Dipakai Daihatsu Ceria hingga Daihatsu Rocky, Simak Lagi Kelebihan dan Kekurangan Mesin 3 Silinder

Munculnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mendapat respon positif. Bukan sekadar tampilannya tapi mesin yang diusung duo pabrikan grup Astra ini juga membuat mesin 3-silinder naik daun lagi. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan mesin 3-silinder?

Mesin 3-silinder dalam sejarah industri otomotif di Indonesia sempat beberapa kali ramai diperbincangkan. Daihatsu pun bukan pertama kali mempunyai lini produk bermesin 3-silinder pada Daihatsu Rocky.

Irit Bahan Bakar

Pada tahun 2001, Daihatsu Ceria hadir dengan mesin 3-silinder berkapasitas 850 cc. Memang saat itu teknologi yang digunakan tergolong jadul, yakni SOHC.

Tenaga maksimum yang dihasilkan hanya 35 PS di 5.500 rpm dan torsi puncak mencapai 65 Nm pada 3.200 rpm. Namun bukan kecepatan yang dituju mobil mungil tersebut, melainkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga : Nissan X-Trail Tak Hanya Bermesin 3 Silinder, Tapi Dengan Teknologi PHEV

Ini menjadi salah satu kelebihan dari mobil yang menggunakan mesin 3-silinder. Tiga ruang pembakaran pada mesin membuat volume bensin yang diperlukan untuk dibakar cenderung lebih sedikit dibandingkan mesin 4-silinder.

Selain itu bobot dari mesin 3-silinder umumnya lebih ringan. Mengingat bobot mobil berpengaruh terhadap performa baik kecepatan maupun konsumsi bahan bakar.

Seiring perkembangan zaman, mesin 3-silinder pun kini sudah dipadukan dengan teknologi terkini. Seperti yang terjadi pada duet LCGC (low cost green car) Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Varian mesin 1.000 cc 3-silinder yang digunakannya sudah mengusung teknologi DOHC pada kepala silindernya. Bahkan proses pembakarannya juga sudah mengadopsi teknologi VVT-i. Hal ini membuat Agya dan Ayla bisa semakin irit bahan bakar.

Tenaga Setara Mesin 4-silinder

Masih ada yang beranggapan bahwa mesin 3-silinder mempunyai tenaga yang kecil bila dibandingkan mesin 4-silinder. Padahal teknologi sekarang membuat mesin berbobot ringan ini bisa setara.

Terbaru, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize meramaikan kembali mesin 3-silinder namun kini lebih modern. Penyematan turbo pada mesin membuat performanya meningkat dari teknologi sebelumnya.

Mesin 1KR-VET yang digunakan didukung oleh turbocharged dengan opsi kapasitas mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk mesin 1.000 cc punya tenaga maksimum 95 PS dan torsi puncak 147 Nm.

Baca juga : Membandingkan Spesifikasi Mesin VW T-Cross vs Toyota Raize, Sama-sama 1.000 cc 3 Silinder Siapa Paling Kuat?

Performa tersebut sudah cukup untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. Terlebih torsi yang berlimpah berkat turbocharged membuatnya bisa lebih efisien ketika kondisi macet.

Dimensi Kecil Bikin Kabin Lebih Lega

Keunggulan lain dari mesin 3-silinder ialah dimensinya yang lebih kecil. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pabrikan untuk membuat ruang kabin lebih lega.

Mobil-mobil seperti Mitsubishi Mirage, Karimun Wagon R, Datsun GO hingga Nissan March 1.2 mempunyai bodi yang kecil. Tetapi ketika dalam kabin, terasa lapang baik baris depan maupun belakang.

Otomatis kenyamanan penumpang terakomodir dengan baik. Begitu juga dengan rasa berkendara bisa dioptimalkan dengan posisi mengemudi yang nyaman agar tidak cepat lelah di jalan.

Mesin 3-silinder dengan dukungan teknologi saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.

Baca juga : Harga VW T-Cross 2022 di Indonesia Rp488 Juta, Mesin 1.000 Cc Lebih Mahal dari Toyota Raize Apa Hebatnya?

Getaran Terasa Hingga Jok?

Jumlah silinder yang ganjil membuat mesin mempunyai getaran yang kuat dibandingkan mesin bersilinder genap. Pada mesin 3-silinder konvensional terkadang getarannya terasa hingga kabin dan jok pengemudi.

Getaran ini terasa juga akibat pembakaran bahan bakar ketika mobil berjalan. Akibat jumlah yang ganjil maka 1 silinder tidak ada pasangannya untuk mengimbanginya seperti pada mesin bersilinder genap.

Memang ada yang mengatakan menggunakan bahan bakar yang beroktan tepat bisa mengurangi getaran. Namun tetap saja bila dibandingkan mesin 4-silinder, getarannya lebih besar.

Namun getaran ini bisa diminimalisir pada produk terbaru yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bagaimana caranya?

Dikutip dari Kumparan, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi menjelaskan bahwa getaran pada dua produk tersebut tidak sebesar mesin 3-silinder lainnya.

Menurutnya getaran tidak bisa dihindari namun dengan meracik ulang kompinen engine mounting dan engine balance membuatnya bisa dikurangi. Getaran mesin 3-silinder juga umumnya terasa ketika dalam keadaan berhenti atau rpm rendah.

"Tapi dengan segala inovasi, mesin 3-silinder (pada Raize) pasti lebih baik, namun tidak bisa dihindari (potensi getar)," ungkapnya.

Suara Berisik Menyusup ke Kabin?

Persoalan lain dari mesin 3-silinder adalah suara yang kasar. Sama seperti getaran, suara mesin ini akibat dari pengapian yang tidak seimbang karena jumlah silinder yang ganjil.

Sama seperti getaran, suara bising ini akan terdengar jelas ketika mesin dalam keadaan langsam atau rpm rendah. Terkadang bila menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrik suara semakin terdengar jelas masuk ke kabin.

Suara berisik ini biasanya ditemui pada mesin 3-silinder jadul yang belum mengadopsi teknologi modern. Bisa saja diakali dengan memasang peredam yang bagus namun tak bisa dipungkiri suaranya masih terdengar dibandingkan mesin 4-silinder.

Baca Juga: FAQ: Ketahui 4 Hal Baru dari New Toyota Agya, City Car Terlaris Toyota

Performa Loyo di Perjalanan Jauh?

Karakter mesin 3-silinder ialah torsi besar pada putaran bawah. Bila hanya dipakai dalam kota yang kondisi lalu lintas padat, ini menjadi keuntungan. Tetapi bagaimana saat perjalanan jauh?

Beberapa mobil dengan mesin 3-silinder seperti Karimum Wagon R, Datsun GO atau Nissan March 1.2 memang terasa loyo ketika melaju kencang. Ketika menyentuh kecepatan tinggi dan rpm tinggi seperti ada hambatan.

Beruntung teknologi turbocharged yang disematkan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bisa meningkatkan performa mobil. Sehingga ketika berakselerasi tidak terasa ada hambatan.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan tersebut, mesin 3-silinder masih menjadi favorit pabrikan hingga saat ini. Semoga saja kedepannya kelemahan-kelemahan dari mesin 3-silinder bisa hilang.

Baca juga : Nggak Cuma Anti Mainstream Ini Alasan Suzuki Karimun Wagon R Lebih Layak Dipilih dari Toyota Agya

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Ayla

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Daihatsu Rocky Sahabat Eksis, Tunjukkan Sisi Lain dari Dirimu

New Advanced Safety Assist dari Daihatsu Rocky

Datsun GO+ Baru Untuk Reuni dan Kebahagiaan Keluarga

Suzuki Karimun Wagon R AGS Terkejut 60-an

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

Nyoba Dua Varian Agya Baru, Apa Saja Bedanya? | All New Toyota Agya G & GR Sport

NEW 2021 TOYOTA AGYA

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Awas Gagal Ngerem, Gini Ternyata Cara Kerja Fitur TSS Toyota Raize

Toyota Raize Baru Dibuat Untuk Kepribadian Dinamis Anak Muda Indonesia

Melihat lebih dekat ke Toyota Raize terbaru, Eksterior Berani & Aktif, Desain Interior Bergaya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ayla vs Brio
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ayla vs March
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Ayla vs Ignis
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Hyundai Grand i10
    Rp 184,00 Juta
    Ayla vs Grand i10
Daihatsu Ayla
Lihat