Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Jeep Wrangler
5.0
Segmen D Segmen | SUV Tipe Bodi | AT Jenis Penggerak | 2.0L Kapasitas Mesin |
Jeep Wrangler 2024 - 2025 ditawarkan dalam 8 varian - mulai Rp 919,00 Juta hingga Rp 1,90 Milyar , varian entry levelnya yaitu Jeep Wrangler Unlimited Sport 4x4 Rp 919,00 Juta dan varian tertingi Jeep Wrangler yaitu Jeep Wrangler Rubicon 4-Door ditawarkan dengan harga Rp 1,90 Milyar.
Jeep Wrangler 2024 memiliki 45 gambar dan foto, termasuk 15 gambar & foto interior, 28 gambar & foto eksterior, 2 gambar & foto mesin Jeep Wrangler dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Jeep Wrangler 2024 baru di sini.
Generasi terbaru Jeep Wrangler sebagai SUV menengah ini resmi meluncur di Indonesia pada 1 Desember 2018. SUV Segmen J ini dibawa langsung dari pabrik Jeep yang berda di Ohio, Amerika. Jeep Wrangler memiliki beberapa pilihan mesin. Tapi Wrangler yang dipasarkan di Indonesia hanya berbekal mesin Hurricane 2.0T 4-silinder bertenaga turbo dan transmisi 8-percepata otomatis.
Berbicara soal Jeep Wrangler, tentu yang terlintas pertama kali di benak Anda adalah sebuah mobil off-road dua pintu yang sangat ikonik. Namun itu semua berubah semenjak generasi JK, Wrangler menghadirkan model empat pintu yang dikenal Wrangler Unlimited.
Hadir dengan pintu dan kapasitas tempat duduk lebih banyak, Jeep Wrangler Unlimited kini lebih populer di Indonesia karena lebih dengan dimensi yang lebih besar, model ini lebih praktikal dan bisa menjadi mobil keluarga juga.
PT HASCAR International Motor selaku APM merek Jeep di Indonesia juga membawa Jeep Wrangler Unlimited di Indonesia, yang terbagi jadi tiga varian berbeda: Sport, Sahara, dan Rubicon.
Harga Jeep Wrangler tergantung dari variannya. Jeep Wrangler Sport sebagai varian terendah dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1.56 Miliar untuk 2-Door dan Rp 1.67 Miliar untuk 4-Door. Lalu, Jeep Wrangler Sahara sebagai varian penengah Jeep ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1.78 Milyar. Terakhir, harga Jeep Rubicon sebagai varian tertinggi Jeep berkisar Rp 1.895 Miliar untuk 4-Door.
Harga Jeep Wrangler | ||
---|---|---|
Jeep Wrangler Sport 2-Door | Rp1.56 miliar | |
Jeep Wrangler Sport 4-Door | Rp1.67 miliar | |
Jeep Wrangler Sahara 4-Door | Rp1.78 miliar | |
Jeep Wrangler Rubicon 2-Door | Rp1.78 miliar | |
Jeep Wrangler Rubicon 4-Door | Rp1.895 miliar |
Mesin Jeep Wrangler | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 2.0-Liter Turbo inline-4 | |
Kapasitas Silinder | 1.995 cc | |
Tenaga Maksimal | 274 Ps @ 5.250 rpm | |
Torsi Maksimal | 400 Nm @ 3.000 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 7.6 detik | |
Konsumsi bahan bakar | 9 km/L (dalam kota), 10 km/L (luar kota) | |
Transmisi | 8-Speed Automatic | |
Sistem Penggerak | Full-time 4WD | |
Transfer Case | COMMAND-TRAC (Sport & Sahara) ROCK-TRAC (Rubicon) |
Dimensi Jeep Wrangler | ||
---|---|---|
PxLxT | 4.785 x 1.875 x 1.868,4 mm | |
Wheelbase | 3.008 mm | |
Ground Clearance | 274,32 mm | |
Kapasitas Tangki Bensin | 81,4 L |
Kaki-Kaki dan Suspensi Jeep Wrangler | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | Solid axle, link coil, leading arms, track bar, coil springs, stabilizer bar | |
Suspensi Belakang | Solid axle, link coil, trailing arms, track bar, coil springs, stabilizer bar | |
Rem Depan/Belakang | Disc/ Disc | |
Pelek/Ukuran Ban | 17 inch with BF Goodrich berukuran LT255/75 33 inch (Rubicon), 18 inci Bridgestone Dueler H/T berprofil 255/70R18 (Sahara), 17 inci Bridgestone Dueler H/T berprofil 245/75R17 ( Sport) |
Jeep Wrangler sendiri sudah hadir sejak tahun 1987 sebagai pengganti model CJ yang populer. Diproduksi oleh American Motors dan Chrysler Corporation, Jeep Wrangler didesain sebagai mobil off-road yang lebih nyaman untuk penggunaan harian, berbeda dari CJ-Series yang merupakan utilitarian murni.
Secara garis besar, desain Jeep Wrangler masih sangat identik dibanding CJ-Series pendahulunya. Namun dengan suspensi trackbar dan anti-roll bar yang membuatnya lebih aman dan nyaman saat diajak bermanuver.
Popularitas Jeep Wrangler generasi pertama (YJ) cukup baik, dilanjutkan generasi kedua (TJ), yang dijual antara tahun 1997-2006. Di generasi ini Wrangler memperkenalkan varian long-wheelbase (LWB) empat pintu yang diberi nama Jeep Wrangler Unlimited pada tahun 2004.
Jeep Wrangler Unlimited hadir sebagai alternatif bagi mereka yang membutuhkan sebuah Wrangler dengan kapabilitas sebagai mobil keluarga. Dengan panjang lebih dari 4,500 mm, Wrangler LWB dapat mengakomodir dua baris tempat duduk dan kursi untuk lima orang.
Setelah itu, Jeep Wrangler Unlimited tak pernah absen dari line-up Wrangler generasi setelahnya. Baik itu JK (2007-2018), dan model saat ini, JL yang juga dijual di Indonesia.
Masuk lewat PT HASCAR International Motor sebagai APM, Jeep Wrangler Unlimited JL hadir dalam tiga pilihan berbeda: Sport, Sahara, dan Rubicon. Lalu, bagaimana kapabilitas Wrangler Unlimited JL sebagai mobil 4x4 dan mobil keluarga? Simak reviewnya di Autofun.com
Di mulai dari eksterior, sepintas kita tidak menemukan ada perubahan signifikan dari Jeep Wrangler Unlimited JL dari model sebelumnya. Tapi jika mata Anda cukup jeli, ada beberapa perubahan yang membuat mobil sedikit lebih aerodinamis.
Berbeda dari model JK yang dibuat lurus, Jeep Wrangler Unlimited JL ada sedikit lekukan di bagian atas grilnya, kaca depannya juga lebih rebah sekitar empat derajat dibanding sebelumnya. Ya, tidak menurunkan koefisien drag mobil jadi sangat rendah, tapi hal ini sudah dirasa cukup.
Beralih ke model styling, aura khas Wrangler masih dipertahankan di sini. Namun, aura modern dihadirkan lewat teknologi terkini semisal lampu yang semuanya sudah memakai LED, baik itu lampu depan dengan desain timeless, dan lampu DRL tipis di fender.
Beralih ke samping, ada sedikit perbedaan antara Jeep Wrangler Unlimited Rubicon dan dua varian lainnya. Khusus varian Rubicon, tampilannya lebih agresif dengan ban Mud Terrarin (MT) BF Goodrich berukuran 33 inci yang sudah siap dipakai off-road.
Alhasil, peletakan fender khusus Jeep Wrangler Unlimited Rubicon lebih tinggi dibandingkan dua varian lainnya, yang tampak lebih ‘sopan’ dan lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Pilihan finishing fender Rubicon juga lebih ekslusif, di mana varian tertinggi itu memiliki pilihan fender hitam plastik yang semakin menegaskan aura off-road khas Jeep Wrangler.
Untuk profil pelek, Jeep Wrangler Unlimited Rubicon dan Sport sama-sama menggunakan pelek 17 inci. Sementara itu, varian tengah Sahara jadi yang paling besar dengan penggunaan pelek 18 inci, meski cuma dibekali ban All-Terain (AT) dengan profil 255/70R18.
Pindah ke belakang, kesan modern langsung terlihat dengan penggunaan lampu belakang LED yang lebih besar dibandingkan generasi JK. Selain itu, semua varian Jeep Wrangler Unlimited 2020 memakai ban serep di luar, atau model konde, khas Jeep Wrangler dengan aplikasi tire hanger.
Pintu bagasinya menganut kontruksi two-piece, yang berarti proses buka tutupnya sedikit berbeda. Sebagai contoh di Jeep Wrangler Unlimited JK cara membuka bagasi pertama-tama harus membuka tire hanger, dilanjutkan pintu bagian bawah lalu pintu utamanya.
Masuk ke dalam, desain interior masih menganut ciri khas Jeep Wrangler dengan model dasbor yang cenderung rata dan tinggi. Namun, aura untuk model Rubicon terasa lebih sporty dengan panel dasbor sewarna body dengan tambahan aksen alumunium, sedangkan Sahara dan Sport lebih kalem dengan perpaduan kulit dengan aksen jahitan berwarna putih.
Layoutnya tidak berubah banyak, namun kini mengakomodir head unit berukuran lebih besar. Untuk varian Sport dan Sahara memakai layar berukuran 7 inci yang telah Support Uconnect 4 dengan Bluetooth serta integrasi smartphone Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara di Jeep Wrangler Rubicon layarnya sedikit lebih besar, 8,4 inci namun dengan fitur sama. Kualitas audio Jeep Wrangler juga jempolan dengan instalasi delapan buah speaker di dalam kabin.
Seperti mobil 4x4 kebanyakan, Jeep Wrangler terkenal dengan posisi duduk yang cukup tinggi dan cenderung tegak. Namun, penggunaan jok dengan busa yang cukup tebal membuatnya cukup nyaman untuk perjalann jauh.
Berbeda dari Jeep Wrangler standar yang pintunya hanya dua buah, Wrangler Unlimited punya akses ke belakang yang lebih leluasa dengan tambahan dua pintu di belakang, wheelbase yang lebih panjang juga memberikan ruang kaki yang lebih baik.
Hal ini juga berdampak pada kapasitas kargo Jeep Wrangler, yang standarnya berada di 533 L, dan bisa ditingkatkan lagi sampai 1.044 L dengan bangku baris kedua dilipat.
Untuk fitur keamanan,Jeep Wrangler Unlimited telah mendapat dual-SRS Airbag di depan dan side airbag. Selain itu, fitur keselamatan lain seperti Anti-lock Braking System, Traction Control, Hill-start Assist, dan Vehicle Stability Control juga tak lupa disematkan.
Untuk kemudahan berkendara, Wrangler Unlimited juga sudah memiliki kamera mundur dengan sensor Sonar, dan Blind Spot Monitoring dan Rear-cross Path Detection (RCDP) yang memberi peringatan perihal kondisi di sekitar saat berjalan.
Rangka Jeep Wrangler juga diperkuat dengan sport bar yang diberi finishing sewarna body, dan memiliki sifat sama seperti roll-bar, yakni menjaga kabin mobil tetap utuh saat terguling.
Jeep Wrangler Ultimate 2020 dibekali mesin 2.0L inline-4 turbo, yang menghasilkan tenaga 274 Ps di putaran mesin 5.250 rpm dan torsi puncak 400 Nm di 3.000 rpm. Mesin ini dihubungkan ke sistem penggerak full-time four-wheel drive (4WD) melalui transmisi otomatis delapan percepatan.
Oiya, powertrain racikan Fiat Chrysler ini juga dilengkapi teknologi mild hybrid dengan hadirnya motor listrik yang tersambung lewat belt dengan pengisiannya memakai regenerative brake, yang terjadi saat mobil mengerem.
Fungsinya tidak cuma mematikan mesin utama untuk beberapa waktu (fitur start/stop), namun dilengkapi juga Electronic Power Assist atau eTorque untuk tarikan awal saat off-road atau on-road.
Performa powetrain mild-hybrid berkubikasi 1.998 cc bisa dibilang cukupan, dengan akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam waktu 7,6 detik dengan kecepatan maksimal berada di 180 km/jam.
Saat Anda membeli sebuah Jeep Wrangler, tentu kapabilitas off-road jadi salah satu faktor utamanya. Tenang, Anda tidak salah pilih, meski lebih panjangi, namun kapabilitas off-roadnya Wrangler Unlimited tak bisa diremehkan.
Anda mendapatkan mobil dengan sistem penggerak 4WD full-time, untuk varian Jeep Wrangler Sahara dan Jeep Wrangler Sport memakai model Selec-Trac, dan Rubicon pakai model Rock-Trac yang punya distribusi tenaga berimbang ke as depan dan belakang.
Jika Anda membutuhkan kemampuan off-road maksimal, kami sarankan untuk memilih Jeep Wrangler Rubicon yang dilengkapi gardan depan-belakang DANA 44 dikombinasikan differential lock di gardan depan, serta transfer case dan gardan belakang yang bisa mengunci penyaluran tenaga ke salah satu sumbu, atau berimbang 50:50.
Jika Anda tidak akan melakukan off-road ke medan yang sangat ekstrim, maka kami sarankan untuk mengambil model Jeep Wrangler Sahara atau Jeep Wrangler Sport yang jauh lebih manusiawi dan lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari.
Dibandingkan generasi JK, Jeep Wrangler Unlimited JL punya konsumsi bensin yang jauh lebih hemat. Berbekal mesin lebih kecil dan teknologi mild-hybrid, mobil ini mencatatkan konsumsi bensin 6 km/L untuk pemakaian dalam kota, dan 8 km/L untuk penggunaan luar kota.
Anda pecinta Jeep Wrangler dan menginginkan sebuah mobil off-road legendaris namun dengan pertimbangan mobil tersebut harus bisa jadi mobil keluarga juga? Wrangler Unlimited adalah solusi untuk Anda.
Oke, mobil ini memang lebih panjang dibandingkan Wrangler standar. Tapi tetap saja, mau bagaimana juga ini adalah sebuah Jeep Wrangler, mobil dengan reputasi off-road yang sudah mengakar, dan tetap dijaga sampai saat ini.
Apakah lebih baik langsung ambil Jeep Wrangler Unlimited Rubicon? Eits, tidak juga. Jika Anda merasa tidak butuh-butuh amat performa off-road ekstrim, kami rasa varian Sahara atau Sport sudah sangat cukup. Selain lebih murah, dua model ini juga lebih nyaman dipakai untuk penggunaan sehari-hari.
Berikut adalah Status penjualan dan varian Jeep Wrangler:
Varian | Jeep Wrangler Sport 2-Door | Jeep Wrangler Sport 4-Door | Jeep Wrangler Sahara 4-Door | Jeep Wrangler Rubicon 2-Door | Jeep Wrangler Rubicon 4-Door | Jeep Wrangler Unlimited Sport 4x4 | Jeep Wrangler Unlimited Sahara 4x4 | Jeep Wrangler Unlimited Rubicon 4x4 |
Status penjualan | Y | Y | Y | Y | Y | Y | Y | Y |
Tidak, Jeep Wrangler tidak tersedia di Peringkat Euro NCAP.
Berikut adalah Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan varian Jeep Wrangler:
Varian | Jeep Wrangler Sport 2-Door | Jeep Wrangler Sport 4-Door | Jeep Wrangler Sahara 4-Door | Jeep Wrangler Rubicon 2-Door | Jeep Wrangler Rubicon 4-Door |
Tire Pressure Monitoring System (TPMS) | Y | Y | Y | Y | Y |