Sport Cruiser Terjangkau, CFMoto CL-C450 Dijual Cuma Rp 130 Jutaan!
Fariz · 24 Jun, 2024 16:00
0
0
Kaki-kaki gambot dengan suspensi belakang monoshock.
Mesin 450 cc yang diteruskan ke roda belakang menggunakan belt.
Segmen motor besar bergaya cruiser kembali dihadirkan oleh PT MForce Indonesia, mereka memperkenalkan CFMoto CL-C450 terbaru tepat di Jakarta Fair 2024.
Dengan desain yang apik, ternyata harganya cukup terjangkau karena hanya dibanderol Rp 139,8 juta untuk on the road Jadetabek.
Area kaki-kaki dari CL-C450 ini cukup menarik karena pakai spesifikasi gambot, pelek ring 16 inci dibalut dengan ban berukuran 130/90-16 di depan dan 150/80-16 di belakang yang membuat tampilan motor ini sangat padat.
Uniknya alih-alih pakai suspensi belakang model ganda, CL-C450 justru pakai suspensi tunggal sehingga membuat area kiri dan kanan swing arm terlihat lebih rapi.
Seluruh perlampuan sudah LED tapi tetap memberi kesan klasik karena pakai model bulat.
Bahkan lampu rem menyatu dengan kedua seinnya, ini membuat tampilan belakang CL-C450 menjadi lebih simpel.
Yang cukup modern ada pada spidometernya, lagi-lagi pakai desain bulat tapi berisikan layar TFT berukuran 3,6 inci yang cukup jelas dipantau dan memiliki informasi lengkap.
Selebihnya ada fitur ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengereman keras dan TCS untuk menjaga roda belakang tergelincir saat berakselerasi.
Dari segi desain, tangki dengan kapasitas 12 liter memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, jadi harusnya nyaman dikendarai karena tidak membuat kaki pengendara membuka lebar.
Posisi duduk rendah pun menjadi ciri dari konsep cruiser, tercatat tinggi joknya hanya 690 mm dengan forward control atau posisi footstep yang berada jauh di depan.
Dengan posisinya ini, membuat posisi kaki pengendara cukup lurus walau tidak sepenuhnya selonjoran.
Mesinnya 449 cc, 2 silinder segaris, DOHC, dan andalkan pendingin cairan untuk menjaga suhu mesinnya.
Mesin dengan konfigurasi crankshaft 270° ini dibekali juga dengan double balance shaft, ini membuat karakter dentuman suaranya terdengar rapat dan tetap minim vibrasi.
Klaim tenaga maksimalnya 40,7 ps di 8.000 rpm dengan torsi maksimal 42 Nm pada 6.250 rpm.
Ini menunjukan kalau karakter mesinnya kuat di torsi saja yang nikmat untuk cruising di rpm rendah, bukan yang mengandalkan performa tinggi untuk meraih top speed.
Dengan harga dan kelengkapannya, terasa menarik bukan?
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17