window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Meski Sempat Berevolusi, Bagian Ini Tak Pernah Hilang dari Honda PCX

Ary · 29 Okt, 2024 17:00

Honda PCX160 2025

Honda PCX160, salah satu matic premium buatan PT Astra Honda Motor
  • Debut perdana Honda PCX sebagai produk CBU
  • Honda PCX160 merupakan generasi ke-4 yang dibuat di Indonesia
  • Faktor kenyamanan menjadi daya pikat PCX160

Hadir pertama kali di Indonesia pada 2010, Honda PCX terus berevolusi baik secara desain maupun performa. Namun, ada bagian yang tetap dipertahankan termasuk pada Honda PCX160

Honda PCX160 sendiri merupakan PCX generasi ke-4. Tentu dengan sederet pembaruan, termasuk mesin dengan konfigurasi 4 katup satu silinder serta kubikasi lebih besar. 

Sekilas Sejarah Honda PCX

Padahal 14 tahun silam, matic premium Honda ini hanya mengusung mesin 125 cc. Setelah itu, tepatnya tahun 2012 Honda PCX 150 datang ke Indonesia dan tetap berstatus CBU Thailand. 

Impor Honda PCX 150 masih berlanjut, bedanya unit yang dikirim pada 2014 berasal dari Vietnam.   

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Eksistensi PCX di Tanah Air pun tetap berjalan, namun di 2018 PT Astra Honda Motor (AHM) memilih untuk memproduksi Honda PCX 150 di Indonesia dan tetap dilakukan hingga Honda PCX160 sekarang.

Honda PCX Tawarkan Kenyamanan

Seperti halnya mesin, perkembangan terhadap PCX juga terlihat pada fitur. Tapi, ada sektor yang sejatinya tetap dipertahankan oleh matic bernama lengkap Personal Comfort Xaloon ini. 

Honda PCX160 2025

Rancang bangun Honda PCX160 berorientasi untuk kenyamanan pengendara

Baca juga: Ragam Pertanyaan Terkait Honda Stylo 160, Si Matic Retro yang Bertenaga

Seperti penamaannya, Honda PCX menawarkan kenyamanan kepada penggunanya. Hal tersebut terlihat dari rancangan bangun, dalam hal ini berkaitan dengan posisi berkendara.

Komposisi antara tinggi jok 764 mm dan ground clearance 135 mm, membuat pemilik tinggi badan 170 cm, sempurna saat menapakkan kedua kaki ke aspal. 

Kenyamanan duduk di atas jok Honda PCX160 juga didukung oleh bidang cukup luas, dilengkapi pula dengan lumbar support untuk menopang area belakang bokong sekaligus pinggang. 

Desain jok seperti itu tentu membuat posisi berkendara nyaman, terlebih untuk perjalanan jauh. 

Spesifikasi Honda PCX160

Ilustrasi posisi berkendara Honda PCX160

Baca juga: Penjualan Motor Nasional Merosot, Imbas Kehadiran Motor Listrik?

Kemudian, hal tersebut ditunjang lagi dengan pijakan kaki yang memiliki dek memanjang. Sehingga memberi ruang kepada pengendara untuk berganti posisi kaki. 

Semua perancangan dengan tujuan kenyamanannya tadi lantas difinalisasi oleh bagian setang. Kemudi 'telanjang' dari Honda PCX160 ini didesain agar berorientasi kepada pengendara. 

Area handle setang agak menjorok ke arah pengendara, lalu untuk posisinya juga tidak terlalu tinggi. Hal ini memudahkan dalam bermanuver, begitu pula dengan visibilitas lebih luas.

Touring Bersama Honda PCX160

Kenyamanan dari Honda PCX160 pun kami rasakan saat berkesempatan menyambangi Honda Bikers Day 2024 di Klaten, Jawa Tengah (26/10/2024) lalu.

Honda PCX160 Touring Yogyakarta

Touring di Yogyakarta menggunakan Honda PCX160

Baca juga: Cek Lagi 5 Daya Tarik Honda PCX 160, Matic Premium Nan Nyaman

Menempuh Jarak total sekitar 150 km, beragam rute tersaji sebelum akhirnya menuntaskan perjalanan di hajatnya komunitas sepeda motor Honda tersebut. 

Berawal dari Safety Riding Center Astra Motor Yogyakarta, perjalanan, para peserta menuju arah barat membelah jalan urban yang cukup padat. Honda PCX160 yang lincah memberikan pengalaman menyenangkan saat berkendara di jalur perkotaan.

Sebelum tiba di lokasi istirahat yang berlokasi di Pantai Goa Cemara, kami bersama romobongan berkendara melewati area pedesaan dengan melibas kombinasi jalanan lurus dan berliku yang memakan waktu perjalanan selama 1 jam. 

Selepas beristirahat, para peserta melanjutkan touring melewati jalur Gunung Kidul dengan suguhan pemandangan indah alam khas pegunungan disertai tipikal jalur yang berliku. Lantas, touring Bersama Honda PCX160 pun akhirnya finis di Dodiklatpur Kodam IV Diponegoro Klaten

"Perjalanannya sangat menyenangkan ditemani kenyamanan Honda PCX. Sepanjang perjalanan kita juga bertemu bikers lain yang antusias bersiap menuju gelaran puncak Honda Bikers Day 2024. Inilah bukti bahwa meski kita berbeda dan berasal dari berbagai daerah dan latar belakang, puluhan ribu pecinta sepeda motor Honda bersatu merayakan persatuan dan persaudaraan sesama bikers Honda seluruh di Indonesia," ujar Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT AHM.

Spesifikasi Honda PCX160: 

Spesifikasi Honda PCX 160 2024
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });