window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya?

Herdi · 20 Jun, 2024 12:00

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 01

  • Honda BeAT Street 2025 resmi meluncur
  • Pesain BeAT Street ada Suzuki Nex Crossover dan Yamaha X-Ride 

Honda BeAT Street akhirnya ikut mengalami penyempurnaan sama seperti seri BeAT lainnya. 

Seperti diketahui, dari generasi yang pernah ada, tampilan BeAT Street saat ini memang cukup menarik.

Hal yang paling terlihat jelas, tentu saja tampangnya yang diklaim lebih sporty dan agresif, ditambah lampu depan sudah LED DRL.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Menjajal Honda BeAT Street 2025, Beda Rasa Berkat Pelek Baru!

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 01

Paling mencolok, tentu saja penggunaan velg berukuran 12 inci dengan balutan ban depan 100/90 dan belakang 110/90. Terapan ini membuat kaki-kakinya terlihat lebih bulky. 

Tak hanya itu, motor ini juga mempertahankan naked handlebar atau stang telanjang bak sebuah tunggangan adventure. 

"Penggunaan ban BeAT Street ini menyesuaikan namanya, bukan dipakai offroad, tapi motor ini cocok untuk orang-orang yang menginginkan karakter berbeda dari BeAT biasa," ungkap Technical Training PT AHM Sarwono Edhi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Alasan Honda BeAT Street Terbaru Pakai Pelek 12 Inci

 

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 02

Menurut Edhi, sejak awal BeAT Street muncul, sejatinya sosok motor ini tidak serta merta diperuntukan bagi penggemar Offroad. 

Maka dari itu, lanjut Edhi, bentuk ban BeAT street terdahulu masih menggunakan ban aspal, bukan ban tahu.  

Honda BeAT Street 2025 juga sudah dilengkapi panel meter full digital diisertai informasi seperti speedometer, odometer dan fuel meter.

Baca juga: Cek Dulu, Test Ride Honda BeAT Street 2025 yang Bukan Anak Tiri Lagi

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 03

Sedang untuk lampu indikatornya ada untuk lampu sein, MIL, ECO dan tambahan indikator aki dan indikator alarm.

BeAT Street juga sudah memiliki fitur Power Outlet dan juga kunci kontak masih menggunakan pengaman magnet, serta alarm untuk tetap memberikan rasa aman. 

Honda BeAT Street mengusung mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin Udara dengan injeksi bahan  bakar PGM-FI, berkapasitas 109,5 cc.

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 04

Di atas kertas, motor matik ini mampu menyemburkan  tenaga 9 PS pada 7.500 rpm, dan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.

Pesaing Honda BeAT Street

Jika melihat dari bentuk Honda BeAT Street, maka untuk kompetitornya adalah Suzuki Nex Crossover dan  Yamaha X-Ride.

Untuk keunggulan keduanya, sebagai berikut: 

Suzuki Nex Crossover

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 05

Ground clearance paling tinggi di kelasnya

Sekilas Suzuki Nex Crossover memang cocok jadi pesaing BeAT Street, melalui penggunaan stang telanjangnya. 

Hanya saja, untuk bannya berjenis dual purpose yang cocok dipakai untuk di jalanan aspal maupun tanah bebatuan. 

Suzuki Nex Crossover masih menggunakan bohlam halogen pada lampu-lampu. 

Motor matik ini masih kunci kontak berpengaman magnet, dan untuk menyalakan mesin menggunakan tombol starter berteknologi Easy Start System

Panel motor matik ini sudah full digital dengan berbagai informasi basic. 

Pada konsol penyimpanan di bawah kiri setang, terdapat USB port untuk mengisi daya smartphone.

Yamaha X-Ride

Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya? 06

Yamaha X-Ride 125 2023 warna Sand

Lawan Honda BeAT lainnya adalah Yamaha X-Ride yang memiliki tampilan tak jauh berbeda dengan Suzuki Nex Crossover. 

Yamaha X-Ride memiliki konsep grafis dengan stripe garis-garis bersilangan (sharp edge) dan tentu saja stang telajang.

Untuk bagian ban masih menggunakan ban tubeless dengan tapak lebar tapi bukan dual purpose alias ban aspal. 

Motor ini masih menggunakan panel instrumen digital, namun beberapa indikator masih analog seperti speedometer.

Beberapa hal yang membuat X-Ride lebih menarik, seperti lampu hazard, lampu utama LED DRL hingga Answer Back System.

Perbandingan Dimensi

Dimensi
Keterangan Honda BeAT Street Suzuki Nex Crossover Yamaha X-Ride
Panjang 1.868 mm 1.890 mm 1.860 mm
Lebar 745 mm 765 mm 740 mm
Tinggi 1.058 mm 1.055 mm 1.070 mm
Jarak Sumbu Roda 1.255 mm 1.260 mm 1.260 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 148 mm 150 mm 135 mm
Ketinggian Tempat Duduk 742 mm 740 mm 760 mm
Berat Kosong 88 Kg 94 Kg 98 Kg
Kapasitas Tangki 4.2 L 3,6 L 4,2 L

Perbandingan Mesin

Mesin
Keterangan Honda BeAT Street Suzuki Nex Crossover Yamaha X-Ride
Tipe Mesin 4 Langkah, 1 silinder, SOHC, ESP 4 Langkah, 1 silinder, SOCH, 2 Valve 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara, BlueCore
Volume Langkah 109.5 cc  113 cc 125 cc
Sistem Pendingin Mesin Pendingin Udara Pendingin Udara Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI Fuel Injection Fuel Injection
Diameter x Langkah 47 x 63.1 mm 51 x 55,2 mm 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10.0 : 1 - 9,5 : 1
Daya Maksimum 9.0 Ps / 7.500 rpm 9 Ps/ 9.000 rpm 9,5 Ps / 8000 rpm
 
Torsi Maksimum 9.2 N.m/ 6000 rpm 8,5 Nm/ 6.000 rpm 9,6 N.m / 5500 rpm

Perbandingan Harga

Harga
Honda BeAT Street  Suzuki Nex Crossover Yamaha X-Ride
Rp 19.300.000 Rp 20.850.000 Rp 20.200.000

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });