PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi Xpander Cross 2021 sebagai line up yang fokus bermain di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Sebagai LSUV populer, Mitsubishi Xpander Cross 2021 bertarung langsung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7, dan Honda BR-V.
Seperti yang diketahui, karakter dari kendaraan SUV diharuskan memiliki ground clearance lebih tinggi, lingkar roda lebih besar, serta pengaturan suspensi yang dibuat sedikit lebih keras.
Nah, dengan pengaturan suspensi yang dibuat sedikit lebih kaku, umumnya menjadikan kendaraan jenis ini memiliki bantingan lebih keras dibandingkan LMPV 7-seater.
Namun, bagaimana dengan Mitsubishi Xpander Cross 2021, apakah LSUV 7-seater ini juga memiliki bantingan yang keras? Atau bahkan sebagai LSUV paling nyaman di kelasnya?
Jangan menganggap bahwa Mitsubishi Xpander Cross 2021 merupakan Xpander yang ditinggikan tanpa ubahan secara spesifik. Bicara suspensi, Mitsubishi Xpander Cross 2021 menggunakan model MacPherson Strut wih Coil Spring di bagian depan, juga Torsion Beam di belakangnya.
Tidak sampai disitu, pada dasarnya mobil ini mendapatkan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan suspensi baru rebound spring. Meski terlihat lebih tinggi, karakter suspensi yang ditampilkan memiliki bantingan terkesan empuk.
Mitsubishi Xpander Cross 2021 sudah dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) yang dapat menjamin keselamatan berkendara ketika berhenti di jalur yang menanjak. Ketika mobil diharuskan berhenti di tengah jalan yang menanjak, kalian tidak perlu khawatir tiba-tiba mobil mundur dengan sendirinya.
Hill start assist ini merupakan fitur pada sistem rem yang dapat menahan kendaraan beberapa detik agar tidak bergerak mundur saat perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas.
HSA sendiri membantu pengemudi supaya tidak panik ketika kendaraannya bergerak mundur di tanjakan. Pada Mitsubishi Xpander Cross 2021, fitur HSA ini bisa diaktif atau nonaktifkan secara manual oleh pengemudinya.
Demi menunjang keselamatan berkendara, Mitsubishi Xpander Cross 2021 juga berhasil dilengkapi fitur keselamatan lainnya berupa ASC (Active Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, BA (Brake Assist) dan Criuse Control.
Salah satu keunggulan yang ada pada Mitsubishi Xpander Cross 2021 adalah penggerak roda depannya atau biasa disebut Front Wheel Drive (FWD). Sistem penggerak model seperti ini dapat memberikan kenyaman lebih dalam berkendara ketimbang penggerak belakang atau Rear Wheel Drive (RWD).
Faktor inilah yang membuat Mitsubishi Xpander Cross 2021 terasa lebih nyaman dibandingkan dnegan Toyota Rush maupun Daihatsu Terios.
Secara spesifikasi mesin, sebenarnya Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki mesin yang sama dengan Xpander biasa serta Nissan All New Livina. Jantung mekanik 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1499 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 141 Nm @4.000 Rpm.
Mesin ini ditanamkan dengan posisi transverse (melintang). Meski mempunyai spesifikasi yang sama dengan Xpander, namun begitu Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki kombinasi mesin canggih dengan katup peredam guncangan sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.
Dibandingkan dengan Toyota Rush, Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki ukuran lebih besar dan jarak kabin dengan permukan aspal yang lebih tinggi, loh!
Menelusuri spesifikasi dimensi dari situs resminya, Mitsubishi Xpander Cross 2021 mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Ground Clearancenya 255 mm.
Bicara ukuran, Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios 2021 memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Jarak antara kabin luar dengan permukaan aspal setinggi 220 mm.
Dimensi paling besar di kelasnya, membuat ruang kabin Mitsubishi Xpander Cross 2021 terkesan lebih lega. Dengan begitu, berkendara menggunakan LSUV dari tiga berlian ini terasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah.
Sebagai LSUV 7-seater di bawah Rp300 juta, Mitsubishi Xpander Cross 2021 bisa dikatakan mobil ternyaman di kelasnya dibandingkan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7 serta Honda BR-V.
Salah satu faktornya dikarenakan Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki dimensi yang paling besar di kelasnya, sehingga membuat ruang kabin terasa lega.
Dengan begitu apakah kalian juga setuju bahwa Mitsubishi Xpander Cross 2021 dinobatkan sebagai LSUV ternyaman di kelasnya?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota VELOZ Q 1.5
16.755 km
2 tahun
Banten
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
36.463 km
4,5 tahun
Java East