Toyota Indonesia Resmi Luncurkan Land Cruiser 300, Harganya Tembus Rp2,3 M
Prasetyo · 13 Jan, 2022 13:23
0
0
Toyota Land Cruiser 300 di Indonesia harganya Rp2, 3 miliar
Ada dia varian Toyota Land Cruiser 300 Indonesia
Land Cruiser 300 GR Sport punya fitur paling lengkap.
Toyota Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan Land Cruiser (LC) 300. Ada dua varian yang disodorkan yakni Toyota Land Cruiser 300 VX-R, dan Land Cruiser 300 GR-S (GR Sport). Masing-masing harganya Rp2.327.800.000 dan Rp2.378.800.000 serta cuma tersedia dalam transmisi otomatis dan sistem penggerak roda 4x4
"Toyota All New Land Cruiser melakukan pengembangan sesuai kebutuhan dan evaluasi dari pelanggannya di seluruh dunia," ucap Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Kamis (13/01/2022).
Ia pun mengakui, sejak diluncurkan secara global pada Juni 2021, LC 300 langsung menyedot banyak perhatian pecinta otomotif. Wajar memang mengingat nama Toyota Land Cruiser sendiri sudah begitu ikonik sebagai kendaraan off road "badak" penakluk segala medan.
Apalagi pada generasi terbarunya ini, pabrikan Jepang itu memberikan banyak revisi. Bukan cuma penampilannya saja yang dibuat semakin modern, namun juga dari segi fitur yang diunggulkan sampai spesifikasi teknisnya.
Jadi seperti apa Toyota Land Cruiser 300 yang ada di Indonesia? Mari kita ulas lebih detil.
Eksterior Toyota Land Cruiser 300 Makin Modern Tapi Tetap Karismatik
Secara penampilan, Land Cruiser 300 memiliki rupa yang berubah banyak dibanding generasi sebelumnya. Ia kini lebih modern tetapi masih terlihat kekar. Ini diterjemahkan melalui bentuk gril depan yang punya bilah-bilah lebih tebal dengan finishing chrome. Kemudian lampu utama juga bentuknya lebih pipih dan sudah LED multi reflektor. Untuk tipe GR-S gril depan pakai ornamen lebih banyak hitam.
Siluet bodinya juga sekarang tampak lebih tegas. Ini terlihat dari lengkung fender yang cukup menonjol, serta bentuk kaca jendela yang juga menyiku. Pada bagian belakang pun mendapat ubahan yang signifikan.
Lampu ikut dibuat lebih ramping juga dengan pemakaian full LED. Bentuk kaca belakang juga terlihat lebih tegak, serta bemper yang dibikin minimalis. Tetapi emblem bertuliskan Land Cruiser tetap menjadi ciri khas mobil ini yang tak ditinggalkan. Biar makin ekslusif ada tambahan emblem 70th Anniversary di bagian samping dan belakang bodi.
Interior Toyota Land Cruiser 300 Sajikan Kemewahan
Kalau dari luar mobil ini tonjolkan sisi modern, maka pada ruang kabin, para pemilik akan disuguhkan kemewahan lini SUV teratas ala Toyota. Lihat saja bagaimana layout dashboard begitu estetik yang seakan padu padan antara premium dan futuristik.
Bentuk lingkar kemudi sedikit mirip dengan kepunyaan Toyota Fortuner. Namun dibaliknya sudah disiapkan satu panel monitor ukuran besar yang memuat segala informasi terkait kendaraan itu demi kebutuhan pengendara. Sementara di bagian tengah dasbor berdiri tegak headunit layar sentuh yang seakan tersusun berundak dengan kontrol AC, bebeapa tombol fitur mobil, serta tuas transmisi di bagain bawahnya.
Sejumlah fitur penambah kenyamanan turut disematkan, seperti Digital Video Recorder, Wireless Charger, Electronic Parking Brake, dan Power Back Door with Kick Sensor untuk buka tutup bagasi belakang.
Seluruh jok sudah dilapis material kulit. Khusus tipe GR Sport pakai tema warna kombinasi hitam dnegan merah. Baik jok baris depan maupun jok baris kedua sama sama sudah dilengkapi arm rest, namun modelnya bukan captain seat. Khusus penumpang tengah juga sudah dibekali monitor tambahan yang terpasang di balik headrest depan, serta tombol pengaturan AC.
Mesin Toyota Land Cruiser 300 Indonesia Cuma Ada Varian Diesel
Land Cruiser 300 menjadi mobil pertama Toyota yang menggunakan platform TNGA-F. Sasis ladder frame yang dipakainya juga sudah mengalami penyempurnaan. Efeknya antara lain pengurangan bobot mobil secara keseluruhan, menurunkan center of gravity, dan turut menunjang kerja suspensi agar performanya makin mantap baik ketika melaju di jalan berasapal maupun pada saat melibas jalur offroad.
Khusus di tipe GR Sport, Toyota juga melakukan peningkatan wheel articulation untuk tetap menjaga ban mencengkram kuat ke permukaan tanah setiap saat. Kemudian ditunjang komponen Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) yang diklaim menjadi mobil pertama di dunia dengan sistem ini. Garis pandang pengemudi juga ditambah dengan hadirnya Multi-Terrain Monitor.
Dibalik bonet, Toyota Land Cruiser 300 2022 untuk Indonesia hanya dipilih yang menggunakan mesin diesel 3.3-liter V6 twin turbo berkode F33A-FTV dengan berkubikasi 3.346 cc. Di atas kertas, mesin itu menjanjikan tenaga 309 PS pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 700 Nm di rentang 1.600-2.600 rpm.
Sebenarnya ada juga varian yang menggunakan mesin bensin 3.5L V6 twin turbocharged berkode V35A-FTS. Mesin ini mampu memproduksi daya puncak 415 PS dengan torsi 650 Nm. Baik mesin diesel atau bensin sama-sama dikombinasikan transmisi 10 percepatan Direct Shift. Sayangnya varian mesin bensin tak dimasukkan ke Indonesia.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.