Adu Spesifikasi Molis Rp 50 Jutaan, Pilih Honda CUV e: VS TVS iQube S?
Fariz · 30 Okt, 2024 14:30
0
0
TVS iQube S punya ruang bagasi hingga 32 liter.
Kesan modern dan kekinian disuguhkan oleh Honda CUV e:.
Jadi opsi motor listrik premium.
Segmen motor listrik (molis) premium semakin ramai karena baru saja kehadiran pendatang baru, yaitu Honda CUV e:.
Motor ini sendiri merupakan motor listrik keempat yang dihadirkan oleh PT Astra Honda Motor.
Motor listrik ini hadir dalam 2 pilihan tipe dengan rentang harga Rp 53-57 juta untuk tipe standar dengan warna Stellar Matte White, Stellar Matte Silver, dan Stellar Matte Black.
Sedangkan Honda CUV e: punya kesan yang lebih elegan, seolah ingin memberikan kesan motor listrik yang mewah dan juga futuristik.
Fitur pertama yang bisa langsung terlihat dari keduanya adalah penggunaan lampu LED di seluruh lampunya, reflektor jadi terlihat simpel tapi tetap bisa memberikan pancaran sinar cukup terang.
Untuk menghidupkan kelistrikan, CUV e: terasa lebih kekinian karena sudah menggunakan smart key system atau keyless dengan fitur anti-theft alarm juga answer back system sehingga lebih mudah juga aman.
Cukup disayangkan untuk iQube S masih bertahan dengan model kunci kontak konvensional yang terasa kurang modern di era saat ini.
Urusan spidometer keduanya kompak menggunakan layar TFT dengan isi informasi cukup lengkap dan memiliki keunggulan masing-masing.
CUV e: standar menggunakan dimensi spidometer 5 inci, sedangkan tipe Roadsync Duo menggunakan layar 7 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone.
Nantinya spidometer dapat menampilkan informasi kendaraan, navigasi, pengontrol musik, hingga menerima dan melakukan panggilan, semuanya bisa dilakukan melalui switch control yang ada pada saklar kiri.
Gak mau kalah, iQube S juga menggunakan diameter spidometer 7 inci dan dilengkapi fitur TVS Smart Connect.
Dengan fitur tersebut, banyak sekali hal yang bisa dipantau pada smartphone juga banyak sekali informasi serta fitur yang bisa muncul di spidometer.
Untuk paket Basic bisa melihat smartphone status, do not disturb mode, notifikasi pesan dan panggilan masuk.
Juga ada fitur auto-reply while riding yang mana pesan secara otomatis akan terkirim ke nomor penelpon saat sedang berkendara.
TVS juga menyediakan paket Advanced yang punya fitur jauh lebih lengkap, paket ini gratis untuk 1 tahun pertama.
Fiturnya ada live vehicle tracking, remote live charging status, last parked location, navigation assist, crash/fall alerts, anti-theft alerts, overspeed alerts, dan geofencing.
Di sisi pengereman keduanya menggunakan rem depan tipe cakram, bedanya iQube S pakai diameter cakram 220 mm sedangkan CUV e: hanya 200 mm, kalau belakang serupa pakai tipe tromol dilengkapi fitur CBS.
Ruang Penyimpanan : TVS iQube Punya Bagasi Besar
Untuk menjadi sebuah kendaraan yang fungsional, tentu paling tidak harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar.
Di sisi depan sayangnya iQube S tidak memiliki ruang penyimpanan, hanya ada gantungan barang di tengah dan ruang pijakan kaki lebar, jadi bisa membawa barang cukup besar.
Honda CUV e: memberikan sedikit ruang penyimpanan di kiri, dilengkapi penutup dan power charger.
Meskipun tidak terlalu besar tapi cukup untuk menaruh beberapa barang kecil seperti sarung tangan.
Namun rasanya pemilik iQube S akan sangat puas ketika melihat ruang bagasi yang berada di bawah jok, karena kapasitasnya mencapai 32 liter sehingga bisa memuat 2 buah helm sekaligus.
Ruang bagasi yang sangat lega ini didapat karena baterai iQube S diletakan di posisi yang lebih rendah dan model tanam, sehingga tidak mengganggu ruang bagasinya.
Kalau untuk CUV e: di bawah joknya justru penuh dengan adanya 2 buah baterai atau Honda Mobile Battery Pack e:.
Karena modelnya swap battery, membuat AHM harus membuat baterai ini mudah dilepas pasang tapi juga tetap aman, karena itu dilengkapi dengan Battery Safety-Lock.
Di sisi paling belakang sebenarnya dibuatkan ruang penyimpanan, tapi memang dimensinya terbatas, bahkan untuk jas hujan pun sepertinya sedikit maksa.
Baterai dan Jarak Tempuh : TVS iQube S Lebih Jauh
Kedua motor listrik ini dibekali dengan 2 buah baterai lithium, masing-masing baterai Honda CUV e: punya spesifikasi 50,26 volt dan 29,4 Ah yang klaimnya bisa membawa motor ini berjalan sejauh 80,7 km untuk sekali penuh.
Waktu pengisiannya 6 jam untuk kapasitas 0-100%, lalu butuh waktu hanya 2,7 jam untuk pengisian 25-75%.
Kalau masing-masing baterai TVS iQube S spesifikasinya 58 volt dan 29,3 Ah, baterai seharga Rp 10 jutaan ini dalam kondisi penuh klaimnya bisa menempuh jarak 100 km.
Kalau TVS iQube S pakai BLDC model hub drive yang mana menyatu dengan pelek, tenaga maksimalnya 4,4 kW dengan torsi maksimal 140 Nm.
Tenaga rata-ratanya hanya 3 kW dan torsi rata-ratanya diklaim di angka 33 Nm.
Keuntungan model ini tentu saja perawatannya yang minim, namun pusat beban di belakang jadi lebih besar, dan agak sulit untuk melakukan penggantian ban.
Klaim kecepatan tertinggi dimenangi oleh CUV e: karena mencapai 83 km/jam, kalau iQube S hanya 78 km/jam.
Untuk menyesuaikan karakter tenaga dengan jalan yang dilalui, CUV e: memiliki 3 pilihan riding mode yaitu ECON, STD, dan Sport.
Kalau iQube S hanya punya 2 mode berkendara, yaitu ECO dan Power saja yang bisa dipilih sambil berkendara.
Kesimpulan
Dengan dana masuk Rp 50 jutaan, tentunya sudah tergolong motor listrik premium, baik untuk Honda CUV e: dan TVS iQube S.
Kualitas produk, kekuatan baterai hingga motor penggerak jelas bukan kaleng-kaleng, dan lebih dari cukup untuk penggunaan harian.
Namun soal akomodasi TVS iQube S yang bisa menampung 2 buah helm jadi daya tarik, untuk membawa segala macam keperluan.
Hanya saja dengan fitur smartkey membuat Honda CUV e: akan lebih aman saat ditinggal di area parkir.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17