Toyota akhirnya mengeluarkan versi teranyar dari varian pick-up yang dikenal sebagai Toyota Hilux. Kemunculan varian mobil Pick-Up dari Toyota ini sempat memberikan banyak pertanyaan. Peluncuran Toyota Hilux ini berjarak jauh dibandingkan dengan para pesaingnya, yaitu Ford Ranger dan Mitsubishi. Namun, tampaknya hal ini bukanlah masalah bagi Toyota.
Mobil pick up Toyota Hilux sangat dipercaya sebagai unit terbaik untuk digunakan di medan berat. Kondisi jalan berlubang atau berlumpur, Toyota Hilux tetap oke dalam beroperasional. Dilengkapi dengan mesin yang memiliki tenaga berlimpah, mobil ini tentu akan memberikan kepuasan bagi pengendara. Tentunya mobil ini juga dilengkapi dengan desain elegan serta fitur yang tak kalah canggih.
Pada tahun 1968 generasi pertama dari Toyota Hilux sudah diluncurkan. Peluncuran pertama ini mendapat sambutan yang baik dari para konsumen. Hingga saat ini, Toyota Hilux sudah mencapai pada generasi ke delapan yang dikembangkan oleh Toyota guna untuk menyiapkan varian Pick-Up yang multifungsi.
Sepanjang tahun lalu kemarin, Toyota Hilux menjadi model terlaris dengan penjualan 3.404 unit. Namun, pada bulan Juni terakhir ini dimana pasar mulai melambat, penjualan Toyota Hilux pada skala nasional terdapat pada angka 1.695 unit. Begitu juga dengan penjualan di luar negeri, kondisi pasar produk masih sangat lesu.
Di segmen awal ini, akan dibahas lebih lanjut soal daftar harga Toyota Hilux D-Cab terbaru yang dijual di Indonesia. Mobil pick up Toyota Hilux tersedia dalam 6 varian. Secara keseluruhan, harga Toyota Hilux 2020 berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 486 jutaan. Adapun mobil pick up Hilux ini terdiri dari single cabin dan double cabin yang masing-masing berjumlah 3 varian. Harga Hilux double cabin berkisar Rp 427 juta hingga Rp 486 jutaan. Ya, inilah dia harga mobil hilux pick up Indonesia.
DAFTAR HARGA TOYOTA HILUX D CAB TERBARU | ||
---|---|---|
Tipe Mobil | Harga Mobil | |
Double Cab 2.4 L E 4x4 MT Diesel | Rp. 426,5 jutaan | |
Double Cab 2.4 L G 4x4 MT Diesel | Rp. 447,5 jutaan | |
Double Cab 2.4 L V 4x4 AT Diesel | Rp. 485,6 jutaan |
Untuk lebih tahu spesifikasi detail di tiap tipenya, akan dibahas lebih lanjut tentang spesifikasi Toyota Hilux Double Cabin 2015.
SPESIFIKASI TOYOTA HILUX D-CAB 2015 | |||
---|---|---|---|
KATEGORI | 2.4 L E 4x4 MT DIESEL | 2.4 L G 4x4 MT DIESEL | 2.4 L V 4x4 AT DIESEL |
DIMENSI BODI TOYOTA HILUX D-CAB 2015 | |||
Panjang x Lebar x Tinggi | 5.290 mm x 1.855 mm x 1,815 mm | 5.330 mm x 1.855 mm x 1.815 mm | 5.330 mm x 1.855 mm x 1.815 mm |
Wheelbase | 3.085 mm | 3.085 mm | 3.085 mm |
Ground Clearance | 279 mm | 279 mm | 279 mm |
Kapasitas Tangki | 80 L | 80 L | 80 L |
MESIN TOYOTA HILUX D-CAB 2015 | |||
Tipe Mesin | 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-Valve DOHC with VNT Intercooler | 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-Valve DOHC with VNT Intercooler | 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-Valve DOHC with VNT Intercooler |
Kapasitas Silinder | 2.494 cc | 2.393 cc | 2.393 cc |
Tenaga Maksimal | 149,6 PS / 3.400 Rpm | 149,6 PS / 3.400 Rpm | 149,6 PS / 3.400 Rpm |
Torsi Maksimal | 40,8 Kg.m / 1.600 - 2.000 Rpm | 40,8 Kg.m / 1.600 - 2.000 Rpm | 40,8 Kg.m / 1.600 - 2.000 Rpm |
Sistem Penggerak | Fuel Injection w/ Common Rail | Fuel Injection w/ Common Rail | Fuel Injection w/ Common Rail |
Bahan Bakar | Diesel | Diesel | Diesel |
KAKI-KAKI DAN SUSPENSI TOYOTA HILUX D-CAB 2015 | |||
Suspensi Depan/Belakang | Double Wishbone/ Leaf Spring Rigid Axle | Double Wishbone/ Leaf Spring Rigid Axle | Double Wishbone/ Leaf Spring Rigid Axle |
Rem Depan/Belakang | 16/Leading Trailing Drum | 16/Leading Trailing Drum | 16 Ventilated Disc/Leading Trailing Drum |
Ukuran Ban | 225/70 R17 Steel | 265/65 R17 Steel Alloy | 265/65 R17 Steel Alloy |
Mobil pick-up legendaris ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1968 sekaligus sebagai generasi pertama Toyota Hilux luncuran Toyota. Sampai saat ini, Toyota Hilux selaku mobil Pick up Indonesia sudah memiliki 8 generasi. Perkembangan di setiap generasinya pun sudah dirancang sangat bagus demi meluncurkan pick-up yang multiguna.
Mobil Pick up Toyota Hilux D-Cab generasi pertama diberi kode RN10-D. Dari perspektif dimensi, Toyota Hilux D-Cab generasi pertama memiliki panjang 4.215 mm, lebar 1.580 mm, tinggi 1.570 mm dan Wheelbase 2.540 mm. Sedangkan untuk mesin, dibekali dengan mesin 4-silinder OHV dengan kode 2R yang memiliki kapasitas 1.490 cc bertenaga 70 Dk/5.000 rpm.
Pada generasi kedua ini ada tiga model yang ditawarkan, yaitu Deluxe (RN20-JD), Long Body Deluxe (RN25-JD), dan Highway (RN22-JD). Mobil ini dibekali dengan mesin berkode 12R dengan konfigurasi 4 silinder OHV 1.587 cc (RN20 dan RN25) dan 4-silinder berkode 18R 1.968 cc (RN22). Selain itu, Toyota Hilux D-Cab pada tipe Highway dilengkapi dengan transmisi yang tersedia 4-Speed manual dan 3-Speed otomatis.
Generasi ini merupakan pertama kalinya memperkenalkan versi 4x4 tepatnya pada Oktober 1979. RN30 merupakan kode untuk Toyota Hilux generasi ketiga. Spesifikasi disediakan untuk mobil penumpang, tipe ini jadi lebih nyaman dikendarai. Perubahannya ada pada suspensi belakang yang kini memakai torsion bar.
Toyota Hilux generasi 4 memiliki kode RN45. Perkembangannya banyak pada interior dan eksteriornya. Ada beberapa pilihan mesin yang disediakan, antara lain 1.600 cc (12R-J), 1.800 cc (2Y), diesel 2.200 cc (L) dan 2.400 cc (2L). Tepat pada 1984 Toyota luncurkan Hilux Surf atau Toyota 4Runner. Hilux Surf merupakan versi Station Wagon dari Toyota Hilux 4x4, saat ini disebut sebagai SUV.
Generasi kelima diberi kode berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu kode bodi VN105/LN106/YN100. Pengembangannya berfokus menjadikan Toyota Hilux sebagai kendaraan Recreational Vehicle (RV). Hilux D-Cab generasi kelima pada bagian mesin menggunakan mesin bensin 1.800 cc (2Y) dan diesel 2.400 cc (2L). Untuk versi 4WD menggunakan mesin bensin 2.000 cc (3Y) dan diesel 2.800 cc.
Toyota Hilux pada generasi ini lebih ditawarkan untuk bisnis dan personal. Kode bodi untuk generasi keenam adalah RZN147/LN147/LN167. Mesin pada generasi keenam tersedia dalam pilihan 2WD dan 4WD serta 3 pilihan mesin (Bensin: 2.000 cc dan 2.700 cc; Diesel: 2.400 cc dan 3.000 cc).
Pada generasi ketujuh Toyota Hilux sudah menjadi bagian dari proyek IMV (International Multi-purpose Vehicle). IMV sendiri merupakan sebuah platform global yang melahirkan 5 jenis mobil, yaitu 3 model pick-up (Toyota Hilux), 1 MPV (Toyota Kijang Innova), dan 1 SUV (Toyota Fortuner). Generasi Toyota Hilux ketujuh merupakan pertama kalinya produksi tidak dilakukan di Jepang dan merupakan generasi pertama Toyota Hilux yang dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor di Indonesia.
Pada tahun 2015 di Thailand, generasi terakhir ini diluncurkan. Mobil ini dilengkapi mesin diesel 2.755 cc (1GD). Generasi terbaru dari Hilux D-Cab inilah yang akan kita review disini.
Eksterior yang disediakan dari spesifikasi Hilux terlihat lebih garang dan agresif dengan dimensi yang lebih besar. Hilux D-Cab ini membuat kesan macho menjadi lebih terasa. Pada sisi depan dilengkapi dengan Headlamp, Front Grille, dan Bumper yang berukuran besar.
Meskipun berukuran besar, pada bagian headlamp sayangnya masih menggunakan lampu biasa, yaitu halogen tanpa projector. Tentunya juga dilengkapi dengan fitur On/Off. Pada bagian depan grill untuk varian Double Cabin masih menggunakan desain besi bertingkat yang diberi aksen Chrome.
Sisi samping Toyota Hilux D-Cab terlihat lebih sederhana dan simpel. Tak memiliki banyak lengkungan dan hiasan di bagian samping. Varian D-Cab ini dibekali velg 17 inch dipadukan dengan ban berukuran 265/65 R17 untuk varian V serta ban berukuran 225/70 R17 untuk varian G dan E.
Di bagian belakang Toyota Hilux, dari semua varian D-Cab hampir memiliki desain yang sama. Terdapat High-Mounted Stop Lamp di bak. Lalu, Bumper yang disediakan berbahan besi dan dilapisi chrome. Sangat disayangkan, masih belum ada sensor parkir atau rear view kamera yang disediakan di bagian belakang.
Interior Toyota Hilux D-Cab mengalami perkembangan yang lebih terasa modern daripada generasi sebelumnya. Meskipun Hilux D-Cab ini menyasar pada segmen pekerja lapangan, tapi Toyota tetap memperhatikan desain interiornya. Interior kabin sendiri dilengkapi dengan fitur terbaru yang akan menambah kenyamanan saat berkendara.
Toyota Hilux D Cab sudah dibekali dengan layar Touchscreen 6.1 inci pada bagian dashboard sebagai input audio dan juga dapat dihubungkan dengan iPod menggunakan koneksi Bluetooth. Varian tertinggi juga sudah disediakan spesifikasi interior kelas atas. Stirnya sendiri dilengkapi dengan panel instrumen yang informatif dan dibalut material kulit yang tentunya tidak murah.
Panel speedometer dirancang dengan desain yang lebih modern berukuran 4.2 inci berlayar TFT. Panel speedometer ini dipastikan dapat menampilkan informasi yang sangat akurat. Selain itu, Toyota Hilux D-Cab juga sudah dibekali dengan fitur Easy 4x4 Switch.
Kursi Toyota Hilux D-Cab sudah menghadirkan balutan material kulit, yang terasa cukup nyaman. Kapasitas tampungnya sendiri mencapai 5 orang, sehingga dapat dijadikan sebagai mobil keluarga maupun mobil komersial.
Toyota Hilux D-Cab punya dimensi panjang 5.330 mm (5.290 mm tipe E), lebar 1.855 mm dan tinggi 1.815 mm. Ruang kabinnya juga tergolong cukup luas, mengingat dimensi Wheelbase-nya mencapai 3.085 mm. Meski sekilas terlihat kecil dari luar, tapi jangan salah karena mobil sudah tampil nyaman untuk menampung 5 orang.
Sayangnya, untuk ruang kabin pada bagian belakang tidak tersisa terlalu banyak. Cerdiknya, Toyota menyematkan banyak tempat penyimpanan untuk barang-barang berukuran kecil. Hal ini menjadi indikasi bahwa mobil komersial seperti Toyota Hilux D-Cab juga menyediakan kepraktisan.
Toyota sudah membekali Hilux D Cab dengan fitur keselamatan yang melimpah, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengendara. Terdapat fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang membantu mobil ini masih tetap stabil dan terkontrol saat berada dalam posisi menikung tajam.
Fitur canggih Hill-Start Assist (HSA) pada Toyota Hilux sudah disediakan dan dapat digunakan untuk mengontrol kendaraan dalam posisi menanjak mendadak sehingga tak perlu khawatir dengan kendaraan yang ada di belakang. Toyota Hilux D-Cab juga dibekali dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) yang akan memberikan pengereman lebih siap dan sempurna.
Masih ada lagi fitur keselamatan Rear Differential Lock System dan Airbag System untuk pengemudi dan juga penumpang depan yang dilengkapi penambahan knee airbags dan juga curtain side airbags. Adapun fitur-fitur tambahan lain yang dimiliki Toyota Hilux seperti audio 2 DIN 4 speakers, AC double blower, power windows dan juga central lock.
Segmen spesifikasi Toyota Hilux D-Cab di bagian mesin dibekali dengan mesin DOHC 4 Cylinders In-Line 16-Valve. Mesin bertenaga diesel ini merupakan jenis mesin Toyota 2KD-FTV. Mesin empat silinder segaris itu memiliki kubikasi sebesar 2.494 cc pada tipe E, sedangkan untuk tipe G dan V memiliki kubikasi 2.393 cc.
Mesin Toyota Hilux D-Cab diesel dapat memberikan tenaga sebesar 144 PS pada putaran mesin 3.400 rpm. Teknologi Fuel Injection sudah disediakan oleh Toyota sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Toyota Hilux D Cab dapat menghasilkan torsi sebesar 35 Kg.m pada 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.
Saat mulai mengoperasikannya dijalan, rasa berkendara terasa mirip dengan Fortuner bermesin diesel. Hanya saja, ada yang membedakan diantara keduanya, yakni bantingan suspensi dan radius putarnya. Bantingan suspensi Hilux terasa keras ketika dijalankan di jalan raya.
Selain itu, pada lintasan Offroad mobil ini dapat beroperasi dengan sangat baik pada kontur jalan yang ekstrim, suspensi yang keras di jalan raya justru memberikan keseimbangan lebih saat Hilux D-Cab beroperasi di medan Offroad.
Toyota Hilux D-Cab memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang mengesankan. Pada rute dalam kota, Toyota Hilux mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata 11,5 Km/Liter. Dengan alat berbasis GPS, mobil ini dapat menghasilkan angka akselerasi 0-100 Km/Jam dengan waktu 13 detik. Sementara rute Tol, mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata 14,9 Km/Liter.
Mobil pick up Toyota Hilux D Cab merupakan pilihan tepat jika Anda mencari pick-up double cabin yang memiliki kemampuan off road terbaik. Mobil pick up Indonesia ini juga mampu memberikan harga konsumsi bahan bakar yang baik, meskipun dari segi kenyamanan dan tenaga bukan lah yang terbaik pada segmennya. Melihat dari perspektif harga dari tipe tertingginya, mobil Toyota Hilux ini mempunyai harga yang bersaing, meskipun bukan yang termahal dari segmennya.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR 1.0
16.422 km
2 tahun
Jakarta