Jeep Wrangler Rubicon terbaru akan memenuhi daftar mobil baru di Indonesia tahun depan. Namun Jeep sebagai brand otomotif legendaris asal Amerika Serikat (AS), mulai 2025 pergerakan bisnisnya akan bernaung di bawah Indomobil Group. Melalui PT Indomobil National Distributor, Jeep akan mulai menambah jaringan dealer di Indonesia.
Sebagai gebrakan awal kehadiran Jeep di bawah payung Indomobil, maka Jeep Wrangler Rubicon 2025 akan dihadirkan untuk konsumen di Indonesia. Hal ini disampaikan langsung oleh Ario Soerjo yang kini ditunjuk sebagai Chief Operating Officer Jeep Indonesia.
"Tahun 2025, Jeep akan membawa Wrangler terbaru untuk penggemar setianya di Indonesia, dan yang akan kita bawa tentu saja varian teratas yaitu Rubicon," jelas Ario dalam paparannya di Jakarta, Rabu (18/12/2024).
Baca juga: Jeep Indonesia Resmi Meluncurkan Grand Cherokee Generasi Kelima, Harganya Tembus Rp2 M
Masih menurut Ario, Jeep adalah merek otomotif yang sudah melegenda dan hampir semua orang mengetahuinya. Karena itulah pihaknya bangga kini bisa memberikan sarana dan prasarana bagi para penggemar, pecinta, dan pengguna Jeep di seluruh Indonesia.
"Jeep adalah original SUV, merek yang sudah begitu ikonik. Jeep bukan lagi sebuah mobil yang hanya menawarkan kenyamanan dan teknologi, tapi sudah memberikan rasa kebanggan bagi para pemiliknya. Karenanya, Just Only One, Jeep!" kata Ario.
Adapun model Jeep pertama yang akan hadir di Indonesia melalui jaringan Indomobil adalah Jeep Wrangler Rubicon. Sebuah kendaraan 4x4 yang tampil dengan grille tujuh slot, ruang kabin yang luas, teknologi infotainment canggih dan fitur keselamatan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang lengkap untuk menunjang aktivitas para penggemar off-road.
Bukan cuma terkait penjualan model baru, Jeep Indonesia juga akan memperluas jaringan dealer yang memberikan layanan purna jual. Di bawah naungan PT Indomobil National Distributor dealer Jeep pertama akan ada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.
Selain itu, akan dibuka juga dealer Jeep di wilayah lainnya di Jakarta, meliputi MT Haryono, TB Simatupang. Lantas untuk kota lain ada di kawasan Gading Serpong, Tangerang, di kota Bandung, Surabaya dan juga Medan.
"Kami percaya kolaborasi ini akan menjadi simbiosis mutualisme, dengan jaringan dealer luas dan layanan purnajual terpercaya Indomobil dapat memperkuat kehadiran Jeep di Indonesia," sebut Ario. Ia juga berharap, dengan memberikan layanan penjualan dan purna jual yang menyeluruh, dapat merangkul komunitas Jeep di Indonesia agar hubungan antara APM (Agen Pemegang Merek) dengan konsumennya bisa terjalin erat.
"Tujuan kita ingin merangkul dan melayani semua pelanggan dan pemilik Jeep. Jadi kita berharap semua pecinta, penggemar, dan pemilik Jeep nantinya bisa datang ke jaringan dealer kita untuk sekedar kumpul atau nongkrong-nongkrong. Karena nantinya setiap dealer kita akan ada Jeep Lounge," tegas Ario.
Baca juga: Jeep Wrangler Rubicon Mario Dandy Dilelang Murah, Ini Syarat dan Tata Cara Biar Dapat
Selain memperkenalkan brand baru yaitu Jeep PT Indomobil National Distributor juga mengumumkan konsep dealer bertajuk "Stellantis Brand House". Konsep ini memungkinkan beberapa merek sekaligus dalam group Stellantis, untuk menampilkan lini produknya pada satu lokasi dealer yang areanya cukup luas.
Penerapan dealer Stellantis Brand House ini untuk tahap awal akan diterapkan sebagai jaringan dealer Citroën dan Jeep yang berada dibawah naungan Indomobil Group mulai tahun 2025. Demikian diungkapkan Tan Kim Piauw selaku Chief Executive Officer (CEO) PT Indomobil National Distributor.
"Selama 2024 kami mendapatkan banyak sekali pencapaian termasuk soal konsep jaringan dealer. Untuk Citroen kami sudah membuka 22 dealer di beberapa kota besar di Indonesia dan 12 diantaranya telah berubah jadi Citroen Experience Center sesuai konsep global Citroen. Dan di akhir tahun ini kami juga sudah sepakat dengan pihak Stellantis untuk membuat konsep Stellantis Brand House," jelas Tan.
Dijelaskan lebih lanjut olehnya, Stellantis Brand House merupakan konsep dealer yang sebenarnya sudah diterapkan pihak Stellantis di beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Contohnya di Perancis, dealer-dealer group Stellantis sudah bergabung dalam satu area yang sama. Yaitu untuk brand Abarth, Citroen, Fiat, Jeep, dan Peugeot.
"Di tahun 2025, kami melanjutkan langkah ini dengan menghadirkan konsep baru, Stellantis Brand House, sebagai wujud inovasi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan berkendara, tetapi juga memberikan aksesibilitas produk bagi pelanggan melalui jaringan diler terintegrasi yang menghubungkan Citroën, Jeep, dan brand lainnya dari Stellantis yang berada dibawah naungan PT Indomobil National Distributor," ungkap Tan.
Ia menyebutkan, dengan konsep baru ini harapannya berbagai brand di bawah naungan Stellantis bisa makin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Karena ada beberapa orang yang masih kerap mempertanyakan mengenai asal-usul brand tersebut.
“Sejak awal prinsipal kami sudah menegaskan tujuan di Indonesia yang utama adalah bagaimana brand ini dikenal dan bagaimana masyarakat sebanyak-banyak bisa merasakan experience dari brand ini dan juga produk-produknya, sehingga membuat mereka tertarik dan akhirnya yakin dengan brand ini,” tukas Tan.
Baca juga: SUV Coupe Citroen Basalt Dijual di Indonesia Tahun Depan?