Untuk sebuah MPV LCGC, baik Toyota Calya 2020 dan Datsun Go+ 2020 mampu memberikan impresi mengemudi yang tak kalah menyenangkan
Baik Toyota Calya terbaru 2020 dan Datsun Go+ 2020 ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.2 liter yang kompak dan efisien. Namun sejatinya, kedua MPV LCGC ini memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda.
Tipe mobil Toyota Calya terbaru berjumlah 3 macam. Harga Toyota Calya terbaru 2020 berkisar dari Rp 147 juta hinga Rp 166 jutaan. Ini merupakan harga Calya terbaru 2020. Sedangkan Datsun GO+ memiliki total 7 tipe. Harga Datsun GO+ terbaru berkisar dari Rp 120 juta hingga Rp 137 jutaan. Ini merupakan harga Datsun GO+ 2020.
Toyota Calya 2020 (bawah) & Datsun GO+ 2020 sama-sama bermesin 1.2 liter
Salah satu contohnya adalah jumlah silinder. Mesin 3NR-VE bawaan Toyota Calya terbaru 2020 menggunakan mesin empat silinder, sementara mesin HR12DE milik Datsun Go+ 2020 mengaplikasi 3 silinder. Dengan menggunakan mesin tiga silinder, Datsun ingin mengoptimalkan efisien volumetrik dan jumlah silinder.
Karakter penyaluran tenaga dari MPV LCGC andalan Datsun juga sudah terasa pada putaran mesin lebih rendah (lihat tabel). Sehingga menawarkan respon yang lebih sigap ketika berkendara di padatnya lalu lintas perkotaan. Namun di lain sisi, mesin 4 silinder yang dianut mesin 3NR-VE bawaan mobil Calya terbaru 2020 juga memiliki sejumlah kelebihan, yakni memiliki karakter lebih halus dan minim getaran.
Perbedaan kedua adalah penggunaan transmisi otomatis. Toyota Calya terbaru mengaplikasi otomatis dengan 4 percepatan, sementara Datsun Go+ 2020 meneruskan tradisi Nissan yang terlebih dulu sukses dengan transmisi CVT yang mereka namakan X-TRONIC. Transmisi CVT memang terkenal mampu memberikan perpindahan gigi lebih halus dan minim entakan. Sementara transmisi otomatis 4 percepatan memiliki respon perpindahan gigi dan penyaluran daya yang tak kalah optimal dan terasa lebih responsif ketika berkendara baik ketika sendirian atau dengan penumpang penuh.
Dari sisi pengendalian, keduanya memang identik dengan MPV kompak perkotaan, yakni cukup lincah. Namun dari sisi handling, mobil Cayla Toyota terbaru 2020 sedikit terasa lebih stabil. Sementara untuk Datsun GO+ 2020, dengan karakter penyaluran tenaga yang lebih halus, menjanjikan pengendalian yang cukup menyenangkan dan juga nyaman untuk digunakan pada lalu lintas perkotaan. Namun untuk feedback setir, mobil Calya terbaru terasa lebih natural dan sigap. Hal yang sama dalam hal posisi duduk saat mengemudi, MPV LCGC Toyota ini lebih nyaman dengan visibilitas lebih baik.
Karakter redaman suspensi juga terasa sangat mempengaruhi karakter berkendara dengan kedua MPV LCGC ini. Dari spesifikasi, keduanya memang menganut tipe suspensi yang mirip layaknya sebuah MPV. Meski memiliki dimensi lebih bongsor dan tinggi, namun gejala limbung atau body roll pada Toyota Calya terbaru 2020 terasa lebih minim ketimbang Datsun GO+. Ketika berkendara dengan penumpang penuh, suspensi Toyota Calya masih mampu memberikan peredaman dan pengendalian lebih baik.
Toyota Calya 2020 A/T | Datsun Go+ 2020 X-TRONIC | ||||
Mesin | 3NR-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i | HR12DE, 1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC | |||
Jumlah Silinder | 4 Silinder | 1.200 cc 3 silinder | |||
Pasokan Bahan Bakar | Injeksi elektronik | Injeksi elektronik | |||
Tenaga Maksimum | 87 hp @ 6.000 rpm | 80 hp @ 5.000 Rpm | |||
Torsi Maksimum | 107.9 Nm @ 4.200 rpm | 110 Nm @ 4.000 Rpm | |||
Kapasitas Silinder | 1.498 cc | 1.496 cc | |||
Tipe Transmisi | Otomatis 4 percepatan dengan mode manual, penggerak roda depan | Otomatis CVT X-TRONIC, penggerak roda depan | |||
Dimensi | |||||
P x L x T | 4.070 mm X 1.655 mm X 1.600 mm | 3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm | |||
Jarak Sumbu Roda | 2.525 mm | 2.450 mm | |||
Jumlah Tempat Duduk | 7 Penumpang | 7 Penumpang | |||
Kapasitas Tangki BBM | 36 Liter | 35 Liter | |||
Kaki-Kaki dan Suspensi | |||||
Suspensi Depan/Belakang | Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar & Axle Beam | MacPherson Strut & Torsion Beam | |||
Sistem Kemudi | Electronic Power Steering | Electronic Power Steering | |||
Rem Depan & Belakang | Ventilated Disc & Drum | Ventilated Disc Brake & Drum | |||
Pelek | Alloy, 14 Inci | Alloy, 14 Inci | |||
Jenis Ban | 175/65 R14 | 175/65 R14 |
Toyota Calya terbaru 2020 terbukti mampu memberikan impresi berkendara lebih baik. Dengan performa yang lebih responsif, handling lebih sigap dan posisi duduk lebih nyaman, membuat MPV 7 penumpang bermesin 3NR-VE terasa lebih menyenangkan. Sementara untuk Datsun GO+, dengan karakter penyaluran tenaga lebih halus dengan transmisi CVT, juga mampu memberikan impresi yang baik. Namun harus diakui, dengan facelift yang dilakukan pada mobil Calya terbaru pada tahun 2019 lalu, sukses membuatnya menjadi lebih baik dan kompetitif.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
12.488 km
3,5 tahun
Jakarta