Menurut dia, mobil ini melanjutkan warisan dan kepercayaan yang dibangun oleh Alto, namun untuk segmen komersial.
"Mobil ini dilengkapi dengan mesin Next-Gen K10C yang terpercaya, interior dan eksterior yang mengesankan, serta sejumlah fitur kenyamanan, kemudahan, dan keselamatan," ungkap Shashank.
Yang paling penting, lanjut Shashank, Suzuki Tour H1 menawarkan efisiensi bahan bakar yang luar biasa, serta memberikan kegembiraan yang luar biasa dalam kehidupan pelanggan.
Selain itu, aksen hitam juga terlihat mengelilingi grill dan logo Suzuki 'S', serta dibagian lampu kanan dan kiri.
Untuk pencahayaan, mobil ini sangat sederhana, karena pada bagian lampu utama dan sein belum menggunakan LED.
Tour H1 juga terlihat tidak memiliki fog lamp, namun begitu memungkinkan untuk dipasang foglamp aftermarket karena sudah tersedia cangkangnya.
Lanjut bagian samping terdapat guratan yang memanjang dari depan sampai tepat di bawah handle pintu belakang.
Lekukan body mobil ini agak berbeda dengan Suzuki Alto yang garis bodinya diposisikan di bagian atas handle pintu.
Oia, untuk velgnya menggunakan model kaleng dengan ukuran 12 inch yang dibalut ban tubeless 145/80/R12.
Untuk bagian belakang juga terlihat simple, karena bumpernya sama seperti bagian depan dengan cat warna hitam, dan lampu-lampu masih menggunakan bohlam biasa bukan LED.
Interior
Untuk interior Tour H1 juga memiliki tampilan cukup sederhana dibalut dengan kombinasi warna silver dan hitam.
Pada bagian odometer juga masih manual mirip sepeda motor jadul, yang dilengkapi beberapa simbol indikator yang akan menyala jika dibutuhkan.
Untuk memberikan rasa nyaman saat mengemudi, mobil ini dilengkapi beberapa fitur standar seperti Power Steering, power Window, Assist Grip, headrest dan Sun Visor.
Selain itu, mobil ini juga memiliki beberapa tempat penyimpanan bottle dan juga kantong-kantong berukuran kecil di dekat pengemudi maupun penumpang.
Fitur Unggulan
Fitur keselamatan dan keamanan pada Tour H1, termasuk Headlight Levelling, Seat belt ELR, High Mounted Stop Lamp, Airbag depan (opsional bisa penumpang), sensor parkir, Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).
Untuk fitur keamanannya ada Immobilizer, Wiper & Washer 2 Speed + Intermittent, dan Collapsible Steering.
Pakai Mesin K10C 1.0L
Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin bensin dan juga gas atau CNG.
Untuk mesin bensin, sama seperti Alto K10, yaitu menggunakan mesin Next-Gen K10C, tiga silinder, 998 cc, K-Series Dual Jet, VVT.
Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 66,6 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 89 Nm pada 3.500 Nm.
Sementara untuk varian CNG, memiliki mesin sama yaitu K10C, dimana tenaganya lebih kecil yaitu 56,6 PS pada 5.300 rpm dan torsi puncak 82,1 Nm pada 3.400 rpm.
Dengan mesin dan tenaga yang dimiliki, Tour H1 ini tergolong cukup irit, dimana untuk varian bensin konsumsi bahan bahan bakar mencapai 24,6 km per liter dan varian CNG tembus 34,4 km per kilogram.
Harga
Suzuki Tour H1 disebut-sebut sengaja hadir untuk entry level, sehingga memang untuk beberapa bagiannya terkesan minim.
Maka dari itu, menyoal harga Suzuki Tour H1 untuk pasar India mesin bensin dijual 480.500 Rupee atau sekitar Rp86,7 juta dan mesin CNG 570.000 Rupee setara Rp102 juta.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.