Ternyata Kawat Juga Wajib Buat Motor Balap, Buat Apa Ya?
Fariz · 14 Nov, 2023 14:30
0
0
Berkaitan dengan faktor keselamatan.
Wajib terpasang di beberapa komponen motor.
Kegiatan trackday, fun race, sampai balap jadi hal menyenangkan untuk mereka yang senang memacu adrenalin dan sepeda motor kesayangannya di tempat yang aman.
Namun sebelum memasuki sirkuit, sebaiknya perlu melakukan beberapa ubahan pada sepeda motor agar layak dan aman saat dipacu di sirkuit.
Seperti melepas beragam komponen mika dan kaca agar pecahan tidak menyebar di sirkuit ketika motor jatuh.
Hal lain yang bisa dilakukan ternyata dengan memasang kawat di beberapa bagian motor.
Meski terlihat sepele ternyata penggunaan kawat pada motor pacuan balap ini punya peran cukup penting.
Bahkan saking pentingnya, penggunaan kawat atau biasa dikenal wire lock ini sampai tertulis di buku regulasi balap.
Dengan begitu wire lock ini jadi salah satu komponen yang wajib terpasang.
Wajib Terpasang
Di beberapa regulasi balap tertulis kalau wire lock ini wajib dipasang di beberapa komponen seperti as roda, kaliper, dipstick oli, baut buangan oli, filter oli mesin, dan slang radiator.
Lantas apa tujuan wajibnya wire lock terpasang di komponen tersebut? Ternyata tujuannya untuk faktor keamanan para pembalap selama jalannya balap.
Pasalnya jika dipstick oli, baut buangan oli, filter oli mesin, dan slang radiator kendor bahkan sampai terlepas saat balap, maka oli dan cairan radiator bisa tumpah ke lintasan.
Dengan begitu lintasan akan menjadi licin karena ban akan melindas oli, akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan cukup parah bagi para pembalap.
Begitu pula untuk as roda dan kaliper kalau sampai kendur maka akibatnya fatal, pembalap bisa langsung terjatuh karena roda lepas.
Atau bahkan roda mengunci karena kaliper lepas dan mengganjal di sela-sela pelek atau cakram. Waduh!
Penguat Tambahan
Wire lock ini selain wajib untuk beberapa komponen di atas ternyata juga kerap digunakan di beberapa komponen lain.
Seperti penggunaan wire lock di handgrip, ini bukan tanpa sebab karena mengikat handgrip dengan wire lock akan membuat handgrip yang kendur menjadi kencang kembali.
Dengan begitu handgrip tidak mudah melorot atau berputar selama balap yang mana akan mengganggu kinerja pembalap.
Komponen lain yang bisa menggunakan bantuan wire lock ini adalah knalpot.
Meski sudah dibaut di bracketnya tapi ada kemungkinan baut pengencangnya kendur akibat getaran mesin selama balap berlangsung.
Untuk itu wire lock bisa digunakan untuk menjadi penguat tambahan pada silencer knalpot yang terpasang di bracket knalpot.
Sehingga baut pengencang yang kendur tidak akan membuat knalpot langsung lepas akibat masih tertahan oleh wire lock.