Review Toyota Alphard 2020: Kemewahan di Atas Empat Roda

Berbicara soal MPV Premium, Toyota Alphard merupakan salah satu yang terlaris sejak diperkenalkan pertama kali di Jepang tahun 2002. Jadi rival Honda Elysion dan Nissan Elgrand, Alphard merupakan MPV mewah paling laris kala itu.

Saat itu, Alphard juga sudah masuk Indonesia melalui Importir Umum (IU). Namun, baru pada generasi kedua, tepatnya pada 2008, Toyota Alphard masuk resmi ke Indonesia lewat PT Toyota Astra Motor.

Sebelum resmi masuk Indonesia tahun 2008, Toyota Alphard dijual oleh Importir Umum.

Hadir dengan kemewahan, kenyamanan, dan durabilitas khas Toyota, seketika popularitas Alphard langsung meroket, dan jadi MPV premium paling laris di Indonesia saat itu.

Demi memperkuat posisinya sebagai market leader di segmen MPV premium, Toyota Alphard menghadirkan penyegaran pada tahun 2018.

Beberapa improvement dihadirkan, mulai dari modifikasi eksterior, interior, dan tambahan varian hybrid. Saat ini, Alphard dijual dalam tiga varian, empat jika kita menghitung varian 2.5 HV

Daftar harga Toyota Alphard 2020

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,02 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,17 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

 
Tipe Harga
Toyota Alphard 2.5 X A/T Rp1.025.200.000
Toyota Alphard 2.5 G A/T Rp1.179.600.000
Toyota Alphard 2.5 Q A/T Rp1.952.100.000

Spesifikasi Toyota Alphard 2020

 
Mesin Toyota Alphard
Tipe Mesin V6, DOHC VVT-i 2GR-FKS (3.5), Inline-4 DOHC Dual VVT-i 2AR-FE (2,5)
Kapasitas Silinder 3.456 cc (3.5), 2.494 cc (2.5)
Tenaga Maksimum 295 HP @ 6.200 rpm (3.5), 177 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 360 Nm @ 4.700 rpm (3.5), 235 Nm @ 4.100 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 8,3 detik(3.5)
Konsumsi Bahan Bakar 6 km/l (dalam kota), 12 km/l (tol) (3.5)
Transmisi Otomatis 8-percepatan (3.5), CVT (2.5)
Sistem Penggerek Front-wheel-drive
Dimensi
P x L x T 4.945 mm x 1.850 mm x 1.895 mm
Wheelbase 3.000 mm
Ground Clearence 160 mm
Kapasitas Tangki Bensin 75 L
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut with Torsion Bar / Double Wishbone with Torsion Bar
Pelek 18 inch dual-tone
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc (Front & Rear)
Ukuran Ban 235/50 R18

Pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2002, Toyota Alphard diplot sebagai rival kuat Nissan Elgrand dan Honda Elysion, respon publik Jepang cukup positif di mana Alphard jadi MPV paling laris di Negeri Sakura saat itu.

Tahun 2005, Toyota Alpard mendapatkan facelift dengan desain lampu belakang baru, penggunaan pelek lebih besar, dan mendapatkan varian hybrid. 

Pada generasi kedua, diperkenalkan Toyota Vellfire yang juga resmi masuk Indonesia

Tahun 2008, Toyota Alphard generasi kedua diperkenalkan dengan desain eksterior yang lebih modern, serta kabin yang semakin mewah. Dan untuk pertama kalinya, Alphard terbagi menjadi dua model, di mana keduanya dijual resmi untuk pertama kalinya di Indonesia lewat Toyota Astra Motor.

Toyota Alphard yang mengutamakan kemewahan, dengan Vellfire yang jadi model lebih dinamis dan sporty. Tiga tahun berselang, tahun 2011, Alphard dan Vellfire kembali mendapatkan facelift yang menyegarkan tampilan eksterior, interior, dan tambahan varian hybrid.

Tahun 2015, generasi ketiga Toyota Alpard diperkenalkan di Jepang dan tak lama kemudian disusul pasar Indonesia. Adapun varian yang dipasarkan di Tanah Air saat itu adalah 2.5 X FWD, 2.5 G FWD dan 3.5 Q AWD.

Pada 2018, MPV mewah ini mendapatkan facelift dan semakin menegaskan identitas Toyota Alphard sebagai kendaraan premium selama bertahun-tahun sampai saat ini. Apa saja upgrade-nya? Simak review Toyota Alphard 2020 di bawah ini.

Eksterior

Kita mulai dari eksterior, hal pertama yang paling menonjol dari Toyota Alphard 2020 adalah grill yang dipakai lebih besar dari model pre-facelift dengan finishing black piano dan krom yang memberi kesan mewah.

Grille besar dengan aksen black glossy dan krom menguatkan kesan mewah

Lampu depannya juga terlihat lebih dinamis dengan model yang lebih tajam, dan dibagi menjadi dua oleh garis krom yang membentang ke bawah bumper. Bagian atas merupakan lampu utama dengan teknologi LED, sementara di bawah terdapat turn lamp dengan pattern nyala sequential yang sangat cantik.

Pindah ke samping, kita menemukan kaca spion dengan fitur auto folding dan lampu sein. Desain bagian samping juga tampak unik dengan pillar-B yang diberi warna body, sementara pillar-C dibiarkan hitam.

Alhasil, kaca samping terlihat lapang, yang menegaskan luasnya interior dalam. Pelek yang dipakai sendiri berukuran 18 inci, cukup besar meski kami merasa pelek 19 atau 20 inci akan lebih proporsional untuk MPV bongsor ini.

Bagian belakang Toyota Alphard 2020

Beralih ke belakang, lampu belakang Alphard 2020 dibuat tampak seperti jajar genjang dengan sedikit bagian lampunya melebar ke samping.

Lampu tersebut dipisahkan oleh rear garnish krom yang membuatnya makin mewah, sementara itu di bumper bawah terdapat reflektor, dan empat buah sensor parkir.

Interior

Berbeda dari eksterior, pada bagian interior kita tidak menemukan ubahan signifikan pada kabin Toyota Alphard 2020.

Bagian dasbor masih didominasi warna hitam dengan sedikit sentuhan kayu dan krom di konsol tengah.

Di sana, kita menemukan layar berukuran 9 inci dengan berbagai tombol pengaturan di bawahnya, termasuk AC Digital yang sudah mendukung dual zone.

Jika membahas Toyota Alphard, hal paling penting adalah baris belakang, bagaimana kenyamanan dan akomodasinya. Untuk ini, kami memberi nilai sempurna pada kabin belakang, tiada cela!

Di baris kedua, terdapat dua buah tempat captain seat yang sangat nyaman. Kursinya terasa sangat fleksibel, apalagi dengan leg room yang melimpah. Anda tidak akan kesulitan menemukan posisi duduk ideal di dalam sebuah Alphard.

Tempat terbaik di dalam kabin Toyota Alphard adalah di bagian baris kedua

Pada varian 3.5 Q, yang merupakan trim tertinggi, hadir panel untuk mengatur posisi duduk, termasuk pengaturan AC/Heater.

Perjalanan jauh juga tidak akan membosankan ditemani rear-seat entertainment sebesar 13 inci yang sudah mendukung HDMI dan phone mirroring.

Jika menginginkan aura kabin yang berbeda, Anda bisa menyalakan Color Ceiling Illumination dengan 16 warna berbeda yang bisa dipilih.

Duduk di bangku ketiganya juga oke, cukup akomodatif secara ruang kaki dan kepala, tapi bagasinya tidak terlalu besar jika semua bangku berdiri.

Akses masuk kargo jelas akan lebih mudah dengan fitur power back door

Ruang kargo jelas akan bertambah signifikan jika bangku belakang dilipat ke samping, namun tetap saja akan sulit memuat barang dengan dimensi yang sangat besar.

Hal ini dikarenakan kursi yang dilipat sedikit memakan ruang kabin. Namun, akses ke bagasi dibuat praktis dengan hadirnya fitur power backdoor.

Fitur keselamatan

Sebagai MPV Premium, fitur keselamatan Toyota Alphard 2020 jelas tidak main main. Untuk varian 3.5 Q, hadir dual-SRS Airbag di depan, ditambah side airbag dan curtain airbag, dan knee airbag.

Toyota Alphard 2020 hadir dengan 7 buah airbag di dalam kabin

Tentu saja, fitur esensial seperti Anti-Lock Braking System (ABS), dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) juga tersedia, hal ini juga ditunjang dengan performa rem cakram di seluruh roda.

Alphard juga dilengkapi Traction Control (TC), Vehicle Stability Control (VSC), dan juga Hill-Start Assist (HSA).

Selain itu, ada delapan sensor ultrasonik yang tersebar di depan dan belakang mobil. Sensor-sensor tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi kendaraan lain dan objek statis di sekitar mobil yang bisa memicu kecelakaan.

Toyota Safety Sense hadir sebagai fitur standar di Alphard 2020

Paket Toyota Safety Sense hadir di Toyota Alphard sebagai standar.  Paketnya cukup lengkap, dan terdiri dari  Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.

Selain itu, hadir juga Blind Spot Monitoring (BSM), Rear-Cross Traffic Alert (RCTA), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Mesin

Untuk mesin, Toyota Alphard 2020 hadir dalam dua pilihan powertrain, mesin V6 3.456 cc berkode 2GR-FKS untuk varian 3.5 Q, mesin tersebut punya tenaga 295 HP di 6.200 rpm, dan torsi 360 Nm di 4.700 rpm.

Mesin V6 Alphard 2020 punya tenaga yang cukup impresif

Sempentara itu untuk varian 2.5 G dan 2.5 X, mesin yang dipakai memiliki empat silinder 2.494 cc DOHC Dual VVT-I berkode 2AR-FE, tenaga mesin ini berkisar 177 HP di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 235 Nm di 4.100 rpm

Performa & Handling Toyota Alphard

Bagaimana dengan performanya, dalam suatu kesempatan kami menjajal akselerasi varian 3.5 Q, mesinnya cukup responsif dan bisa menarik mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,2 detik, cukup impresif jika mengingat bobot mobil yang lebih dari 2 ton.

Jika mencari performa terbaik, kami sarankan ambil varian 3.5 Q

Soal handling, Toyota Alphard yang menggunakan sasis monokok dengan suspensi belakang Double Wishbone punya handling cukup mengesankan untuk mobil seukurannya. Mobil terasa stabil saat bermanuver, sekalipun dalam kecepatan tinggi. 

Bodyroll juga terasa minim saat menikung, namun ada poin yang perlu diperhatikan, dengan ground clearence yang rendah, mobil cenderung agak ceper dalam kondisi penuh. Itu jelas akan menyulitkan di jalanan Indonesia yang punya banyak sekali polisi tidur.

Konsumsi BBM Toyota Alphard

Toyota Alphard bukanlah mobil yang didesain dengan konsumsi bahan bakar efisien, Anda tentu sudah mengetahui itu sebelum membeli MPV mewah satu ini.

Dengan varian 3.5 Q, konsumsi bensin dalam kota berkisar antara 6 km/l jika dipakai dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Bahkan bisa lebih boros lagi jika macetnya sangat parah, masuk ke tol, konsumsi bensinnya naik menjadi 12 km/l jika mobil dipacu secara konstan di 80 km/jam.

Jika Anda masih mempertimbangkan konsumsi bahan bakar, kami sarankan untuk mengambil varian 2.5 saya yang pasti akan lebih irit, akan lebih baik lagi jika 2.5 HV.

Video

Kesimpulan

Sejak dahulu, Toyota Alphard menjadi simbol kemewahan di atas empat roda. Wajar saja, kabin MPV mewah ini memiliki kenyamanan kelas wahid yang sukses dipertahankan sampai sekarang.

Mencari MPV premium dengan kenyamanan dan kemewahan terbaik? Toyota Alphard 2020 bisa jadi pertimbangan

Jika Anda mencari sebuah mobil mewah dengan kabin super lega dan mewah, dan lebih sering disupiri oleh supir pribadi ketimbang mengendarai sendiri, Toyota Alphard 2020 bisa jadi pilihan terbaik.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Alphard

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Waspadalah Pajero Sport dan Fortuner ! Kia luncurkan SUV Sorento 2021 fitur melimpah tampang sangar!

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Alphard
Lihat