Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Motuba Murah Makin Banyak Dilirik
Prasetyo · 12 Agu, 2024 08:05
0
0
Kehadiran berbagai mobil baru termasuk mobil listrik, rupanya tak mampu menghilangkan pesona motuba murah alias mobil tua bangka berharga murah. Ya sebutan motuba ini memang kerap ditempel pada mobil-mobil yang usia produksinya sudah lebih dari 10 tahun.
Meski sudah terlihat uzur, rupanya mobil Motuba murah tak pernah habis tergerus zaman. Buktinya pada Top 5 Artikel di Autofun Indonesia sepanjang pekan lalu diisi oleh tipe-tipe mobil yang sebenarnya sudah tak lagi diproduksi oleh para pabrikannya.
Lihat saja bagaimana pembaca mengenai Suzuki Baleno sedan produksi 2000-an awal yang kerap dijuluki Baleno Millenium mendapat cukup banyak pembaca. Tak kalah juga artikel mengenai Daihatsu Ceria, sosok city car Daihatsu yang sempat muncul di Indonesia sebelum era Ayla, juga banyak pembacanya.
Untuk segmen SUV, pembaca Autofun Indonesia rupanya lagi banyak yang menggali informasi seputar Nissan Livina X-Gear bekas. Kemudian pembahasan mengenai Honda CR-V RD1 yang merupakan CR-V generasi pertama juga cukup tinggi peminatnya.
Masih tingginya pembaca artikel mengenai mobil motuba murah ini, mungkin karena harga mobil-mobil tersebut yang kian terjangkau untuk semua kalangan dibanding harga mobil baru yang tiap tahunnya selalu naik.
Biar tak usah berpanjang lebar lagi, yuk kita bahas apa saja motuba murah yang jadi Top 5 Artikel Autofun Indonesia selama periode 5-11 Agustus 2024.
1. Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina X-Gear, Crossover Kompak yang Terjangkau
Nissan Livina X-Gear dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah mobil hatchback kompak berpenampilan tangguh sekaligus macho.
Pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2008, varian X-Gear ini dibangun berdasarkan Livina XR yang sanggup dimuati hingga 5 orang sekaligus dengan menyuguhkan ruang kabin lapang.
Secara penampilan, Livina X-Gear mendapat tambahan kosmetik di area fasadnya guna menampilkan kesan crossover. Seperti yang terlihat untuk eksteriornya, di bumper depan mendapat tambahan body kit serta diffuser.
Di sisi sampingnya juga mobil ini telah dilengkapi over fender serta body cladding yang membuatnya tampil gagah. Bukan cuma itu, di bagian atapnya pabrikan turut memberikan roof rail yang bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang bawaan.
Untuk bagian buritannya, mobil ini tampak lebih gambot berkat disematkannya body kit pada bumper serta diffuser yang diberi sentuhan warna perak.
Menengok sisi dalam kabin, Livina X-Gear tidak mendapatkan ubahan yang berarti bila dibandingkan dengan varian XR. Hanya saja pada Livina X-Gear jika sebelumnya hadir dengan konfigurasi 5-seater, maka di generasi keduanya yang muncul di Mei 2023, ditawarkan pula opsi 7 penumpang.
Bicara mengenai harga bekasnya, untuk pasarannya kini Nissan Livina X-Gear ditawarkan mulai dari Rp70 jutaan. Jika kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.
2. Harga Cuma Rp60 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Gen-1 RD1
Disaat tren mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) terus mengalami peningkatan, ternyata bukan cuma pada penjualan mobil baru saja, namun unit second mobil SUV juga permintaannya naik.
Kondisi ini mungkin dipicu faktor fleksibilitas mobil SUV yang bisa dipakai untuk aktifitas harian, tapi juga sesekali berpetualang di luar kota saat akhir pekan.
Namun karena sebagian lapisan masyarakat Indonesia tidak sepenuhnya sanggup membeli SUV terbaru, maka mobil-mobil bekas bergenre tersebut dengan harga terjangkau pun diburu.
Satu diantara motuba murah yang masih banyak dicari adalah Honda CR-V bekas yang kini model dengan harga paling terjangkau ada di CR-V generasi pertama. Honda CR-V Gen-1 dengan kode body RD1 pertama kali masuk ke Tanah Air pada 1998.
Sebagai SUV pertama Honda yang secara resmi masuk ke Indonesia, mobil ini memiliki kepanjangan nama Compact Recreational Vehicle. Untuk artinya sendiri adalah mobil kompak yang nyaman.
Perlu diketahui, sosok mobil ini mampu bertahan di Indonesia hingga 2002 sebelum digantikan oleh generasi kedua dari CR-V.
Melihat eksistensinya, SUV kompak asal Negeri Sakura tersebut tiba di Tanah Air dalam dua versi, CBU dan CKD. Untuk yang model CBU sendiri didatangkan secara utuh dari Australia. Perlu diketahui, jumlah unit CR-V gen-1 yang beredar dengan status CBU ini sangat amat jarang ditemui.
Mengenai fitur yang didapat, varian ini telah disematkan sistem penggerak All-time four wheel drive atau lebih dikenal AWD, sunroof, bentuk velg berbeda, suspensi lebih tinggi, reflektor lampu, mesin, transmisi dan jok.
Sedangkan versi lokal RD1 hanya mengandalkan penggerak roda depan untuk membuatnya dapat berjalan, material dan motif pelapis jok yang berbeda dari versi CBU, dan juga cuma tersedia transmisi otomatis.
Memiliki harga bekas Rp 60 jutaan dan berbagi platform dengan Civic Ferio, yuk telusuri kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1 yang dijual di Indonesia pada artikel lengkapnya berikut ini.
3. Selain Suzuki XL-7, Ini Mobil Suzuki Penggerak RWD Lainnya yang Ada di Indonesia
Suzuki XL-7 generasi awal merupakan salah satu kendaraan roda empat yang menganut sistem powertrain RWD (Rear-wheel Drive). Suzuki menjadi pabrikan Jepang yang cukup komplit menyediakan produk FWD, RWD dan 4WD.
Setiap model kendaraan pastinya memiliki sistem powertrain yang berbeda. Sebagai informasi, sistem powertrain merupakan kumpulan komponen yang berperan untuk menyalurkan tenaga dari mesin hingga ke roda untuk membuat mobil dapat berjalan.
Sebelum mengetahui beberapa produk Suzuki yang menggunakan penggerak RWD selain XL-7 di Indonesia, alangkah baiknya mengetahui lebih dulu perbedaan antara sistem penggerak FWD, RWD dan 4WD.
1. FWD (Front-wheel Drive)
Sistem penggerak FWD (Front-wheel Drive) merupakan jenis mode penggerak yang dimana tenaga dari mesin akan disalurkan ke dua roda depan mobil. Tidak ada proses tenaga melalui gardan karena as roda langsung dihubungkan pada mesin dan transmisi.
Adanya sistem tersebut membuat komponen dari mobil dengan sistem penggerak FWD lebih sedikit. Keuntungan ini membuat biaya produksi mobil jadi lebih sedikit, sehingga harga mobil pun lebih murah.
Sistem penggerak ini memiliki mesin bagian depan dengan model melintang (transverse) dan sering disebut dengan FE atau Front Engine. Jenis mobil yang menggunakan sistem ini sangat banyak di Indonesia. Karena menggunakan mode penggerak dua roda saja, maka disebut juga sebagai 2WD atau Two Wheel Drive.
2. RWD (Rear-wheel Drive)
Tidak seperti FWD, sistem penggerak dengan mode RWD (Rear-wheel Drive) menyalurkan tenaga pada bagian dua roda belakang. Karena memanfaatkan tenaga pada dua roda, maka RWD juga termasuk dalam sistem penggerak mobil 2WD.
Mobil dengan mode penggerak ini sudah populer sejak lama karena memiliki banyak kelebihan. Sistem yang bekerja adalah tenaga mesin akan disalurkan ke dua roda belakang, dengan melalui banyak peranti.
Oh iya, untuk mengetahui dengan mudah mobil tersebut menggunakan sistem penggerak roda belakang, kalian bisa melihat peletakan mesinnya. Apabila mesin ditanami model sejajar (longitudinal), maka bisa dipastikan mobil tersebut menggunakan penggerak RWD.
3. 4WD (Four-wheel Drive)
4WD merupakan sistem penggerak yang sangat berbeda bila dibandingkan FWD maupun RWD, karena tenaga akan disalurkan ke semua yang bisa diatur sesuai kebutuhan. 4WD sendiri memiliki beberapa sistem sesuai kebutuhan yaitu part time, full time dan all wheel drive atau AWD.
Mengenai part time 4WD ini pengemudi bisa menyesuaikan sistem penggerak menjadi 2WD, yang biasanya digunakan pada jalanan datar dan lurus.
Sedangkan sistem full 4WD adalah tidak ada 2WD, namun sistemnya adalah 4High, 4 Low Range dan Differential Lock. Berbeda lagi dengan AWD yang sistemnya terdapat pada keempat roda mobil. AWD juga tidak bisa diubah ke 2WD, 4H dan 4L.
Soal keuntungan, mobil 4WD memiliki traksi yang maksimal karena tenaga mesin akan disalurkan ke semua roda. Sistem ini memungkinkan roda lain akan bekerja menerima tenaga ketika salah satu roda selip.
Jadi mobil aman digunakan pada jenis jalan yang tidak rata atau bukan jalan aspal atau licin. Soal kekurangannya ada dua, yaitu bobot berat karena semua roda memiliki sistem penggerak. Kekurangan berikutnya adalah mobil ini boros dan bisa mengalami understeer atau oversteer.
Lantas apa saja daftar mobil Suzuki dengan penggerak RWD di Indonesia? Baca artikel lengkapnya disini ya.
4. Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ceria Bekas, Mobil Irit Harga Setara Yamaha N-Max
Daihatsu Ceria pertama kali diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Tanah Air pada 2001, yang saat itu berhadapan langsung dengan Suzuki Karimun kotak, Hyundai Atoz dan Kia Visto.
Memiliki usia yang cukup singkat, untuk pasar Tanah Air, Ceria hanya mampu bertahan hingga 2006.
Sebagai mobil perkotaan dengan pasaran harga bekas mulai dari Rp30 jutaan atau seharga Yamaha N-Max baru, Ceria menjadi solusi tepat bagi keluarga baru yang ingin mempunyai mobil untuk mendukung kegiatan sehari-hari.
Mempunyai nama lain Perodua Kancil untuk pasar Malaysia, berikut ini kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria.
5. Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno Millenium, Harga Makin Murah Gimana Suku Cadangnya?
Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium wajib diperhatikan untuk kalian yang hendak membeli motuba muah ini lantaran harga bekasnya kini sangat terjangkau.
Bagaimana tidak, mengutip dari beberapa situs jual beli mobil bekas termasuk Mobil123.com, harga Suzuki Baleno Millenium bekas kini sudah ada mulai dari Rp 38 jutaan sampai Rp 50 jutaan.
Padahal mobil ini memiliki sederet daya tarik yang tak kalah menarik dibanding sedan ukuran compact saat ini.
Kalau mau sedikit kilas balik kehadirannya di Indonesia, Sosok Suzuki Baleno Millenium sejatinya merupakan varian facelift dari Suzuki Baleno sedan yang telah diluncurkan Suzuki di Tanah Air tahun 1999 dan diproduksi hingga 2002.
Untuk kalian ketahui, generasi pertama Baleno sendiri punya ciri khas lampu pipih sebagai mobil perkotaan jenis sedan kompak pesaing utama Honda City dan Toyota Corolla.
Punya tampilan yang tak kalah menarik dari rivalnya, Suzuki Baleno Millenium hingga kini punya pamor yang cukup populer. Selain karena tampilannya, mobil ini cukup digandrungi masyarakat Tanah Air karena perawatannya juga tak terlalu memusingkan.
Jika kalian tertarik membeli untuk digunakan sebagai mobil keluarga ataupun kendaraan sehari-hari, simak dulu beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium berikut ini.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.