window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pilihan Motor Matic 2024 Bergaya Trail, Termurah Rp18 Jutaan

Ary · 8 Mar, 2024 15:00

Pilihan motor matic trail 2024

Motor matic bergaya ala motor trail
  • Yamaha X-Ride memiliki desain ala motor trail yang kental
  • Suzuki Nex Crossover satu-satunya pengguna ban dual purpose
  • Honda Beat Street paling murah

Honda, Yamaha dan Suzuki nyatanya masih mempertahankan motor matic bergaya trail mereka di tahun 2024 ini. Lantas, produk mana yang paling layak dibeli?

Seperti yang sobat Autofun.co.id ketahui, masing-masing jenama punya produk senada di etalase mereka. Terdiri dari dari Honda Beat Street, Yamaha X-Ride 125 serta Suzuki Nex Crossover

Mengenai gaya, ketiganya pun menawarkan suguhan selayaknya motor trail melalui penggunaan setang telanjang. Yang mana sengaja mengekspos bagian kemudi dan membiarkan panel meternya tanpa cover alias penutup. 

Desain ala Trail Murni

Namun, Yamaha X-Ride 125 bisa dibilang paling kental nuansa trail-nya. Selain setang telanjang tadi, motor buatan Yamaha Indonesia ini memiliki lampu sein terpisah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Yamaha X-Ride 125 2024

Warna terbaru Yamaha X-Ride 125 

Baca juga: Pakai Busi Racing Buat Motor Harian, Tambah Tenaga atau Mubazir?

Posisinya tepat di bawah setang dan menggunakan jenis lampu bohlam. Suguhan ini tentu saja berbeda dengan Beat Street ataupun Nex Crossover, di mana sinyal tersebut terintegrasi pada bodi depan.   

Masih seputar desain, X-Ride 125 pun memiliki desain sepatbor depan yang merujuk kepada penyajian pada motor trail. Lain hal dengan Beat Street dan Nex Crossover, tak ubahnya dengan Honda Beat serta Suzuki Nex II

Meski begitu, Suzuki Crossover menjanjikan pengendalian lebih baik saat dibawa 'main' ke rute light off road. 

Ban motor ini memiliki pola tapak lebih tebal, selayaknya ban dual purpose. Grip-nya juga lebih optimal ketimbang Beat Street atau X-Ride 125 yang bermodalkan ban full on road. 

Matic Trail dengan Performa Terbaik

Lanjut mengenai mesin, Honda Beat Street rupanya menjadi pemilik performa paling kecil. Mesin 109,5 cc miliknya menghasilkan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm.

Tapi bicara torsi di atas kertas, torsi Beat Street justru lebih baik daripada Nex Crossover yang notabene punya kubikasi mesin lebih besar yaitu 113 cc. 

Baca juga: Test Ride Suzuki Nex Crossover, Matic Gaya Adventure Paling Pol!

Torsi Honda Beat Street adalah 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sementara Suzuki Nex Crossover hanya 8,7 Nm di 6.000 rpm, sedangkan untuk tenaga puncak adalah 9,3 PS di 8.000 rpm. 

Namun, Yamaha X-Ride 125 jelas pemilik performa paling besar. Dengan mesin 125 cc, motor ini menghasilkan tenaga 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. 

Daftar Harga (On the Road Jakarta)
Honda Beat Street Rp 18.700.000
Yamaha X-Ride 125 Rp 20.200.000
Suzuki Nex Crossover Rp 20.600.000

Sebagaimana terlihat pada tabel di atas, Honda Beat Street menjadi matic bergaya trail dengan harga paling terjangkau yaitu Rp18 jutaan saja. 

Uniknya, Suzuki Nex Crossover dengan mesin yang kecil justru lebih mahal ketimbang Yamaha X-Ride 125.

Jadi, siapa yang paling layak beli nih?

Spesifikasi Honda Beat Street 2024
Dimensi
P x L x T 1.877 x 742 x 1.030 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 89 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Rasio kompresi 10 : 1
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system

 

Spesifikasi Yamaha X-Ride 125 2024
Dimensi
P x L x T 1.860 x 740 x 1.070 mm
Sumbu Roda 1.260 mm
Tinggi Tempat Duduk 760 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat Isi 98 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara, BlueCore
Kapasitas 125 cc
Rasio kompresi 9,5 : 1
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi V-Belt Automatic
Tenaga Maksimal 9,5 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 9,6 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/80-14
Ban Belakang 100/70-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol

 

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover 2024
Dimensi
P x L x T 1.890 x 765 x 1.055 mm
Berat Isi 94 kg
Kapasitas Tangki 3,6 liter
Mesin
Tipe 4 Langkah, 1 silinder, SOHC 2 valve, pendingin udara, SEP
Kapasitas 113 cc
Diameter x Langkah 51 x 55,2 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi CVT
Tenaga Maksimal 9 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimal 8,7 Nm @ 6.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });