Suzuki V-Strom 250 SX.
Fitur itu bernama Tip Over Sensor.
Bisa cegah motor terbakar.
Aktif jika kemiringan motor 45 derajat lebih.
Suzuki V-Strom 250 SX jadi motor sport touring adventure termurah saat ini, dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta.
Tentunya konsumen yang disasar adalah mereka yang hobi touring dan melintasi jalanan off road ringan pakai motor.
Dalam aktivitas tersebut, pastinya ada kemungkinan motor terjatuh, misalnya karena jalan yang licin.
Dan motor ini sudah dibekali fitur pengaman yang akan aktif, saat motor terjatuh.
Fitur dimaksud adalah Tip Over Sensor (TOS), yang akan langsung mematikan mesin saat motor jatuh.
Baca juga : Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?
"Jika motor miring lebih dari 45 derajat, sensor ini akan langsung aktif," kata Harsono, Group Leader Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales.
"Saat kemiringan motor segitu, itu sudah pasti jatuh motornya," tambahnya.
Menurut pria ramah ini, TOS akan mematikan mesin, sistem injeksi dan juga fuel pump.
Cegah motor terbakar jika terjatuh di aspal.
"Kenapa langsung dimatikan, karena jika terjatuh di jalan aspal, ada kemungkinan percikan api."
"Jika tidak ada TIS ini, mesin dan sistem bahan bakar masih aktif dan ada kemungkinan bensin bocor dan menyebabkan kebakaran," bebernya.
Makanya saat motor ini terjatuh, tidak bisa langsung distarter lagi untuk menghidupkan mesin.
Bisa dilihat akan ada lampu Master Warning Indicator yang menyala, dan untuk mereset cukup dengan memutar kontak OFF.
Kemudian putar kontak ON lagi, dan dicoba starter maka mesin akan langsung bekerja normal lagi.
Saat terjatuh, bensin rawan bocor dan timbulkan percikan api.
TIS sendiri seolah sudah menjadi fitur wajib untuk motor-motor injeksi, dan tiap pabrikan pun punya fitur serupa namun beda penamaan.
"Tapi ada beberapa model Suzuki yang gak ada TOS ini, seperti Nex II itu gak ada, Address juga gak ada," pungkas Harsono.
Baca juga : Jadi Motor Adventure Terjangkau, Berapa Pajak Suzuki V-Strom 250 SX?
Sekilas Suzuki V-Strom 250 SX
Motor ini tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal.
Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal.
Warning Indicator Lamp di panel meter akan nyala saat motor terjatuh.
Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun.
Suzuki V-Strom 250 SX tampil bak tunggangan adventure sejati lewat terapan paruh bebek, windscreen tinggi dan shroud yang tebal.
Belum lagi ketersediaan perlengkapan lain seperti hand guard atau ban dual purpose, guna kapabilitas di medan non-aspal.
Kemudian dipadukan dengan sasis yang ramping dan gesit membuatnya mudah digunakan kemanapun.
Punya harga termurah saat ini.
Handguard pun sudah tersemat sebagai standarnya, dengan kualitas dan kekuatan yang lebih baik dari kompetitor.
Tangki 12 liter memungkinkan motor ini bisa melaju jauh, dengan sekali pengisian bahan bakar.
Berikutnya bobot motor ini pun terhitung ringan, yakni 167 kg saja, lebih ringan dari kompetitor macam Kawasaki Versys-X 250.
Perkara jantung pacu pun menarik untuk dibahas, mengingat motor ini mengusung mesin satu silinder dan berpendingin oli.
Baca juga : Fakta Menarik Suzuki V-Strom 250 SX 2023, Lebih Murah Dari Rival!
Mesin Suzuki V-Strom 250 SX.
Spesifikasi mesinnya 40tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).
Mesin 249 cc tersebut mampu hasilkan tenaga 26,8 PS @9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm @7.300 rpm, via transmisi 6 percepatan.
Karakter mesinnya cenderung halus namun mengisi, sehingga tak liar dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh.
Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 SX
Dimensi (PxLxT)
2.180 x 880 x 1.355 mm
Sumbu Roda
1.440 mm
Jarak Terendah
205 mm
Tinggi Jok
835 mm
Kapasitas Tangki
12 liter
Berat
167 kg
Tipe Mesin
4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli
Diameter x Langkah
76 x 54,9 mm
Kapasitas Mesin
249 cc
Tenaga Maksimal
26,8 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal
22,2 Nm @ 7.300 rpm
Transmisi
Manual, 6 speed
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Monosok, preload
Ban Depan
100/90-17
Ban Belakang
140/70-17
Rem Depan
Cakram, ABS
Rem Belakang
Cakram, ABS
Harga
Rp 59,5 juta (OTR Jakarta)