Toyota Agya GR Sport Beneran Bisa Diajak Balap, Ini Buktinya
Ilham · 19 Jul, 2022 13:02
0
0
Toyota Rush GR Sport berjaya di ajang motorsport.
Raih empat podium di kelas berbeda.
Balapan jadi ajang riset produk baru.
Lahir sebagai produk LCGC bukan berarti Toyota Agya hanya cocok dipakai harian. Buktinya Toyota Agya GR Sport yang merupakan varian sporty dari mobil terjangkau itu sukses merebut podium di arena balap nasional akhir pekan lalu.
Ini artinya mobil tersebut mampu digeber di arena balap sesungguhnya. Bukan hanya soal embel-embel GR Sport yang hadir pada aksesoris dari mobil yang dijual Rp163,9 juta.
Perebut prestasi di arena balap ini adalah Toyota Agya GR Sport garapan tim balap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI). Mobil mungil tersebut sukses merebut podium di Kejurnas Slalom 2022 Seri ke-2 yang digelar di City Circuit Sport - Jabar Arcamanik, Bandung.
Dalam ajang slalom tersebut, Toyota Agya GR Sport turun di beberapa kelas berbeda. Hasilnya keempat pembalap TGRI mampu mencatatkan waktu tercepat dan sukses mengamankan podium di semua kejuaraan nasional (kejurnas) mulai dari F (modifikasi), Wanita, Tandem dan A.
Toyota Agya bisa dipakai slalom
“Kami yakin, Agya GR Sport mampu mendukung tim TGRI tampil konsisten hingga akhir musim dan kembali meraih gelar juara nasional,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy melalui keterangan tertulisnya.
Performa Agya GR Sport
Pemilihan Agya GR Sport di balap slalom ini didasari pada performa hatchback ini yang memiliki keseimbangan yang pas antara performa mesin dan handling di lintasan slalom. Mesinnya 1.200 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 Kgm pada 4.200 rpm yang cukup resposif.
Podium balap slalom
Selain itu, sistem suspensi yang mendukung kelincahan dalam mengikuti manuver pembalap membuat aksi meliuk di antara cone dapat dilakukan dengan percaya diri. Sehingga rintangan tersebut dapat dilewati dengan cepat untuk mencatatkan waktu terbaik di masing-masing kelas kejurnas.
Lebih lanjut, kehadiran TGRI di berbagai ajang kejurnas nasional merupakan program jangka panjang Toyota untuk memperoleh berbagai ilmu dan data riset dari sirkuit. Insinyur Toyota selalu berusaha untuk meningkatkan performa kendaraan, termasuk Agya GR Sport.
Mungkinkah Toyota lahirkan Agya lebih sporty?
Pengembangan mobil balap tersebut juga dilakukan dengan tetap menjaga daya tahan di tengah persaingan yang kompetitif bermodalkan masukan pembalap. Serta data dari mobil yang digunakan saat berkompetisi.
Keuntungannya, data yang didapatkan untuk menciptakan mobil balap yang lebih kompetitif. Selain itu, akan menjadi modal utama bagi pabrikan untuk mengembangkan teknologi baru guna menghadirkan produk yang lebih baik di masa mendatang.