Sudah Siap Emisi Euro 4, Hino Dutro Juga Ikutan Di-facelift, Begini Bentuknya
Adit · 10 Mar, 2022 14:09
0
0
Hino Dutro facelift meluncur, pakai mesin baru Euro 4.
Selain mesin, Hino Dutro facelift interior disebut-sebut makin elegan.
Khusus Hino Dutro untuk mikro bus, sudah pakai velg alumunium supaya lebih irit BBM.
Hino Indonesia menyambut penerapan standar emisiEuro 4 dengan meluncurkan seluruh produknya yang menggunakan mesin common rail, tak terkecuali salah satu model terlarisnya di Tanah Air yaitu Hino Dutro.
Menariknya pabrikan menambah nilai baru pada produknya itu. Jadi bukan sekadar pembaruan mesin. Supaya terus kompetitif dan menarik perhatian konsumen, Hino mem-facelift ringan model tersebut.
Product Division PT Hino Motor Sales Indonesia, Tri Haryanto menjelaskan, ada beberapa sentuhan baru yang membuat kendaraan niaga di segmen light-duty truck itu lebih elegan dan dapat menunjang kenyamanan pengemudi.
"Jadi interior lebih mewah dengan warna kombinasi baru paduan coklat dan hitam seperti mobil kekinian, serta bentuk grille, bumper, lampu kabut, dan cover spion. Secara eksterior dan interior banyak mengalami perubahan," katanya di Purwakarta, Rabu (9/3/2022).
Sekilas bila melihat wajahnya sebenarnya tidak berubah banyak. Tapi kalau jeli, langsung terlihat bagian yang mengalami revisi desain. Pertama tengok desain grille, yang sekarang lebih tebal, sehingga mencerminkan kesan ketangguhan.
Kedua, bumper kendaraan pekerja ini juga ikut dirombak. Housing lampu kabut yang awalnya mengotak kini berubah jadi membulat. Selanjutnya pada bagian tengah, pangkal tangkai spionnya sekarang diberikan cover supaya terlihat rapi.
Masuk ke interior, yang berubah dari padanan warnanya. Sesuai penjelasan Tri, lengkap dengan kombinasi warna coklat dan hitam supaya tidak terlalu monoton. Ada juga panel instrumen baru serta fitur blower, umpama dari karoseri ingin menambahkan AC.
Itu tadi buat tipe truk yang biasa diandalkan untuk angkut kelapa sawit. Ada juga ubahan yang ada pada Hino Dutro yang peruntukannya bus ukuran mikro seperti di bandara atau pariwisata.
Karena orientasinya pada kenyamanan penumpang, maka ada revisi suspensi, hingga penggunaan ban tipe radial tubeless yang menyelimuti pelek alumunium, untuk mengejar efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Mesin Baru, Tenaga Makin Buas
Kemudian bicara varian mesinnya tersedia dalam dua tipe: N04C-WY bertenaga 115 PS dan torsi 353 Nm serta N04C-WY dengan output 136 PS dan torsi 392 Nm. Lebih lanjut transmisinya juga ada dua tipe.
Pertama manual 5-percepatan atau 6 percepatan. Pilihan awal cocok untuk konsumen yang mengejar akselerasi bertenaga, sementara kedua mengejar kecepatan tinggi untuk efisiensi bahan bakar.
Semua mesin Hino Dutro berkapasitas 4.009 cc. Menggunakan teknologi common rail, dengan exhaust gas recirculating, diesel oxidation catalyst, hingga variable nozzle turbo yang konfigurasinya serupa dapur pacu SUV ladder frame di Indonesia.