebenarnya datang dari balik penampilannya. Yaitu berkat terpasangnya fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).
Berbekal teknologi ini, maka semua varian Subaru XV kini dilengkapi seperangkat fitur keselamatan aktif. Seperti Adaptive cruise control with and stop & go, Pre-collision Braking, Pre-collision Throttle Management, Lead Vehicle Start Alert, Lane Sway Warning, Lane Departure Warning.
Kemudian fitur baru lainnya adalah jok depan baik pengemudi maupun penumpang bisa diatur secara elektrik dengan 8 pengaturan. Bahkan ada fitur memory yang bisa diseting sampai dua posisi.
Selanjutnya ada pula rear seat belt reminders, auto door lock, serta key-linked folding door mirrors yakni spion luar akan melipat otomatis ketika pintu dikunci dari luar mobil.
Di bonet, Subaru XV 2022 masih menyimpan mesin FB20 berkapasitas 2.0-liter naturally-aspirated (NA) yang sama dengan pendahulunya. Meisn ini mampu menghasilkan tenaga 156 PS di 6.000 rpm dengan torsi 196 Nm pada 4.000 rpm.
Mesin tersebut kemudian dialirkan ke keempat rodanya menggunakan transmisi Lineartronic CVT. Tetapi Subaru memasang Dual-Function X-Mode di XV terbaru ini. Sistem tersebut secara otomatis akan mengatur output mesin, torsi dan sistem pengereman ketika Anda berkendara di medan offroad.
Selain itu pengemudi juga ditawarkan dua mode berkendara, yakni "S" dan "I". S berarti Sport dan I maksudnya Intelligent yakni mobil akan mengatur kinerja mesin supaya lebih efisien dalam pemakain bahan bakar. Selain itu ada juga pengaturan suspensi yang memungkinkan pengendalian lebih cekatan walau pada kondisi berkendara pelan sekalipun.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.