Jadi SUV 7-Seater, Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021 Cuma Pas Buat Bocah?

Saat awal kemunculannya, Toyota Rush masih menganut konfigurasi kursi dua baris, sedangkan Daihatsu Terios sudah tiga baris. Namun pada generasi kedua, Toyota Rush 2021 sudah memakai konfigurasi 7-seater seperti Terios. Lantas seperti apa sih kenyamanan duduk di kursi baris belakangnya untuk orang dewasa?

Salah satu kelebihan yang dimiliki Toyota Rush terbaru yaitu soal dimensi yang lebih besar dibandingkan genersi pertama. Perubahan dimensi ini dimaksudkan supaya Rush menjadi sebuah SUV terjangkau untuk keluarga. 

Toyota pun membuat kursi baris ketiga ini tidak lagi sebagai opsional. Jadi, kita bisa bepergian bersama sekaligus. Barang bawaan pun bisa tetap terangkut di bagasi. 

Generasi terbaru dari Rush kini lebih panjang 230 mm, alhasil berpengaruh terhadap ruang kabin yang lebih panjang. Ruang di jok baris kedua kini bertambah 45 mm, namun bagaimana ruang di baris ketiganya?

Akses masuk ke baris ketiga melalui mekanisme pelipatan kursi baris kedua sudah one touch tumble. Ini berarti , membuatnya tetap mudah untuk masuk ke baris ketiga.

Sensasi Duduk di Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021, Dengkul Mepet Sudah Biasa

Rasanya duduk di baris ketiga jelas sempit. itu yang sering dirasakan saat mencoba duduk di baris ketiga. Parahnya lagi, kondisi terluasnya ini sudah mengorbankan kursi baris kedua. 

Untuk kondisi penuh orang dewasa, kondisinya kurang layak apabila kursi baris kedua dimundurkan paling mentok. Tidak ada ruang, dengkul sudah mentok dengan sisi belakang sandaran kursi baris kedua untuk penumpang yang berpostur 170 cm.

Terpaksa kursi depannya harus dimajukan. Dengan begini lutut akhirnya bisa leluasa bergerak dengan jarak ke depansekitar tiga jari. Untuk baris ketiga all new Rush ini kami sarankan untuk anak-anak saja.

Keluhannya masih sama saja seperti Rush generasi pertama, tetap sempit. duduk di baris paling belakang Toyota Rush untuk orang dewasa sulit untuk dikatakan nyaman! Busanya tipis dan kaki cenderung jongkok, paha bagian bawah tidak tertopang dengan baik oleh jok membuat cepat pegal.

Alhasil, baris paling belakang tidak direkomendasikan bagi penumpang dewasa. Dimensinya lebih tepat untuk anak anak atau penumpang dengan tinggi tubuh tidak lebih dari 158cm.

Cari Nyaman, Baris Ketiga di Toyota Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander Cross Lebih Manusiawi

Jok paling belakang di Kijang Innova bisa sampai tiga penumpang.

Bicara soal kenyamanan, kita harus banyak maklum dengan sosok Toyota Rush 2021 yang masuk generasi kedua ini. Memang secara dimensi membesar, tapi ternyata ruang di baris ketiga tak banyak perbedaan.

Untuk urusan kelegaan ruang, Toyota Rush 2021 sudah kalah jauh dari Kijang Innova. Padahal, perbedaan dimensinya tidak begitu jauh. Bahkan disebutkan kalau Kijang Innova 2021 bisa menampung hingga 8 penumpang.

Apakah itu berlebihan? Tidak juga karena memang kursi di baris ketiga cukup lebar. Ruangnya cukup untuk duduk tiga orang dewasa. Apabila cuma untuk dua orang, maka kursinya jelas lega.

Memang sih, karena memakai platform dari Toyota Avanza, Rush juga ikutan sempit. Untuk kelas MPV murah, ada Mitsubishi Xpander series yang lebih manusiawi. Berarti, Mitsubishi Xpander Cross ruang baris ketiganya lebih baik daripada Toyota Rush.

Ruang di Baris Ketiga Mitsubishi Xpander Cross

Memang sih tidak selega Kijang Innova, namun setidaknya rival pendatang baru seperti Xpander Cross bisa lebih baik. Ruang penumpangnya cukup untuk postur rata-rata orang Indonesia dengan tinggi 170-180 cm. Konsekuensinya, kita cukup berbagi ruang dengan baris kedua supaya ruangannya sama-sama pas.

Banyaknya tempat penyimpanan di dalam Xpander Cross, membuat penumpang bisa meletakkan barang di mana saja. Hal ini sangat cocok dengan kondisi normal baru seperti sekarang ini yang mengharuskan kita untuk membawa berbagai peralatan pribadi.

Kesimpulan

Sekalipun sudah memakai desain yang berubah total, namun keluhan dari Toyota Rush ini masih tetap sama. Untuk platform yang digunakan sekarang masih saja sempit di baris ketiganya. Ruangannya cuma memanjakan kursi baris kedua secara maksimal.

Bahkan bila berbagi ruang dengan baris ketiga pun, masih saja kursi paling belakangnya tetap sempit. Hal ini membuat kursi baris ketiga tidak proporsional untuk orang dewasa. Duduk berlama-lama di kursi paling belakangnya akan menyiksa karena kaki terlalu menekuk.

Jadi, para pendatang baru yang kini semakin meramaikan segmen low SUV ini berusaha menghadirkan fitur dan kenyamanan yang tidak ada pada Toyota Rush.  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat